Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Udara Bersih Bagi Kesehatan, No. 5 Tidak Disangka!

qsehat.com - Manfaat udara bersih bagi kesehatan tentunya ada banyak sekali. Dewasa ini, perkembangan industri yang pesat membuat kita kesulitan mencari udara bersih. Apalagi saat ini jumlah pohon-pohon yang ditebang tidak sebanding dengan volume kendaraan. Hal ini mengakibatkan udara bersih sulit kita dapatkan. 

Komite Lingkungan dari FIRS atau Forum Masyarakat Pernafasan Internasional menyebutkan bahwa udara bersih membawa banyak manfaat. Orang yang menghirup udara lebih bersih memiliki risiko terkena serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Selain itu, udara bersih memiliki manfaat hingga memperpanjang usia. 

manfaat udara bersih bagi kesehatan
udara bersih untuk kesehatan
Inilah Manfaat Udara Bersih Bagi Kesehatan

Udara yang bersih memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Bahkan World Health Organization (WHO) mengkampanyekan BreathLife supaya terwujud udara bersih kelak di tahun 2030. Hal ini dikarenakan banyak manfaat udara bersih bagi tubuh kita. Apa saja kira-kira manfaatnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Berguna untuk kesehatan paru-paru

Polusi yang bertebaran di jalan tentunya amat berbahaya bagi kondisi paru-paru. Kandungan gas karbon monoksida yang tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan, khususnya pernapasan. Contohnya seperti sesak napas, batuk, radang tenggorokan, hingga radang paru-paru.

Oksigen dari udara segar yang kita hirup dapat berperan baik bagi sistem metabolisme tubuh. Darah yang membawa oksigen menuju seluruh tubuh dapat membantu proses regenerasi. Semakin baik udara yang dihirup, maka semakin optimal pula sistem metabolisme tubuh bekerja. 

2. Memperpanjang umur

Data dari WHO menyatakan bahwa tidak kurang dari 7 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahun. Meninggalnya orang-orang tersebut disebabkan karena terlalu sering menghirup udara yang kotor dan penuh polusi. Oleh karena itu,manfaat udara bersih bagi kesehatan juga adalah dapat memperpanjang usia.

Udara bersih yang kita hirup setiap hari berperan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik. Oksigen yang masuk dari udara segar bermanfaat bagi jantung, paru-paru, hingga pencernaan. Fungsi organ tubuh pun dapat berjalan maksimal sehingga risiko terkena penyakit berat dapat diminimalisir.

3. Menurunkan risiko terkena penyakit 

Manfaat udara bersih bagi tubuh kita lainnya adalah dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Udara bersih dapat mencegah penyakit jantung seperti kardiovaskular dan kanker. Udara dengan oksigen yang baik dapat mengoptimalkan daya tahan tubuh. Anda tidak akan mudah sakit jika rajin-rajin menghirup udara bersih.

4. Dapat meningkatkan fokus dan stamina

Udara bersih yang Anda hirup setiap hari dapat berdampak pada energi tubuh. Hal ini menyebabkan Anda menjadi lebih segar dan prima. Udara yang bersih dan bebas polusi pun dapat membantu otak bekerja lebih baik. Maka dari itu, jangan heran jika Anda menjadi lebih fokus!

Itulah mengapa ketika Anda terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, tubuh akan merasa lebih lemas. Padahal, Anda tidak melakukan aktivitas tubuh yang berat. Manfaat udara bersih bagi kesehatan akan lebih optimal jika Anda rajin berolahraga dan menghirup oksigen segar di pagi hari. 

5. Memperbaiki suasana hati

Ketika sedang berjalan-jalan di taman atau alam, coba perhatikan. Bukankah perasaan dan mood Anda lebih baik dan rileks? Itu adalah salah satu manfaat udara bersih bagi kesehatan. Cobalah untuk menghirupnya di saat jenuh atau banyak beban pikiran. Udara yang bersih berguna juga untuk kesehatan mental Anda.

6. Menyelamatkan nyawa

Tahukah Anda, dalam setahun kehadiran pohon-pohon rindang yang asri dapat menyelamatkan 850 nyawa? Pohon yang berfotosintesis juga dapat mencegah sebanyak 670.000 penyakit pernapasan. Itu hanya segelintir dari manfaat udara bersih bagi manusia. Polusi udara yang buruk dapat dinetralisir oleh kehadiran pohon-pohon yang ada. 

