close
Protokol Kesehatan Covid 19 Saat Masuk Rumah Setelah Bepergian - Qsehat.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Protokol Kesehatan Covid 19 Saat Masuk Rumah Setelah Bepergian

Protokol Kesehatan Covid 19 Saat Masuk Rumah Setelah Bepergian – Hingga saat ini kasus infeksi virus corona terus meningkat. Banyak negara termasuk Indonesia belum bisa menghentikan penyebaran virus ini. Meski pandemi ini belum berakhir, tetapi kehidupan harus terus berjalan. Kita harus produktif di masa pandemi ini, kalau hal itu tidak di lakukan akan berdampak pada banyak sektor.

Tidak hanya sektor sosial dan budaya yang akan terkena dampaknya. Sektor ekonomi dan industri juga akan mengalami perlambatan, bahkan berujung pada banyaknya masyarakat yang akan kehilangan pekerjaan. Untuk itu kita harus tetap beraktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan virus corona. Protokol kesehatan juga harus di terapkan saat kita kembali ke rumah setelah beraktivitas.

protokol kesehatan covid 19

Protokol Kesehatan Covid 19 Saat Kembali Kerumah

Secara tidak sadar, sebagian dari kita lebih peduli menjalankan protokol kesehatan covid 19 saat berada di luar rumah. Pada saat kembali ke rumah kita sering abai menerapkannya. Padahal hal itu sangat penting untuk menghindari penyebaran covid 19 di keluarga kita. Hal-hal apa saja sih yang harus di lakukan saat kita kembali kerumah di masa pandemi ini, kita simak yuk.

Lepaskan Sepatu Atau Alas Kaki Sebelum Masuk Rumah

Protokol kesehatan pertama saat kembali ke rumah adalah melepas sepatu di pintu sebelum masuk rumah. Jangan membiasakan diri membawa sepatu ke dalam rumah, karena berpontensi membawa berbagai macam bakteri, kuman dan virus ke dalam rumah. Sebaiknya setelah di lepas, sepatu langsung di semprot menggunakan desinfektan.

Besihkan Barang Yang Di Bawa Bepergian

Membersihkan barang-barang yang di bawa bepergian masuk dalam protokol kesehatan covid 19 yang ke dua. Sediakan tempat khusus misalnya seperti kotak untuk menaruh barang-barang yang di bawa dari luar. Misalnya seperti tas, dompet, buku, hp, kaca mata, kunci dan lain-lain dan segera bersihkan dengan cairan desinfektan ataupun alkohol. Cairan ini di yakini mampu membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel pada benda mati.

Cuci Tangan Dengan Air Mengalir Dan Sabun  

Setelah melepas sepatu dan membersihkan barang-barang bawaan dengan desinfektan, anda bisa masuk rumah dengan bertelanjang kaki. Usahakan untuk tidak menyentuh apapun di dalam rumah sebelum mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan merebahkan diri di kasur atapun langsung duduk di sofa dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang di pakai saat bepergian.

Lepaskan Pakaian

Protokol kesehatan covid 19 setelah kembali ke rumah selanjutnya, adalah melepaskan pakaian yang anda gunakan saat bepergian. Sesegera mungkin lepaskan pakaian agar kuman, bakteri dan virus yang menempel tidak menyebar ke dalam rumah. Letakkan pakaian ke dalam keranjang tersendiri atau langsung cuci pakaian menggunakan deterjen untuk membunuh kuman dan virus yang menempel.

Mandi Hingga Bersih

Rangkaian protokol kesehatan selanjutnya adalah mandi, bersihkan tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Di anjurkan untuk membersihkan tubuh bagian atas dahulu, baru turun ke area tubuh bagian bawah. Hal ini memungkinkan sabun membersihkan area tubuh kita secara merata. Setelah selesai mandi dan tubuh sudah bersih, gunakan pakaian yang bersih, setelah itu anda bisa berkumpul dengan keluarga.

Saat di luar rumah anda harus mentaati protokol kesehatan covid 19. Biasakan untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan atau minimal menggunakan hand sanitizer. Tapi jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan saat habis bepergian. Meski terkesan memakan waktu dan merepotkan, hal ini harus dilakukan untuk melindungi keluaga kita dari ancaman virus corona.

Selalu jaga kebersihan baik di luar rumah maupun di dalam rumah. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola makan sehat, mengkonsumsi vitamin dan rajin berolah raga. Taati protokol kesehatan baik di luar maupun di dalam rumah. Semoga kita semua bersama keluarga tercinta terhindar dari corona virus yang sedang mewabah saat ini dengan menetapkan Protokol Kesehatan Covid 19 dalam kehidupan sehari-hari.


 

Post a comment for "Protokol Kesehatan Covid 19 Saat Masuk Rumah Setelah Bepergian"