Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat Profil Menteri Kesehatan Terawan Sebagai Dokter Spesialis Radiologi

Mengenal Lebih Dekat Profil Menteri Kesehatan Terawan Sebagai Dokter Spesialis Radiologi – Bernama lengkap Terawan Agus Putranto, nama yang sudah terdengar akrab di telinga, apalagi semenjak pandemic Covid-19 melanda tanah air. Sebelum menjadi salah satu anggota kabinet Indonesia maju, beliau adalah seorang anggota staf dokter kepresidenan dan seorang dokter spesialis radiologi.

Karirnya sebagai seorang dokter spesialis radiologi dan sebagai anggota staf dokter kepresidenan sangat terkenal dalam menangani beberapa pasien petinggi pemerintahan. Wajar kalau kemudian pada Oktober 2019 silam, dr. Terawan dipercaya menjadi menteri kesehatan untuk menggantikan dr. Nila Djuwita F Moeloek.

menteri kesehatan Terawan

Menteri Kesehatan Terawan Dikenal Sangat Kontroversial

Sebagai dokter spesialis radiologi yang handal dibidangnya, menteri kesehatan Terawan sangat kontroversial dengan metode terapinya yang dikenal dengan Brain wash. Metode penyembuhan ini disebut juga dengan terapi cuci otak yang dikenalkan dr.Terawan kepada para pasiennya yang mengalami gangguan stroke.

Dalam bahasa kedokteran metode ini dikenal dengan DSA atau Digital Subtraction Angrogram yang terbukti efektif menyembuhkan pasien dengan gangguan stroke. Untuk mengenal lebih dekat bagaimana sosok beliau, baik sebagai menteri kesehatan maupun sebagai dr. spesialis radiologi, yuk kita lihat profil lengkapnya.

Identitas Lengkap Menteri Kesehatan Terawan

Mentri kesehatan Terawan lahir di Kota Yogyakarta pada 5 Agustus 1964, semenjak kecil beliau sudah bercita cita untuk menjadi dokter. Cita cita beliau tersebut berhasil diwujudkan dengan menyandang predikat dr dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta diusianya yang relatif sangat muda.

Riwayat Pendidikan Formal Menteri Kesehatan Terawan

Dokter Terawan telah menyelesaikan pendidikan  Sekolah Dasarnya di SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta, SMPN 2 Yogyakarta dan SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Kemudian tahun 1990, saat berumur 26 tahun dr.Terawan telah berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada.

Beberapa tahun kemudian, pada tahun 2004 beliau memperdalam keilmuannya ke jenjang S2 dengan mengambil spesialis radiologi di Universitas Airlangga Surabaya. Pada tahun 2013 menteri kesehatan Terawan melanjutkan pendidikan kejenjang S3 di Universitas Hasanudin Makasar hingga beliau berhasil mendapatkan gelar Doktor.

Riwayat Jabatan Menteri Kesehatan Terawan

Riwayat jabatan militer dr.Terawan dimulai tahun 2008, beliau bergabung menjadi anggota tim dokter kepresidenan dan tahun 2015 menjadi KA RSPAD Gatot Subroto. Sedangkan riwayat jabatan di pemerintahan dimulai pada 23 Oktober 2019 bergabung dengan kabinet pemerintahan Jokowi Ma'ruf Amin.

Riwayat Organisasi Menteri Kesehatan Terawan

Riwayat kegiatan organisasi yang pernah diikuti oleh menteri kesehatan Terawan beliau aktif menjabat sebagai ketua perhimpunan dokter spesialis radiologi Indonesia. Selain itu beliau juga aktif sebagai ketua word internasional committe of military medicine dan sebagai ketua ASEAN Association of Radiologi.

Spesialisasi Bidang Kedokteran Menteri Kesehatan Terawan

Sebagai dokter sepesialis radiologi maka spesialisasi bidang pekerjaan dr.Terawan lebih fokus pada pemeriksaan dibidang radiologi baik radiologi umum, intervensi maupun onkologi. Pemeriksaan radiologi dilakukan untuk mendeteksi dan menegakkan diagnosis gangguan penyakit dengan gelombang radiasi baik mekanik maupun elektromagnetik.

Spesialisasi bidang kedokteran menteri kesehatan Terawan ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk mendukung diagnosa berbagai penyakit yang berhubungan erat dengan spesialisasi yang lain seperti THT, Bedah, Paru paru, jantung dan yang lainnya. Pemeriksaan radiologi dilakukan dengan menggunakan prosedur pencitraan seperti Rontgen, CT scan, MRI, USG dan yang lainnya.

Dengan adanya pemenkes yang disyahkannya pada 21 September 2020 lalu, sebagai mentri kesehatan dr.Terawan dinilai lebih mengutamakan sejawat dokter spesialisasi radiologi. Demikian sekilas profil menteri kesehatan Terawan sebagai seorang dokter spealisasi radiologi yang handal dibidangnya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Post a comment for "Mengenal Lebih Dekat Profil Menteri Kesehatan Terawan Sebagai Dokter Spesialis Radiologi"