Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Protokol Kesehatan Covid Yang Harus Tetap Dilakukan Walau Hanya Di Rumah Saja

Protokol Kesehatan Covid Yang Harus Tetap Dilakukan Walau Hanya Di Rumah Saja- Masa pandemi masih belum usai. Penyebaran virus corona masih saja menjadi momok yang menakutkan untuk seluruh warga di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Hingga berbagai protokol kesehatan terkait Covid banyak dikeluarkan demi pencegahan agar virus tidak semakin meluas.

Segala macam kegiatan sudah dibatasi, hingga kegiatan belajar pun hanya di rumah saja. Kegiatan bekerja di kantor dibatasi, bahkan ada beberapa kantor yang mengimbau karyawannya untuk melakukan pekerjaannya dari rumah. Namun, masih saja ada masyarakat yang memgabaikan kebijakan pemerintah terhadap corona.

Meski semua kegiatan hanya dilakukan di rumah saja. Tidak membuat pemerintah mengabaikan kebijakan tentang protokol kesehatan Covid bagi warganya. Lalu,  apa saja sih protokol kesehatan covid-19  yang harus dilakukan walau hanya di rumah saja?

protokol kesehatan Covid

Ini Dia Beberapa Protokol Kesehatan Covid yang Wajib Dilakukan Walau Hanya Di Rumah Saja:

Menyediakan Desinfektan

Menyediakan desinfektan menjadi wajib hukumnya pada saat ini. Desinfektan berfungsi untuk membunuh virus yang mungkin terbawa ke rumah ketika selesai dari luar rumah. Desinfektan bisa Anda dapatkan dengan cara membelinya diberbagai outlet. Atau jika Anda lebih suka berhemat, Anda bisa membuatnya di rumah. Cukup sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti alkohol, karbol, atau kayu putih.

Menyemprotkan Desinfektan ke Seluruh Benda yang Ada Di Rumah

Betul, desinfektan yang sudah ada di rumah dapat Anda gunakan untuk membersihkan segala macam barang yang mungkin dapat terpapar virus. Penyemprotan ini merupakan salah satu Protokol kesehatan Covid Semprotkan desinfektan pada barang-barang yang sering terjamah oleh tangan misalnya gagang pintu dan jendela.

Dengan hanya di rumah saja mungkin kita membatasi waktu berada di luar rumah. Demi mencukupi kebutuhan sehari-hari, semua kegiatan belanja kita beralih ke jasa kurir online. Jika demikian, jangan sampai lengah untuk tetap menjaga kebersihan paket yang kita terima.  Sebelum paket kita terima, baiknya semprot deainfektan terlebih dahulu.

Lakukan Pembersihan Menyeluruh Ketika Baru Selesai Dari Luar Rumah

Protokol kesehatan Covid berikutnya adalah pembersihan. Ini dimaksudkan untuk membersikan semua barang yang Anda bawa selama bepergian. Semua ini dilakukan ketika memang Anda masih diharuskan untuk pergi bekerja diluar rumah. Bahkan jika memang ada ada keperluan penting untuk berada di luar rumah. Karena tidak menutup kemungkinan,  barang yang Anda bawa dan Anda pakai saat berada di luar ini terpapar virus.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara membuang dahulu masker yang Anda kenakan saat berada di luar rumah sebelum Anda memasuki rumah. Lalu, semprot semua barang yang Anda bawa dan kenakan dengan desinfektan sebelum masuk kerumah. Bergegaslah membersihkan diri dan mencuci baju yang dikenakan. Lepas itu,  barulah Anda bebas melakukan semua kegiatan di rumah.

Hindari Untuk Berkumpul Dengan Tetangga

Protokol kesehatan Covid juga termasuk dalam hal menjaga jarak dengan lingkungan. Atau lebih dikenal dengan kalimat social distancing yang saat ini marak diinformasikan. Tentu hal ini bertujuan agar dapat menghindari penyebaran virus. Karena bisa saja, dengan melalukan perkumpulan bersama tetangga dapat menyebabkan penyebaran virus.

Karena kita tak pernah tahu, apakah tetangga kita tersebut bebas dari virus corona ata tidak.  Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?  Pencegahan dapat diterapkan mulai dari disiplin diri terhadap protokol kesehatan yang diberlakukan.  Demi mencapai hidup yang lebih sehat dan sejahtera.

Itulah tadi beberapa protokol kesehatan Covid yang wajib Anda lakukan walau hanya di rumah saja. Semoga artikel ini membantu Anda memahami pentingnya mematuhi kebijakan kesehatan yang bertujuan untuk kesehatan semua masyarakat. Tetap jaga jarak,  jaga imun,  agar tetap sehat dan terbebas dari virus berbahaya yaa.


Post a comment for "Protokol Kesehatan Covid Yang Harus Tetap Dilakukan Walau Hanya Di Rumah Saja"