Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumah Sakit Rujukan Corona Wajib Menyiapkan Ruang Isolasi

Rumah Sakit Rujukan Corona Wajib Menyiapkan Ruang Isolasi – Kasus corona belum juga mereda di Indonesia. Awal merebaknya virus corona ini, pemerintah memberlakukan Keputusan Menteri Kesehatan mengenai rumah sakit rujukan COVID-19. Saat ini sudah terdaftar 132 rumah sakit untuk membantu penanggulangan penyebaran virus corona di Indonesia.

Jika dilihat dari daftar tersebut, hampir seluruh rumah sakit masuk ke dalam daftar rumah sakit rujukan. Mulai dari rumah sakit umum pusat (RSUP), rumah sakit umum daerah (RSUD), rumah sakit Polri dan TNI juga digunakan. Namun kini, melihat data orang yang terkonfirmasi covid-19 semakin melesat, maka dibutuhkan lebih banyak rumah sakit lagi. Beberapa rumah sakit milik swasta pun kini dijadikan rujukan untuk kasus covid-19.

Pada dasarnya, menurut juru bicara dari Kementerian Kesehatan RI, semua rumah sakit dapat menjadi rujukan pasien terkonfirmasi corona. Hanya saja, kesiapan juga perlu diperhatikan. Beberapa rumah sakit rujukan corona, memiliki kriteria yang harus dipenuhi. Seperti tersedianya fasilitas ruang isolasi.

rumah sakit rujukan corona

Ruang Isolasi di Rumah Sakit Rujukan Corona

Ruang isolasi adalah ruangan khusus untuk menangani pasien dengan penyakit infeksi. Tujuannya untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular yang bisa jadi mewabah. Ruang ini dialiri udara yang baik dengan sistem exhaust sentral, sehingga udara di dalam kamar tetap terjaga. Hal ini sebagai upaya pengendalian kontaminasi virus.

Fungsi Ruang Isolasi di Rumah Sakit Rujukan Corona

Dikarenakan ruang isolasi di rumah sakit rujukan corona adalah ruangan khusus, orang yang masuk diawasi dan dibatasi. Sehingga memiliki prosedur sendiri untuk ditaati. Secara umum fungsi utamanya untuk mencegah penularan. Sehingga penting keberadaannya untuk disediakan dalam kasus penanganan covid-19.

Namun, dikondisi tertentu, ada pasien covid-19 yang memang harus menempati ruang isolasi sendirian. Serta dibutuhkan perawatan ekstra dikarenakan memiliki riwayat penyakit lain yang dapat memperparah. Namun, untuk beberapa pasien covid-19 dengan gejala ringan, mereka ditempatkan bersamaan dengan pasien lain.

Aturan Khusus di Ruang Isolasi

Setiap rumah sakit rujukan corona, wajib menerapkan aturan yang sesuai dengan prosedur dari WHO mengenai ruang isolasi. Pasien tidak boleh dikunjungi sama sekali oleh siapapun, kecuali tim medis yang menangani. Hal ini demi mencegah pasien atau pengunjung terkontaminasi atau mengontaminasi virus. Begitu juga dengan perawat yang bertugas, hanya satu orang untuk satu shift.

Aturan ketat dilakukan kepada pasien yang berada di ruang isolasi secara bersamaan. Protokol kesehatan juga wajib mereka jalankan, agar tidak saling memperparah kondisi yang lain. Aturan khusus yang perlu diikuti di dalam ruang isolasi antara lain:

Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan ini wajib dilakukan secara ketat oleh pasien covid-19 yang berada di ruang isolasi rumah sakit rujukan corona. Langkah ini menjadi cara satu-satunya yang efektif membunuh virus di tangan. Seringlah mencuci tangan dengan air mengalir selama kurang lebih 20 detik. Tidak lupa untuk menggunakan sabun, sabun jenis apapun sebenarnya mampu membunuh virus corona.

Menggunakan APD

Pasien tetap menggunakan alat pelindung diri seperti masker. Jika memang tidak memungkinkan kondisinya untuk mengenakan masker, diwajibkan untuk menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin. Kemudian segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Alat pelindung lain sepertinya tidak wajib digunakan oleh pasein, hanya wajib oleh para perawat pasien.

Tidak Berbagi Peralatan

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika isolasi di rumah sakit rujukan corona, adalah tidak disarankan untuk berbagi peralatan, seperti gelas garpu, makanan atau peralatan mandi. Meski disediakan oleh pihak rumah sakit rujukan corona, peralatan tersebut wajib digunakan pribadi, sebelum disterilisasi kembali oleh pihak rumah sakit. Selain itu tidak berbagi tempat tidur, selimut atau pakaian.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa kreteria dan hal lain yang harus dipatuhi dan dimiliki oleh rumah sakit rujukan corona. Semua itu demi kenyamanan dan keamanan bersama. Salam sehat.


Post a comment for "Rumah Sakit Rujukan Corona Wajib Menyiapkan Ruang Isolasi"