Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Cara Jaga Kesehatan Mata, Main Gadget Tak Jadi Masalah

qsehat - Cara jaga kesehatan mata sebenarnya tidaklah sulit. Untuk memiliki mata yang terjaga dan sehat anda harus benar-benar memperhatikan apa saja yang terjadi dan kegiatan melibatkan mata. Dengan demikian anda bisa dengan mudah menjaga, mengontrol dan mengetahui kesehatan mata anda. 

Seperti pemakaian kosmetik mata, pemakaian kosmetik mata yang tidak benar dapat memunculkan berbagai masalah pada mata. Anda harus memperhatikan kebersihan serta apa saja yang anda gunakan untuk membuat mata anda jadi lebih indah. Untuk itu, berikut ini adalah 12 cara menjaga kesehatan mata yang wajib anda ketahui. 

Cara Jaga Kesehatan Mata

Inilah Cara Jaga Kesehatan Mata yang Tepat

Adapun cara merawat mata yang tepat adalah :

Memperhatikan petunjuk pemakaian kosmetik yang aman

Cara jaga kesehatan mata yang pertama adalah dengan memperhatikan penggunaan kosmetik. Cara merawat mata memang tidak bisa lepas dari kehati-hatian anda dalam memilih dan menggunakan kosmetik. Kosmetik yang anda gunakan untuk mata pastikan terlebih dahulu bahwa kosmetik tersebut belum kadaluarsa. 

Jangan gunakan kosmetik tidak pada tempatnya dan jangan meminjam atau memberikan pinjaman kosmetik pada banyak orang. Hal itu dikarenakan dapat menyebabkan berpindahnya bakteri dari seseorang pada anda yang tidak diketahui. 

Hati-hati dalam memilih serta memakai lensa kontak

Selanjutnya cara jaga kesehatan mata yang juga wajib anda perhatikan adalah mengenai lensa kontak. Penggunaan lensa kontak memang tidak ada salahnya, namun anda harus ekstra hati-hati dalam penggunaanya. Lensa kontak sangat berbeda dengan kacamata dalam hal perawatannya. Lensa kontak ini merupakan aksesoris yang berkontak langsung dengan kornea mata dan lebih rentan terkena masalah. 

Oleh karena itu, bagi anda yang suka menggunakan lensa kontak, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak. Pastikan anda sudah mencopot lensa kontak sebelum Anda tidur. Berhati-hati dalam menggunakan lensa kontak ini berlaku pada semua merk, tidak ada pengecualian. Hal itu dikarenakan semua lensa kontak memiliki resiko untuk membuat mata anda mengalami iritasi bahkan infeksi. 

Makan makanan bergizi

Cara merawat mata yang sederhana namun sangat penting untuk anda perhatikan adalah memperhatikan makanan yang anda makan. Agar mata tetap dalam keadaan sehat, anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi. Mata juga sangat membutuhkan nutrisi yang baik dan cocok untuk kesehatan. 

Usahakan selalu menyeimbangkan nutrisi yang anda konsumsi. Makanan yang memiliki kandungan omega-3, zinc,serta vitamin C dan E sangat baik untuk kesehatan mata. Nutrisi tersebut bisa membantu menghambat degenerasi makula e dan katarak. Nutrisi ini bisa anda dapatkan dari sayuran hijau, ikan berlemak seperti salmon dan tuna, kacang-kacangan, telur dan lainnya. 

Menggunakan kacamata pelindung UV

Menggunakan kacamata hitam di siang hari memang bukan hal yang aneh, hal itu dikarenakan pentingnya perlindungan mata dari sinar UV. Cara jaga kesehatan mata yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan kacamata di siang hari. Bukan untuk sekedar gaya, penggunaan kacamata ini ternyata mampu membantu usaha anda dalam menjaga kesehatan mata. 

Mengurangi rokok

Untuk menjaga kesehatan mata salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengurangi jumlah rokok. Tidak bisa dipungkiri, efek rokok yang berlebihan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Termasuk juga kesehatan mata, merokok dapat berpotensi meningkatkan resiko anda terkena katarak serta degenerasi manukar. Selain berpotensi penyakit, merokok secara berlebihan bisa juga mengakibatkan rusaknya saraf optik pada mata.

