close
Tatap Muka Di Sekolah Akan Di Buka! Lakukan Protokol Kesehatan New Normal - Qsehat.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tatap Muka Di Sekolah Akan Di Buka! Lakukan Protokol Kesehatan New Normal

Tatap Muka Di Sekolah Akan Di Buka! Lakukan Protokol Kesehatan New Normal- Protokol kesehatan baru di sekolah sudah diberlakukan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan yang harus dipatuhi. Tapi proses pembelajaran untuk tatap muka diberlakukan untuk daerah zona hijau. Dan kegiatan pembelajaran tersebut untuk jenjang SMP dan SMA saja. Untuk SD masih dalam tahap persiapan.

Protokol kesehatan di sekolah diberlakukan dengan tujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid 19. Mungkin awalnya peserta didik belum terbiasa. Namun dengan arahan dari guru akan menjadi kebiasaan. Salah satunya dengan melakukan sosial distancing. Pembelajaran tatap muka di sekolah akan dibagi menjadi dua fase. Fase transisi dan kebiasaan baru atau new normal.

protokol kesehatan new normal

6 Protokol Kesehatan New Normal Ketika Di sekolah

Setiap warga sekolah wajib melakukan protokol kesehatan sebelum dan selama berada di sekolah. Tujuannya untuk meminimalisasi penularan Covid 19. Selain itu, keselamatan anak akan lebih terjaga sehingga orang tua tidak khawatir ketika mengantarkan anaknya untuk sekolah. Ada beberapa protokol kesehatan new normal yang harus dilakukan. Berikut penjelasannya.

Menggunakan Masker Dan Mencuci Tangan

Setiap sekolah yang akan membuka proses pembelajaran wajib menyediakan sarana cuci tangan dengan air mengalir. Selain itu, sediakan sabun cuci tangan. Jangan lupa sediakan juga desinfektan. Agar lebih lengkap, semua warga sekolah wajib menggunakan masker. Gunakan masker yang sesuai dengan kesehatan.  Sedangkan untuk peserta didik tunarungu, bisa disediakan masker tembus pandang.

Cek Suhu

Protokol kesehatan new normal selanjutnya adalah cek suhu. Selain wajib menggunakan masker untuk seluruh warga sekolah, setiap orang yang memasuki sekolah akan melakukan cek suhu dengan menggunakan thermogun. Untuk itu setiap sekolahan wajib memiliki alat tersebut. Sesuai dengan aturan, setiap peserta didik dan tenaga kerja harus dalam keadaan sehat ketika berada di sekolah.

Tidak Saling Berbagi

Sebelum berangkat sekolah, ada baiknya anak-anak diberikan arahan agar tidak berbagi. Misalnya berbagi peralatan sekolah, biasanya saling pinjam meminjam dan tidak berbagi makanan. Bukan mengajarkan anak untuk bersikap pelit. Tapi itu semua bertujuan meminimalisasi penularan Covid 19. Sebelum berangkat, sebaiknya periksa semua peralatan sekolah mereka. Dan usahakan membawa bekal dari rumah.

Tidak Berjabat Tangan

Sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk melakukan jabat tangan dan cium tangan bagi murid kepada guru. Semua itu tidak boleh dilakukan karena tidak sesuai dengan protokol kesehatan new normal. Sebagai gantinya, murid bisa mengucapkan salam dengan mengatupkan kedua tangan di depan dada.

Saling Menjaga Jarak

Bukan hanya di tempat umum saja diberlakukan physicaldistancingatau menjaga jarak. Di sekolah juga harus diberlakukan physicaldistancing. Meskipun setiap orang sudah menggunakan masker, protokol menjaga jarak tetap harus dipatuhi. Di kelas pun sama, tempat duduk siswa juga diatur jaraknya. Ketika masuk kelas juga harus dibatasi jumlah siswanya dan masuk secara bergiliran.

Kegiatan Di Sekolah

Terdapat aturan untuk kegiatan belajar mengajar di dalam sekolah. Untuk olahraga atau kegiatan ekstrakurikuler diperbolehkan tapi khusus untuk kegiatan yang bisa menjaga jarak, misalnya voli. Sedangkan kegiatan yang menggunakan fasilitas umum atau menggunakan barang bergantian masih belum diperbolehkan. Untuk pembukaan kantin diperbolehkan asalkan masih mematuhi protokol kesehatan new normal.

Itulah 6 protokol kesehatan new normal yang harus diberlakukan di sekolah. Penerapan protokol tersebut diperlukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan anak di sekolah pada masa new normal. Peran orang tua sangat diutamakan dengan menjaga daya imun tubuh pada anak. Caranya dengan memberikan makanan yang bernutrisi tinggi sehari-hari. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Post a comment for "Tatap Muka Di Sekolah Akan Di Buka! Lakukan Protokol Kesehatan New Normal"