Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Fakta Mengapa Seseorang Mendengkur Saat Tidur

Lima Fakta Mengapa Seseorang Mendengkur Saat Tidur! Anda mungkin pernah menemukan orang yang suka mendengkur saat tidur, atau Anda sendiri mungkin pernah mendengkur saat tidur. Terkadang mendengkur bisa sangat mengganggu bagi siapa pun yang mendengar, meskipun itu bukanlah perilaku berbahaya.

Sayangnya, terkadang mendengkur dapat menandakan masalah kesehatan yang lebih serius bagi pelaku. Jadi jika Anda atau pasangan Anda mendengkur, maka baca terus ulasan berikut untuk mengetahui apa artinya.

mengapa seseorang mendengkur

Fakta Mengapa Seseorang Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur disebabkan oleh saluran napas yang menyempit

Saat tidur, otot tenggorokan Anda akan rileks dan menyebabkan saluran napas Anda menyempit. Jadi ketika Anda menarik dan membuang napas, jaringan yang rileks itu mungkin mulai bergetar, menghasilkan suara dengkuran yang keras. Semakin sempit jalan napas, maka semakin keras suara dengkurannya. Ini menjadi salah satu faktor mengapa seseorang mendengkur.

Itulah mengapa orang yang suka mendengkur dianjurkan untuk tidur miring. Karena ketika ia tidur telentang, maka jaringan yang rileks cenderung "jatuh" lebih jauh ke arah belakang tenggorokan. Dan ini akan mempersempit saluran napas Anda, yang akhirnya membuat dengkuran.

Faktor penuaan, anatomi, alergi, dan alkohol turut berperan

Banyak faktor bisa menjadi penyebab mengapa seseorang mendengkur. Yang pertama adalah pertambahan usia. Seiring bertambahnya usia, otot tenggorokan Anda akan secara alami mengendur, yang artinya Anda akan lebih sering mendengkur. Kedua, masalah anatomi seperti amandel yang membesar atau septum yang menyimpang. Kondisi ini dapat mempersempit tenggorokan, sama halnya seperti radang hidung atau radang tenggorokan selama musim alergi. Terakhir adalah alkohol. Ini adalah pelemas otot yang kuat, dan jika dikonsumsi sebelum tidur hanya akan memperparah dengkuran.

Faktor kelamin dan genetik juga berpengaruh

Sebanyak setengah dari populasi manusia pernah mengalami mendengkur selama hidup mereka. Kebiasaan mendengkur ini lebih sering terjadi pada pria, dengan persentase 40 persen dibandingkan 24 persen (untuk wanita). Sementara itu, komponen genetik juga berpengaruh pada perilaku mendengkur ini. Yang artinya, jika salah satu orang tua Anda mendengkur, maka kemungkinan besar Anda juga akan melakukan hal yang sama.

Perubahan gaya hidup tertentu dapat mencegah atau meminimalkan dengkuran

Sebagian alasan mengapa seseorang mendengkur yakni karena gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, modifikasi kecil dari gaya hidup Anda akan sedikit membantu. Tidur menyamping, melewatkan segelas anggur atau alkohol setiap malam, dan fokus menjaga berat badan yang sehat akan menjauhkan dengkuran. Perlu Anda ketahui, berat badan ekstra juga dapat menjadi penyebab seseorang mendengkur. Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki jaringan di tenggorokan yang lebih tebal sehingga dapat mempersempit jalannya napas.

Langkah lainnya untuk meminimalkan dengkuran yakni dengan menggunakan obat-obatan. Tidur dengan strip hidung atau menggunakan dekongestan (untuk meredakan alergi atau peradangan terkait flu) akan membuat pernapasan Anda lebih mudah. Terutama selama musim alergi. Pilihan pengobatan lainnya termasuk latihan oropharyngeal, suatu bentuk terapi fungsional untuk lidah dan mulut Anda untuk mengurangi dengkuran.

Mendengkur dapat mengindikasikan suatu kondisi medis

Jika perubahan gaya hidup dan obat-obatan tidak membantu mengurangi dengkuran, maka kemungkinan besar mengapa seseorang mendengkur yakni karena kondisi medis. Jika Anda terbangun di malam hari karena gangguan pernapasan, maka bicarakan kondisi Anda dengan dokter.

Dokter mungkin akan merekomendasikan tes untuk apnea tidur (suatu gangguan tidur di mana pernapasan melambat atau berhenti sejenak). Jika Anda didiagnosis apnea tidur, maka ada beberapa langkah untuk meminimalkannya. Ini termasuk menggunakan alat continuous positive airway pressure (CPAP), perangkat oral, operasi, dll.

Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa seseorang mendengkur. Dan alasan utamanya yakni karena penyumbatan saluran pernapasan. Jika Anda termasuk orang yang suka mendengkur, maka yang perlu dipertimbangkan adalah memastikan jalan napas Anda tetap terbuka selama tidur.


Post a comment for "Lima Fakta Mengapa Seseorang Mendengkur Saat Tidur"