Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Protokol Kesehatan Covid-19 Selama Kondisi New Normal

Protokol kesehatan covid-19 selama kondisinew normal - Masalah penyebaran virus Covid-19 di negeri ini belum sepenuhnya berakhir. Memang angka penularan covid-19 sejak diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menunjukkan penurunan. Namun, risiko penyebaran dan penularan virus tersebut masih menjadi ancaman. Karena hal demikianlah santer terdengar Indonesia masuk kondisi new normal.

Kondisi new normal dalam keadaan pandemi masih berlangsung, artinya masyarakat masih harus berdampingan dengan virus covid-19. Dalam kondisi ini, masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari dengan adaptasi baru. Dalam beraktivitas masyarakat tetap harus memiliki kewaspadaan tinggi terhadap penularan virus covid-19. Di antaranya dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

protokol kesehatan covid-19
protokol kesehatan covid-19

Protokol kesehatan untuk kondisi new normal sudah diterbitkan oleh pemerintah. Ada beberapa peraturan yang mesti dipatuhi berdasarkan protokol kesehatan masa new normal. Protokol tersebut dibuat agar masyarakat tetap menjaga keamanan dari penyebaran virus corona selama melakukan aktivitas. Berikut protokol kesehatan covid-19 untuk kondisi new normal berdasarkan Kemenkesdalam Penanganan Covid-19.

Menjaga Kebersihan Tangan

Dalam setiap melakukan aktivitas selama new normal, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan saat akan masuk suatu tempat keramaian seperti swalayan, tempat ibadah, tempat melakukan transaksi seperti Bank dan lainnya. Setelah selesai melakukan aktivitas juga harus cuci tangan. Jangan lupa selalu sedia handsanitizerdi dalam tas.

Menggunakan Masker

Menggunakan masker merupakan salah satu bagian dari protokol kesehatan covid-19. Saat beraktivitas di luar rumah kita banyak berinteraksi dengan orang lain. Untuk itulah sangat penting untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Hal tersebut demi menjaga dari penyebaran virus covid-19.

Menjaga Jarak (PhisicalDistancing)

Selama masa pandemi covid-19, sebaiknya saat beraktivitas di luar rumah Anda tetap menjaga jarak meskipun di masa new normal. Jangan melakukan sentuhan dengan orang lain. Di masa new normal, Anda tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Namun, harus dengan pembiasaan-pembiasaan baru, salah satunya tetap menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

Menjaga Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Salah satu hal penting dari serangkaianprotokol kesehatan covid-19, yaitu menjaga kesehatan tubuh. Selain menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, Anda juga harus menjaga diri dari dalam. Konsumsi makan-makanan sehat, vitamin dan rajin berolahraga, agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Tubuh yang sehat dapat melawan dari serangan virus.

Bisa Isolasi Mandiri

Apabila Anda merasa tubuh mengalami gejala seperti infeksi Covid-19 atau sedang tidak sehat, Anda bisa melakukan isolasi sendiri di rumah. Hal tersebut Anda lakukan selama dua minggu atau sampai tubuh terasa membaik. Karantina atau isolasi mandiri tersebut tidak hanya menguntungkan Anda, melainkan juga pihak lain. Jadi, Anda harus segera melakukan isolasi sendiri kala tubuh merasakan gejala infeksi covid-19.

Tidak Menyentuh Wajah Sembarangan

Protokol kesehatan covid-19 selanjutnya, menghindari menyentuh wajah. Pastikan terlebih dahulu kebersihan tangan Anda sebelum menyentuh wajah. Mata, hidung dan mulut adalah area wajah yang mudah ditembus oleh virus yang terdapat di tangan. Sekalipun tangan Anda sudah bersih, sebaiknya tidak menyentuh wajah saat sedang berada di tempat umum. Karena dikhawatirkan Anda lupa telah menyentuh suatu benda di tempat Anda berada.

Nah, itulah protokol kesehatan covid-19 untuk kondisi new normal. Selain protokol kesehatan tersebut di atas, Anda juga sebaiknya memerhatikan protokol kesehatan saat berada di tempat ramai, seperti tempat kerja, rumah ibadah, dan lainnya. Meskipun keadaan new normal, waspada tetap harus dilakukan selama covid-19 masih ada. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Post a comment for "Protokol Kesehatan Covid-19 Selama Kondisi New Normal"