Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspada Bahaya Sedentary Life, Banyak Penyakit Mengintai Anda

Waspada Bahaya Sedentary Life, Banyak Penyakit Mengintai Anda! Sedentary life atau sedentary life style merupakan gaya hidup pasif atau disebut juga gaya hidup yang tidak bergerak. Merupakan kegiatan yang hanya terpaku pada sebatas duduk atau berbaring saja. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat menyebabkab orang menjadi malas untuk bergerak. Hal ini sesungguhnya perlu menjadi kewaspadaan. Karena dapat berdampak buruk pada kesehatan manusia.

bahaya sedentary life

Pengaruh Bahaya Sedentary Life Bagi Kesehatan

Beberapa penelitian memaparkan bahwa sedentary life seperti membaca, menonton televisi sepanjang hari, bermain ponsel sepanjang waktu, atau bekerja di depan laptop lebih dari delapan sehari. Dapat memberikan dampak tidak bagus bagi kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Sehingga perlunya sosialisasi yang lebih serius mengenai masalah ini. Berikut adalah bahaya gaya hidup sedentary yang dapat berpengaruh bagi kesehatan manusia.

Salah Satu Penyebab Obesitas

Dengan tubuh tidak aktif bergerak maka, membuat tubuh menjadi kurang melakukan fisik. Sehingga hal ini membuat tubuh menjadi kekurangan energi untuk membakar lemak. Tentunya hal ini akan menjadikan lemak  menumpuk dan sulit untuk disekresi. Dengan banyak lemak dalam tubuh maka akan menjadikan kelebihan berat badan sehingga bahaya sedentary life dapat berujung pada kegemukan.

Meningkatkan Kasus Penyakit Diabetes

Disinyalir dari berbagai sumber obesitas menyumbang terhadap meningkatnya angka kejadian diabetes. Karena dengan malas berolahraga dan hanya berbaring atau duduk saja di tambah makan  makanan cepat saji atau cemilan. Makanan tersebut biasanya mengandung lemak yang cukup tinggi dan kadar gula yang tinggi. Sehingga dapat memicu kejadian penyakit diabetes.

Dapat Memicu Terjadinya Penyakit Kardiovaskuler Dan Menyebakan Kematian Dini

Aktivitas yang kurang pada tubuh dapat memicu hipertensi. Jika dibiarkan akan merusak pembuluh darah dan menyebabkan arterosklerosis yaitu pengerasan dan penebalan dinding arteri pada pembuluh darah. Bahaya sedentary life ini dapat menyebakan bermacam penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke yang dapat berujung pada kematian.

Karena tuntutan pekerjaan sekarang ini banyak anak muda yang bekerja kantoran menjadi tidak ada waktu berolahraga. Itulah mengapa sebabnya banyak anak muda yang sekarang tiba-tiba terkena serangan jantung maupun penyakit kardiovaskuler lainnya yang berakhir pada kematian di usia muda.

Dapat Menimbulkan Gangguan Kesehatan Mental

Bahaya sedentary life yaitu dapat menimbulkan tekanan perasaan yang dapat menyebabkan depresi. Hal ini terjadi akibat pengaruh hormon endorfin. Diketahui bahwa hormon endorfin adalah salah satu hormon yang dapat memici peningkatan suasana hati. Orang yang memiliki perilaku menonton televisi seharian dengan rebahan atau hanya bermain game di media elektronik maka ia akan monoton menetap tanpa melakukan aktivitas lain.

Dengan demikian tubuh tidak bisa menghasilkan hormon endorfin, karena hormon ini dihasilkan dari aktivitas fisik seseorang. Sehingga hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kegelisahan. Lain halnya dengan orang yang bekerja di depan komputer lebih dari enam jam sehari. Akan menjadikan orang tersebut cepat mengalami kelelahan. Hal tersebutlah yang  dapat menjadikan lebih mungkin ia mengalami tekanan dan mudah putus asa. Bila berkepanjangan dapat menjadikan tekanan psikologis baginya.

Bahaya sedentary life tentunya menjadikan rendahnya kualitas fisik yang pada akhirnya menjadikan tubuh menjadi mudah lelah dan gampang terserang suatu penyakit. Hal ini berdampak pada tubuh yang menjadi kurang produktif. Maka dari itu untuk menjaga agar tubuh lebih sehat jangan lupa untuk rajin berolahrga dan mengkonsumsi makanan yang mempunyai gizi baik. Semoga kita semua terhindar dari sedentaryi life ini dan tetap semangat beraktifitas. Semoga artikel ini bermanfaat ya.


Post a comment for "Waspada Bahaya Sedentary Life, Banyak Penyakit Mengintai Anda"