Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Protokol Kesehatan Covid Yang Harus Diketahui

Protokol kesehatan Covid yang harus diketahui. Saat ini, seluruh masyarakat mengalami pandemi COVID 19 dan pasien positif selalu bertambah. Walaupun banyak pasien yang sembuh, tetapi penyebarannya semakin signifikan. Untuk itulah semua orang harus menjalani pencegahan agar terhindar dari bahaya virus Corona yang berbahaya itu.

Walaupun aktivitas harus berjalan agar kebutuhan hidup terpenuhi, tetaplah mentaati protokol kesehatan. Jangan sampai anda mengabaikan dengan alasan daya tahan sangat kuat dan tak mungin tertular Covid. Apalagi menurut beberapa sumber, virus tersebut dapat ditularkan oleh pasien positif yang tak menunjukkan gejala. Pastinya sangat berbahaya dan meresahkan masyarakat.

protokol kesehatan Covid

Daftar Protokol Kesehatan Covid Secara Menyeluruh

Segala usia harus mentaati protokol kesehatan Covid agar tidak tertular virus Corona. Walaupun keseharian hanya di rumah, protokol tetap dilaksanakan. Dijamin anda terhindar dari virus mematikan itu, berikut ada daftar protokol yang harus dilakukan:

Menjaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan menjadi utama protokol yang wajib diterapkan. Pastikan anda mencuci tangan sesering mungin usai beraktivitas maupun sebelum beraktivitas. Terutama usai keluar rumah, cuci tangan menggunakan air mengalir menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Walaupun tangan anda terlihat bersih, tetapi protokol kesehatan Covid harus dilakukan. Apalagi bakteri dan kuman tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, alhasil mencuci tangan dengan sabun adalah pencegahan utama yang tepat.

Perlu diketahui, cara membersihkan tangan ada aturannya agar terjamin kebersihannya. Yaitu bersihkan bagian dalam tangan, punggung, sela-sela maupun ujung jari. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun atau hend sanitizer agar bakteri dan virus yang menempel di permukaan tangan hilang.

Tidak Menyentuh Wajah

Poin ini terbilang sulit dilakukan, apalagi kebanyakan orang menyentuh wajah hampir setiap detik. Baik untuk memperkuat kepercayaan diri atau lantaran kebiasaan. Tetapi, selama pandemi usahakan tidak menyentuh wajah usai berkativitas. Pasalnya hal itu menjadi protokol kesehatan Covid dan harus dijalani.

Pastikan anda tidak menyentuh bagian wajah, pastinya meliputi mulut, hidung dan mata. Hal tersebut sebagai pencegahan agar virus dan bakteri yang menempel pada kulit tidak masuk ke tubuh anda. Alasannya karena virus bisa masuk ke tubuh melalui organ tubuh tersebut.

Menerapkan Etika Sopan Satun Batuk Dan Bersin

Sejatinya, ada atau tidaknya virus Corona harus menerapkan etika saat batuk dan bersin. Apalagi jika berada di keurmunan atau banyak orang, etika harus dilakukan untuk menjaga perasaan orang lain. Sementara sela pandemi ini, etika tersebut menjadi protokol kesehatan Covid sehingga harus dijalankan.

Tatkala anda bersin atau batuk, tubuh pasti mengeluarkan virus dari tubuh. Jika anda di tempat keramaian, pasti orang lain tertular virus anda lantaran virus merebak ke udara. Maka, pastikan menutup mulut menggunakan punggung tangan saat bersin atau batuk. Dengan begitu penyakit yang diderita tak menularkan ke orang lain.

Menggunakan Masker

Sebelum pandemi, masker digunakan untuk tenaga medis atau para pekerja yang mengharuskan memakai masker agar terhindar dari produk yang digarap. Tetapi saat virus Corona ada, menjadi protokol kesehatan Covid. Bahkan semua orang harus memakai masker kemana pun ia pergi, entah itu orang sehat atau sakit.

Apalagi, saat ini banyak aparat dikerahkan ke jalan raya untuk memantau masyarakat mematuhi protokol memakai masker. Jangan anggap sebagai tekanan, tetapi jadikan sebagai contoh agar membiasakan memakai masker.

Sebenarnya, masih banyak protokol kesehatan Covid yang harus dilaksanakan. Tetapi daftar protokol diatas dapat dijadikan acuan agar menepati aturan pemerintah, berusahalah membiasakan hidup sehat dan bersih agar terhindar dari virus Corona.

 

 

 

Post a comment for "Protokol Kesehatan Covid Yang Harus Diketahui"