Membatasi screen time

Membatasi screen time juga bisa anda lakukan sebagai cara jaga kesehatan mata yang benar. Kegiatan screen time seperti menatap layar komputer maupun ponsel terlalu lama dapat menyebabkan mata anda mengalami iritasi, dan kering. Keadaan ini dapat memicu terjadinya pandangan yang kabur dan tidak jelas. 

Untuk menghindari kegiatan screen time secara berlebihan, saat menggunakan ponsel dan menatap layar komputer hendaknya mengingat aturan 20-20-20. Maksudnya adalah anda sebaiknya mengistirahatkan mata dari layar setiap 20 menit sekali, dengan memandang sesuatu yang ada pada jarak 20 kaki atau setara dengan 6 meter, dengan jangka waktu sekitar 20 detik. 

Cek kesehatan mata secara berkala

Selanjutnya cara jaga kesehatan mata yang wajib juga anda lakukan adalah melakukan cek kesehatan mata secara berkala. Dengan melakukan hal ini setidaknya anda dapat mengetahui gangguan mata yang mungkin mengintai sehingga anda dapat terhindar dari komplikasi mata yang berbahaya. 

Melakukan pemeriksaan mata secara dini juga sangat baik, hal itu dikarenakan jika kemungkinan terdapat suatu masalah anda bisa segera mendapatkan pertolongan yang tepat. Sehingga ancaman penyakit yang membahayakan juga bisa anda hindari. 

Selalu mengatur pencahayaan ruangan

Cara jaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan mengatur pencahayaan ruangan. Pencahayaan ruangan memang sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan anda memiliki pencahayaan yang tepat pada ruangan yang sering di tempati. Caranya pun cukup mudah yaitu hanya dengan memposisikan lampu anda dengan benar saat bekerja di depan komputer ataupun membaca. 

Jika tidak demikian, maka anda akan sangat rentan terkena penyakit ataupun gangguan pada mata. Hal ini dikarenakan posisi lampu yang salah sehingga menyebabkan cahaya ruang yang redup atau terlalu terang bisa mengakibatkan mata terasa tegang. 

Gunakan mentimun

Tanpa diragukan lagi, khasiat mentimun memang sangat banyak bagi kesehatan. Tidak luput juga untuk menjaga kesehatan mata. Bagi anda yang sedang dalam proses menjaga kesehatan mata mentimun sangatlah membantu. Gunakan potongan mentimun untuk mengompres kelopak mata. Lakukan sekitar 10 menit sebelum tidur, mata akan menjadi lebih segar dan lebih sehat. 

Mengurangi penggunaan obat tetes mata

Cara jaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan obat tetes mata. Menggunakan obat tetes mata untuk menghilangkan mata merah memang tidak dilarang, namun jika penggunaan tersebut dilakukan terus menerus, bukan akan menghasilkan mata yang sehat melainkan akan membuat kerusakan serta menyebabkan mata anda menjadi tidak sehat. 

Melatih mata serta membuatnya untuk bersantai

Cara merawat mata anak agar tetap sehat yang terakhir adalah dengan melatih mata serta membuatnya untuk bersantai. Untuk melatih mata ini anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan memfokuskan mata pada suatu objek yang dekat, dan suatu objek yang agak jauh. Lakukan proses ini beberapa kali. 

Dengan melakukan 11 cara jaga kesehatan mata di atas anda bisa memiliki mata yang sehat dan jauh dari penyakit. Oleh karena itu lakukan beberapa cara di atas, selain dengan mengurangi perilaku yang kurang baik untuk kesehatan mata, anda juga harus memberikan waktu untuk mata bersantai dan melatihnya menjadi lebih rileks. 

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai cara jaga kesehatan mata yang wajib diketahui. Semoga dengan membaca informasi yang kami berikan anda bisa mendapatkan mata yang sesuai dengan keinginan. Mata yang sehat bisa didapatkan dengan mudah ketika anda melakukannya dengan benar. Semoga bermanfaat serta membantu. Terima kasih.

Post a Comment for "11 Cara Jaga Kesehatan Mata, Main Gadget Tak Jadi Masalah"