Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Tempat Kerja

Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Di Tempat Kerja - Covid-19 masih belum berakhir, meskipun saat ini masyarakat yang berada di wilayah zona hijau sudah diizinkan untuk beraktivitas seperti biasa. New normal merupakan masa transisi dari PSBB kepada pembiasaan-pembiasaan baru. Maka, setiap aktivitas yang dilakuman di luar rumah harus berdasarkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, telah menyusun protokol kesehatan di lingkungan tempat kerja. Surat edaran yang berisi protokol kesehatan tersebut diterbitkan pada Juni lalu. Protokol kesehatan tersebut dibuat untuk sebagai acuan bagi perusahaan dan petugas dalam aktivitas kerja. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan dalam proses pencegahan dan pengendalian covid-19 di tempat kerja pada masa transisi menuju masyarakat sehat dan produktif.

Surat edaran tersebut meminta agar setiap perusahaan membatasi jumlah karyawannya yang bekerja di kantor sebanyak 50 persen. Setiap perusahaan juga diwajibkan membentuk Tim Gugus Tugas covid-19 yang terdiri atas pimpinan, bagian K3, bagian kepegawaian dan petugas kesehatan. Tim inilah yang berkewajiban melaporkan pelaksanaan protokol kesehatan covid-19 di tempat kerja selama masa transisi. Apabila terjadi pelanggaran terhadap pelaksanaa protokol tersebut, maka akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan.

protokol kesehatan covid-19

Melakukan Penyesuaian Waktu Kerja

Selain menyusun Tim Gugus Penanganan covid-19 dan membatasi jumlah pekerja, juga harus melakukan penyesuaian waktu kerja. Penyesuaian dilakukan pada hari, jam, shift dan sistem kerja. Hal demikian untuk adaptasi dengan kondisi covid-19 dan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Setiap pekerja wajib mengikuti ketentuan penyesuaian waktu yang telah disepakati.

Melakukan Pengaturan Penggunaan Fasilitas

Dalam protokol kesehatan covid-19, di tempat kerja harus melakukan pengaturan penggunaan fasilitas pekerja. Pengaturan dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan, seperti sarana ibadah, kantin, tempat istirahat, sarana olahraga, sarana hiburan dan lainnya. Protokol kesehatan ini harus dilakukan demi terjadinya penyebaran virus covid-19. Sehingga aktivitas kerja tetap aman dan nyaman.

Wajib Menggunakan Masker di Tempat Kerja

Setiap pekerja diwajibkan mengenakan masker. Agar tetap aman saat berinteraksi. Selain pekerja, tamu atau pengunjung pun wajib mengenakan masker atau alat pelindung diri lainnya. Hal demikian dapat disesuaikan dengan kebutuhan selama berada dalam lingkungan tempat kerja.

Melakukan Disinfeksi di Lingkungan Kerja

Protokol kesehatan covid-19 selanjutnya, yaitu melakukan disinfeksi di lingkungan kerja. Disinfeksi tersebut harus dilakukan secara berkala menggunakan pembersih dan disinfektan serta menjaga kebersihan lingkungan kerja. Bagian-bagian yang perlu diperhatikan kebersihannya, seperti pegangan pintu, tangga, tombol lift, peralatan kantor yang digunakan secara bersama, area dan fasilitas umum lainnya.

Melakukan Pengukuran Suhu

Dalam protokol kesehatan selanjutnya, yaitu melakukan pengukuran suhu pada tubuh. Pengukuran suhu dilakukan pada setiap titik masuk perkantoran atau tempat kerja. Harus dipastikan, siapapun yang memasuki tempat kerja dalam keadaan suhu normal. Jika suhu tubuh seseorang terlihat tinggi, sebaiknya tidak diperkenankan masuk.

Menyediakan Alat Sanitasi Kebersihan

Menyediakan alat sanitasi kebersihan adalah salah satu bagian dari protokol kesehatan covid-19 di tempat kerja. Perusahaan wajib menyediakan alat sanitasi kebersihan. Alat sanitasi kebersihan seperti handsanitizer diletakkan di setiap area pintu masuk dan area gedung. Setiap pekerja atau siapapun yang berada di dalam tempat kerja diharuskan menggunakan alat sanitasi tersebut.

Menyediakan Sarana dan Prasarana Cuci Tangan

Hal penting lain yang harus dilakukan dalam protokol kesehatan yaitu menyediakan sarana dan prasarana cuci tangan. Sara cuci tangan wajib ada di tempat kerja. Selain cuci tangan, sediakan pula alat pembersih lain seperti sabun. Air cuci tangan yang disediakan harus air yang mengalir.

 Nah, demikianlah protokol kesehatan covid-19 di tempat kerja. Agar kerja menjadi aman dan terhindar dari penyebaran covid-19, rangkaian protokol tersebut harus dilaksanakan. Dengan tetap waspada terhadap covid-19, diharapkan agar pandemi ini segera berakhir. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

 

Post a comment for "Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 di Tempat Kerja"