Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Yuk, 8 Tips Diet Sehat dan Cepat yang Ampuh!

qsehat.com - Tips diet sehat dan cepat dapat menjadi pilihan terbaik dalam menurunkan berat badan. Banyak orang yang mendambakan berat tubuh yang ideal, sehingga berbagai upaya pun dilakukan. Ada berbagai strategi menurunkan berat badan, mulai dari yang alami hingga diet instan dengan menggunakan obat-obatan. Namun, beberapa jenis diet dapat membuat tubuh menjadi sakit atau memberi efek yang tidak baik bagi tubuh. 

Untuk mendapatkan tubuh dengan berat ideal, sebaiknya Anda melakukan diet sehat alami dan aman, yang menimbulkan efek samping bagi tubuh. Diet sehat bisa Anda lakukan sendiri. Namun, tidak sedikit orang yang memanfaatkan bantuan ahli untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Berikut ini tips diet sehat dan cepat yang aman dilakukan. Anda hanya harus rutin melakukannya untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

tips diet sehat dan cepat

Inilah Tips Diet Sehat dan Cepat

Adapun cara diet sehat dan cepat yang harus Anda lakukan adalah:

Atur pola makan

Dalam masa menjalani diet, cobalah untuk mengurangi porsi makan normal sebanyak 10 hingga 20%. Selain itu, makan dengan perlahan dalam jangka waktu sekitar 20 menit terbukti ampuh untuk menekan nafsu makan, lho. Memakan makanan secara buru-buru akan menimbulkan perasaan lapar lebih lama, sehingga membuatmu lebih cepat makan secara berlebihan.

Selain itu, untuk mengoptimalkan tips diet sehat dan cepat Anda, mengontrol asupan makan yang dikonsumsi pun perlu dilakukan. Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi, lemak, dan serat. Jangan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Jadikan makanan cepat saji dan minuman tinggi kalori sebagai pilihan terakhir untuk menjadi menu konsumsi Anda.

Air putih sebelum makan

Sebelum sarapan, alangkah baiknya Anda minum air putih sebanyak 2 gelas atau 500 mL. Cara diet alami sehat ini ampuh menurunkan berat badan karena Anda akan makan 13% lebih sedikit dibanding tidak minum air putih sebelum makan. Sebuah studi menyebutkan, meminum air putih sejak setengah jam sebelum makan dapat menurunkan berat badan hingga 44% dalam jangka waktu tiga bulan.

Hindari hal penghambat diet

Tips diet sehat dan cepat tidak akan berjalan baik jika Anda masih melakukan kebiasaan yang mengganggu proses diet. Hindari makan sambil menonton komputer, karena Anda akan tanpa sadar memakan lebih banyak kalori. Selain itu, jangan merokok setelah makan karena nikotin dapat mengganggu proses pencernaan. Kebiasaan mandi setelah makan juga tidak baik dilakukan karena fungsi pencernaan akan berkurang.

Meningkatkan Asupan Protein

Protein sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber nutrisi. Makanan yang mengandung protein, seperti produk susu, telur, kacang-kacangan, selai kacang dan daging tanpa lemak, baik dikonsumsi saat Anda sedang dalam tips diet sehat dan cepat dan aman. 

Hal tersebut karena protein merupakan jenis nutrisi makronutrien yang dapat memengaruhi hormon rasa lapar dan kenyang. Apalagi, protein bisa membantu dalam mempertahankan massa otot dan menentukan tingkat metabolisme tubuh. Sehingga, hal tersebut sangat penting dalam mencegah hilangnya massa otot selama penurunan berat badan.

Minum Air yang Cukup

Asupan air dalam tubuh sangat penting bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian bahwa minum air yang cukup dapat membantu dalam penurunan berat badan. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar setiap hari dan memelihara berat badan tetap ideal. 

Pada orang dewasa, minum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan serta asupan kalori selama makan berikutnya. Nah, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, cukupi kebutuhan air minum Anda setiap hari.

Konsumsi Makanan yang Direbus

Jika selama ini Anda mengonsumsi makanan dengan cara digoreng, kini ganti dengan cara direbus. Sebab, makanan yang dimasak dengan cara digoreng akan membentuk beberapa senyawa yang berpotensi toksik pada tubuh. Untuk melakukan tips diet sehat dan cepat Anda harus mengganti cara memasak Anda dengan cara merebus. 

Metode memasak tersebut lebih sehat, karena memasak dengan cara ini tidak akan menyebabkan terbentuknya senyawa berbahaya. Mulai saat ini juga hindari mengolah makanan dengan cara digoreng dan gantilah dengan merebusnya.

Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Cara melakukan diet alami yang paling baik, yaitu dengan memperbanyak mengonsumsi sayur-sayuran hijau. Selain bisa mendapatkan kalori yang lebih sehat, perbanyak konsumsi sayur hijau juga dapat membuat Anda makan lebih sedikit. 

Mengonsumsi sayuran saat sebelum mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat akan berefek menguntungkan pada kadar gula darah. Untuk itulah, sebaiknya Anda memasukkan sayuran hijau ke dalam menu makanan Anda setiap hari. Selain berat badan menjadi ideal, juga membuat tubuh menjadi sehat.

Aktif Melakukan Gerak Fisik

Selanjutnya, tips diet sehat dan cepatadalah aktif berolahraga. Antara asupan nutrisi dengan aktivitas fisik harus seimbang. Tidak perlu melakukan aktivitas berat, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti berjalan, jogging. Selain berolahraga, Anda juga bisa melakukan kegiatan yang Anda sukai, yang terpenting tubuh tetap aktif bergerak. 

Tubuh yang aktif bergerak terbukti dapat mengatasi stres dan meningkatkan mood. Selain sehat secara emosi, aktif bergerak juga dapat menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kualitas tidur.

Demikianlah tips diet sehat dan cepat yang bisa Anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan setiap hari secara rutin. Dengan demikian, tubuh Anda akan mendapatkan berat yang ideal. Semoga tips-tips tersebut bermanfaat untuk Anda.

Post a comment for "Simak Yuk, 8 Tips Diet Sehat dan Cepat yang Ampuh!"