7. Berguna bagi jantung

Berkurangnya oksigen dalam tubuh menyebabkan darah tidak dapat berjalan lancar. Darah yang tidak lancar dapat menambah beban jantung. Hal ini yang dapat memicu penyakit lain seperti jantung koroner, stroke, dan sebagainya. Oleh karena itu, kita perlu memaksimalkan manfaat udara bersih bagi kesehatan. 

Sayang sekali, untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan akan lebih sulit mendapatkan manfaat udara bersih bagi tubuh. Hal ini dikarenakan tingkat polusi yang lebih tinggi dengan banyaknya kendaraan yang ada. Padahal, udara bersih memiliki banyak peranan untuk tubuh yang tentunya dapat memperpanjang usia. 

Salah satu cara untuk mendapatkan udara bersih adalah dengan menyempatkan diri untuk berolahraga di pagi hari. Udara di pagi hari masih sangatlah sejuk dan belum terkontaminasi polusi dari asap-asap kendaraan. Beruntunglah Anda yang tinggal di daerah pegunungan dengan pepohonan yang rimbun. Anda bisa merasakan manfaat udara bersih bagi kesehatan setiap harinya. 

Tips Ampuh Mendapatkan Udara Bersih di Rumah

Tetapi tenang saja, untuk Anda yang tinggal di kota, Anda tetap bisa mendapatkan udara bersih di rumah. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan mengingat betapa banyaknya manfaat yang dihasilkan oleh udara bersih bagi tubuh. Caranya pun simpel dan mudah saja. Apa sajakah itu?

1. Memperhatikan sirkulasi udara

Udara yang bersih dapat diperoleh dengan rajin-rajin membuka pintu dan jendela rumah Anda. Anda akan mendapatkan pergantian udara yang lebih baik, terlebih jika membuka jendela di pagi hari. Membuka jendela juga dapat mencegah kelembaban udara yang mengendap.

2. Memelihara tanaman hias

Untuk mendapatkan manfaat udara bersih bagi kesehatan, Anda juga bisa memelihara tanaman hias. Selain memperindah suasana rumah Anda, tanaman seperti lidah mertua, lili, dan sri rejeki dapat membersihkan udara, lho. Anda dapat memilih tanaman yang dapat diletakkan di ruangan dengan tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

3. Memasang pembersih udara

Pembersih udara atau humidifier sudah menjadi tren untuk mendapatkan udara bersih di rumah Anda. Untuk mendapatkannya pun mudah. Anda bisa membelinya di marketplace langganan. Pembersih udara berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan jamur, bau, dan kontaminasi kotoran lainnya. 

4. Melakukan servis AC berkala

AC memiliki potensi yang besar untuk dapat menjadi tempat berkembang kuman dan jamur. Jika Anda memasang pendingin ruangan di rumah, ada baiknya sering lakukan pembersihan berkala. Anda harus mengganti air dan penyaringnya supaya sirkulasi udara tidak tercemar dan mendapatkan manfaat udara bersih bagi kesehatan secara optimal.

5. Mempertimbangkan ventilasi

Ventilasi udara berfungsi untuk meminimalkan kelembapan udara yang ada di rumah. Perbanyak ventilasi di kamar, dapur, maupun kamar mandi. Ventilasi dapat memperlancar sirkulasi dan mengeluarkan uap dari kamar mandi. Ini membantu mengurangi nitrogen dioksida yang biasanya dihasilkan oleh kompor gas.

6. Jangan biarkan sampah menumpuk

Sampah yang menumpuk di tempat sampah, baik itu basah maupun kering sebaiknya rajin Anda bersihkan. Selain menimbulkan bau tidak enak, sampah dapat mencemari udara dan memicu alergi. Baiknya pilihlah tempat sampah yang memiliki tutup agar aroma tidak sedap dapat tertahan.

7. Bersihkan karpet rumah

Selain menambah estetika, meletakkan karpet di rumah mungkin dapat membuat lantai lebih hangat. Tetapi jika karpet tidak dibersihkan, manfaat udara bersih bagi kesehatan tidak dapat Anda rasakan. Karpet menyimpan banyak debu, bakteri, hingga racun yang berbahaya untuk kesehatan, lho. Maka dari itu, bersihkanlah karpet secara rutin.

Mengingat kita tidak dapat hidup tanpa udara, alangkah baiknya jika mulai dari sekarang kita peduli dengan kebersihan udara. Manfaat udara bersih bagi kesehatan amatlah banyak, dan kesehatan juga mahal harganya. Dengan menjaga kebersihan di rumah dan menghirup udara yang segar, otomatis kesehatan tubuh kita pun akan lebih terjaga.

Post a comment for "7 Manfaat Udara Bersih Bagi Kesehatan, No. 5 Tidak Disangka!"