Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Mengecilkan Perut Buncit? Simak 9 Tips Ini!

qsehat.com - Diet mengecilkan perut buncit secara alami harus dilakukan secara rutin. Memiliki perut buncit tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Terutama bagi para wanita, seperti halnya obesitas atau berat badan berlebih. Kondisi perut buncit bisa timbul akibat asupan makanan yang melebihi kebutuhan atau kekurangan gerak. Hal ini bisa terjadi jika anda makan terlalu banyak.

Khususnya makanan yang tinggi gula dan kolesterol, serta tinggi kandungan lemak jahat. Kebiasaan buruk seperti ini akan menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak yang ada di perut. Selain itu, riwayat obesitas di keluarga, kurang tidur, stres, serta kebiasaan mengonsumsi alkohol, juga bisa memicu efek perut membuncit. Sebagian dari anda mungkin tidak terlalu khawatir, karena beranggapan tidak terjadinya obesitas. Berikut tips diet mengecilkan perut yang buncit!

 

Inilah Tips Diet Mengecilkan Perut Buncit

Adapun cara diet sehat untuk mengecilkan perut buncit adalah:

1. Olahraga tepat

Diet mengecilkan mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan  latihan sit-up atau gerakan yang fokus pada perut. Tetapi anda harus melakukan latihan-latihan itu secara rutin, serta mengimbanginya dengan kombinasi olahraga lain. Pilihlah olahraga yang ditujukan untuk mengurangi berat badan, lemak tubuh total, sehingga lemak di perut juga akan berkurang.

2. Minum air putih setelah bangun tidur

Mengonsumsi air putih setelah bangun, menjadi tips diet mengecilkan perut buncit yang kedua Aktivitas pagi ini akan senantiasa membantu anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Selain itu, konsumsi air putih setelah bangun tidur juga dapat membantu menurunkan berat tubuh. Perbanyak pula minum air putih supaya membantu meningkatkan kalori yang dibakar oleh tubuh. Mengonsumsi air putih di pagi hari juga dapat mengurangi rasa lapar.

3. Cari sinar matahari pagi

Sesaat setelah bangun pagi, kebanyakan orang malas terkena matahari pagi yang menyilaukan. Padahal matahari pagi sangat baik bagi kesehatan, di mana melakukannya akan membuat anda tidak malas beraktivitas selama seharian. Dengan begitu, tentu berat badan akan berangsur menurun. Sehingga akan lebih baik jika anda membuka tirai jendela kamar agar mendapatkan sinar matahari pagi. Bila perlu, anda bisa duduk di depan rumah beberapa saat agar terpapar sinar matahari.

4. Menimbang bobot setiap pagi

Menimbang berat badan, pastinya menjadi hal umum yang biasa dilakukan oleh siapa pun. Terutama mereka yang sedang menjalani program diet mengecilkan perut buncit, karena aktivitas ini sering dikaitkan dengan penurunan berat. Dengan mengetahui berat badan, anda akan semakin termotivasi untuk meningkatkan menurunkan berat dan melakukan aktivitas yang tepat.

5. Perhatikan menu makanan

Selanjutnya, anda perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi dan jumlah asupan kalori di dalamnya. Pengurangan kalori dinilai cukup efektif dalam mengurangi lemak di area perut. Anda bisa mengurangi asupan kalori kurang lebih sekitar 500 - 1000 kalori per hari dari jumlah kebutuhan harian.

6. Kurangi karbohidrat

Tips lain untuk diet mengecilkan perut buncit adalah dengan mengurangi karbohidrat. Gantilah menu tersebut dengan mengonsumsi banyak produk nabati. Contohnya seperti produk alami sayuran, buah, produk susu rendah lemak, biji-bijian utuh, serta makanan dengan protein tanpa lemak.

7. Konsumsi makanan protein tinggi

Menyantap makanan berprotein tinggi untuk sarapan sangat penting anda lakukan saat sedang diet. Mendapatkan asupan protein saat sarapan akan mengurangi keinginan untuk ngemil dan makan makanan tak sehat. Secara tidak langsung, hal ini akan berujung pada penurunan berat badan. Makanan berprotein tinggi juga efektif menurunkan kadar ghrelin yang berperan dalam memunculkan rasa lapar dan keinginan untuk makan.

Mulailah hari Anda dengan menyantap makanan dengan tinggi protein yang bisa dengan mudah anda jumpai. Misalnya, saja dengan mengonsumsi bahan makanan berupa telur, yogurt Yunani, kacang-kacangan, tahu, telur, serta biji Chia. Konsumsi secara teratur makanan tersebut, serta jangan lupa variasikan dengan protein lainnya. Pastikan kebutuhan protein harian anda selalu tercukupi meski saat sedang diet mengecilkan perut buncit.

8. Kurangi konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan, karena bisa menjadi penyebab perut menjadi buncit. Jarang disadari, tetapi alkohol mengandung gula tersembunyi di dalamnya dalam jumlah tinggi. Hindarilah mengonsumsi minuman tersebut ketika anda sedang program untuk diet alami sehat.

9. Hindari stres

Stres juga dapat memicu perut buncit, serta membuat anda kesulitan dalam mengontrol nafsu makan dan terus menerus merasa lapar. Lebih baik kontrol stres anda dengan melakukan meditasi, relaksasi, ataupun berbincang dengan orang terdekat. Itu sangat bermanfaat dalam program diet mengecilkan perut buncit Anda.

Kunci dari menurunkan berat badan, sebenarnya adalah mengurangi kalori yang masuk ke tubuh. Di mana total makanan dengan kalori yang dikonsumsi haruslah lebih sedikit, dibanding energi yang dikeluarkan. Namun ternyata, hal ini cukup sulit dilakukan bagi mereka yang tidak tahu caranya. Padahal ada banyak aktivitas kecil yang bisa anda mulai untuk menurunkan berat badan.

Meski terbilang cukup ringan, tetapi hal ini perlu anda mulai dari pagi hari setiap harinya. Tentu saja tujuannya adalah untuk menemukan bobot ideal anda dan menghilangkan rasa malas melakukannya di siang hari. Lantas apa saja hal hal kecil yang termasuk ke dalam aktivitas pagi tersebut? Di bawah ini beberapa aktivitas yang efektif anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Itulah tadi berbagai tips untuk mengatasi perut buncit melalui cara diet mengecilkan perut buncit. Selain itu, rutinlah untuk mengecek lingkar perut anda untuk mengetahui perkembangan diet. Pertahankan kebiasaan sehat di atas meski lingkar perut yang diinginkan sudah tercapai.

Post a comment for "Diet Mengecilkan Perut Buncit? Simak 9 Tips Ini!"