Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Protokol Kesehatan Covid-19 Terbaru Tentang Penularan Melalui Udara

Protokol Kesehatan Covid-19 Terbaru Tentang Penularan Melalui Udara- Pandemi saat ini masih belum teratasi, meskipun sudah berbagai cara dikerahkan untuk mengatasinya. Berbagaiprotokol dalam menajaga kesehatan selama covid-19 telah dikeluarkan. Namun, kenyataannya virus ini masih merajalela. Dan penyebarannya pun makin berbahaya.

Masyarakat masih saja melalaikan aturan kesehatan yang diberlakukan. Apalagi masa new normal atau kebiasaan baru saat ini. Masih banyak masyarakat yang menyepelekan penggunaanfaceshield dan masker. Sejatinya, faceshield dan masker berfungsi untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Cara penularan covid-19 semakin meluas dan berbahaya. Menurut informasi yang berasal dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus ini dapat menular melalui udara atau lebih dikenal dengan istilah airborne dalam bentuk micro droplet (ukuran yang sangat kecil). Seperti hasil beberapa study, virus ini dapat menular melalui bersin atau batuk, karena dapat bertahan lebih lama. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan covid-19.

protokol kesehatan covid-19
protokol kesehatan covid-19

Anggapan selama ini mengatakan bahwa covid-19 hanya menular dari percikan air liur atau droplet. Dan menular apabila seseorang menyentuh barang yang terkontaminasi droplet lalu tanpa sadar menyentuh pemukaan wajah, hidung atau mulut. Namun, ditegaskan oleh Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) virus ini memang dapat menular melalui udara. Terutama dalam ruangan tertutup dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang kurang baik.

Imbauan Protokol Kesehatan Covid-19 Oleh PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia)

·         Tidak perlu panik,  namun tetap harus waspada

·         Hindari tempat-tempat ramai baik didalam ruangan tertutup maupun terbuka

·         Gunakan masker walau sedang dalam ruangan

·         Perhatikan ventilasi dan sirkulasi udara

·         Hindari menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan

·         Selalu memerhatikan jarak dalam segala kegiatan sehari-hari

Sebelumnya, covid-19 dapat dihalau hanya dengan faceshield. Namun, setelah muncul informasiterbaru yang menyatakan bahwa mikrodroplet yang berukuran kecil ini tidak dapat dicegah hanya dengan menggunakan faceshield. Sehingga, penggunaan masker saat ini sangat diperhatikan dan diharuskan untuk dikenakan. Dengan menggunakan faceshield dan masker akan lebih baik untuk pencegahan virus.

Terkait informasi tentang penularan melalui udara tersebut, masyarakat dihimbau untuk memerhatikan pula cara pemakaian masker yang benar. Menggunakan masker tapi tidak bengan cara yang benar dan tepat, maka penyebaran penularan virus bisa saja terjadi. Maka dari itu, hindari menurunkan masker ke bawah bagian dagu. Dagu dan leher bisa saja terkontaminasi virus karena bagian ini tidak terlindungi.

Terkait hal itu, sebaiknya ketika hendak makan atau minum bukalah dahulu masker yang sedang kita gunakan. Khawatir ketika kita menurunkan masker ke bagian bawah dagu dan leher, malah bagian tersebut telah terkontaminasi virus. Maka, sia-sialah pencegahan kita terhadap virus ini. Selain protokol kesehatan covid-19 yang telah diulas diatas,  perhatikan juga asupan nutrisi terhadap tubuh.

Jika semua kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi,maka imun tubuh pun kuat. Jika imun tubuh kuat dan sehat, maka segala jenis virus tidak akan mampu menembus tubuh kita. Tubuh sehat imunitaspun kuat. Perbanyak konsumsi vitamin C,  karena vitamin C sangat membantu menjaga imunitas.

Perhatikan selalu cara pemakaian masker, kebersihan tangan dan lingkungan, jaga jarak dan hindari keramaian, cek sirkulasi udara ruangan. Jika perlu gunakan ekshaust untuk mengatur udara dalam ruangan dan menggantinya dengan udara yang baru. Karena jika hanya menggunakan kipas angin, hanya memutar udara saja. Itulah kesimpulan dari protokol kesehatan covid-19 yang harus diperhatikan.

Jaga selalu kesehatan dan patuhi semua protokol kesehatan covid-19 yang berlaku. Semoga artikel ini membantu Anda memahami pentingnya mematuhi aturan tentang kesehatan mencegah covid-19.

Post a comment for "Protokol Kesehatan Covid-19 Terbaru Tentang Penularan Melalui Udara"