Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat Menteri Kesehatan 2020

Mengenal Lebih Dekat Menteri Kesehatan 2020 – Kementerian kesehatan adalah kementerian yang membidangi urusan kesehatan. Kementerian kesehatan dipimpin oleh seorang Menteri yang dijabat oleh dr. Terawan Agus Putranto. Beliau dilantik menjadi Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024. Sebelum menjadi Menteri Kesehatan, beliau menjabat sebagai Kepala Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto sejak tahun 2015.

Beberapa selang setelah beliau menjabat sebagai Menteri Kesehatan, beliau diuji dengan kemunculan virus corona yang melanda di seluruh negeri, termasuk Indonesia. Pandemi yang menyebabkan kerugian besar dari segi kesehatan dan ekonomi, membuat nama beliau sering bermunculan di berbagai pemberitaan. Warga masyarakat yang terdampak virus corona ini berharap dan menunggu langkah yang harus dilakukan untuk mencegah dan menghindari tertularnya virus corona. Selain itu, mereka juga berharap segera ditemukannya vaksin.

Menteri Kesehatan 2020

Menteri Kesehatan 2020

Tak butuh waktu lama, pada tanggal 13 Maret 2020 pemerintah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. Gugus tugas ini dipimpin oleh Doni Monardo yang kedudukannya berada di bawah serta bertanggung jawab langsung kepada presiden. Gugus tugas ini dibentuk untuk mengkoordinasikan kegiatan antarlembaga dalam upaya mencegah dan menanggulangi dampak virus korona di Indonesia. Setelah dibentuk, gugus tugas ini langsung diberikan arahan oleh dr. Menteri Kesehatan 2020.

Walaupun sejauh ini dr. Terawan telah memberikan langkah-langkah yang cukup progresif dalam menangani virus corona, namun beberapa pernyataannya juga menimbulkan kontroversi. Di awal kemunculan virus corona, beliau memberikan pernyataan bahwa virus corona tidak lebih bahaya dari virus flu biasa. Pernyataan ini menjadi blunder karena pada kenyataannya kasus virus corona makin bertambah tiap harinya. Selain itu, jumlah korban yang meninggal dan terpapar virus corona juga makin banyak sehingga tidak sesuai dengan pernyataan beliau bahwa kasus kematian akibat virus flu lebih banyak daripada virus corona. Yuk kenal beliau  lebih dalam lagi melalui profil berikut ini.   

 

Mantan Dokter Militer

 

Menteri Kesehatan 2020 ini, dulunya seorang dokter militer di TNI angkatan darat pada tahun 1990 dan sekaligus menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Angkatan Darat di Lombok hingga tahun 1998. Pekerjaan ini, beliau geluti setelah berhasil menempuh pendidikan di Universitas Gajah Mada. Pada tahun 2009, dr. Terawan tercatat sebagai anggota Tim Dokter Kepresidenan. Berkat kegigihannya, beliau berhasil mendapatkan tanda kehormatan berupa Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun, Satya Lencana Dwidya Sistha dan Satya Lencana Bhakti Kesehatan Timor Leste.

Spesialis Radiologi

Setelah lulus dari fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada, dr. Terawan melanjutkan studi S2 di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga untuk memperdalam ilmu kedokteranya. Beliau mengambil jurusan spesialis radiologi dan mampu menyelesaikan studinya. Tak sampai disitu, beliau kembali menempuh studi doktor di Universitas Hasanuddin, Makasar yang diselesaikannya pada tahun 2013. Pada tahun 2015 beliau didaulat sebagai Kepala RSPAD Gatot Soebroto. Beberapa orang penting yang pernah mendapatkan perawatan beliau, antara lain Alm. Ani Yudhoyono dalam menjalani terapi kanker darah, B.J. Habibie, dan Prabowo Subianto yang menyembuhkan diri dari gejala stroke.

 

Pandemi corona yang melanda seluruh negeri termasuk salah satunya Indonesia, merupakan ujian bagi Menteri Kesehatan 2020 yang baru saja dilantik. Terawan Agus Putranto menjadi sosok yang berada di barisan terdepan dalam membendung pandemi virus corona. Arahan dan kebijakan beliau selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia dan sangat menentukan masa depan negeri ini. 

 

Post a comment for "Mengenal Lebih Dekat Menteri Kesehatan 2020"