Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Cermati Protokol Kesehatan Covid

Yuk Cermati Protokol Kesehatan Covid – Hingga kini pandemi covid belum juga selesai. Penularan virus dari hari ke hari juga kian bertambah. Salah satu penyebabnya adalah makin ganasnya penularan covid. Dokumen dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa ada kemungkinan droplet berukuran mikro yang dihasilkan pada saat batuk atau bersin. Hal ini yang menyebabkan virus bertahan lama di udara.

Virus menular melalui paparan droplet (percikan liur) dari seseorang yang terinfeksi covid. Penularan juga dapat terjadi dengan menyentuh permukaan benda yang terkontiminasi droplet, kemudian diikuti dengan menyentuh bagian wajah terutama bagian hidung dan mata. Droplet yang berukuran mikro dapat melayang di udara dalam waktu yang lama, maka kemungkinan seseorang tertular melalui udara menjadi lebih besar. Penularan diperparah, apabila ruangan kurang ventilasi udara.

protokol kesehatan covid

Protokol Kesehatan Covid

Penularan virus yang makin masif dari hari ke hari mengharuskan untuk menaati protokol kesehatan covid yang sudah dikeluarkan pemerintah. Tujuannya tidak lain supaya penyebaran virus segera dapat dihentikan. Meski demikian, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Hal ini karena minimnya kesadaran masyarakat dan menganggap enteng keberadaan virus ini. Berikut protokol kesehatan yang harus dipatuhi masyarakat.

Selalu Menjaga Kebersihan Tangan

Tangan menjadi pintu utama dalam penularan virus. Oleh karena itu, tangan harus dijaga kebersihannya. Menjaga kebersihan tangan bisa menggunakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer. Apabila tangan kotor, maka harus dicuci memakai sabun dan air yang mengalir. Cara mencuci tangannya juga harus sesuai standar, yaitu dengan menggosok tangan bagian dalam, punggung tangan, sela-sela jari, dan ujung-ujung jari.

Menerapkan Etika Batuk dan Bersin

Perhatikan protokol kesehatan covid yang satu ini. Batuk dan bersin adalah jalan bagi virus untuk keluar dari tubuh dan berpindah kepada orang lain. Seseorang yang tidak menerapkan etika saat batuk dan bersin beresiko menularkan virus.  Oleh karena itu, etika ini perlu diterapkan dengan menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam. Selain itu, bisa juga menggunakan tisu yang langsung dibuang ke tempat sampah.

Memakai Masker

Saat pandemi ini, memakai masker menjadi sebuah kewajiban. Seseorang yang keluar rumah tanpa memakai masker bisa dikenakan denda. Masker harus dikenakan ke manapun pergi, terutama ketika berinteraksi dengan orang lain. Dengan memakai masker, mengurangi resiko tertular virus dari droplet atau udara. Masker dibedakan menjadi dua, yaitu maske medis dan nonmedis. Masker medis jumlahnya terbatas dan diperioritaskan untuk yang membutuhkan saja.

Jaga Jarak

Protokol kesehatan covid yang satu ini bertujuan untuk meminimalkan resiko terkena paparan virus dari orang yang terinfeksi ke orang yang sehat. Jaga jarak dilakukan terutama kepada seseorang yang menunjukkan gejala gangguan pernapasan.  Jaga jarak atau physical distancing diterapkan dengan cara tidak berkerumun, mengurangi kontak dengan orang lain, dan tidak mengadakan acara yang mengundang banyak orang.

Isolasi Mandiri

Seseorang yang badannya sedang tidak sehat, seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak napas seharusnya tidak berpergian terlebih dahulu. Seseorang yang mengalami keadaan tersebut harus mempunyai kesadaran diri untuk melakukan isolasi mandiri di dalam rumah sampai keadaan tubuh menjadi sehat kembali. Isolasi mandiri berarti tidak keluar rumah, tidak bekerja atau sekolah, dan tidak berpergian ke tempat yang berisiko terkena virus.

Itu tadi beberapa protokol kesehatan covid yang harus Anda perhatikan dan taati. Protokol kesehatan adalah upaya dari pemerintah untuk memutus rantai penularan virus. Apabila protokol kesehatan ini dijalankan dengan ketat, harapannya angka penularan virus menjadi makin rendah. Selain menerapkan protokol kesehatan, Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan olahraga secara teratur.


Post a comment for "Yuk Cermati Protokol Kesehatan Covid"