Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Sepelekan, Ini 5 Manfaat Olahraga Rutin yang Bisa Kamu Dapatkan

Jangan Sepelekan, Ini 5 Manfaat Olahraga Rutin yang Bisa Kamu Dapatkan! Tidak dapat dipungkiri jika olahraga mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Bukan saja untuk kesehatan fisik, namun juga baik untuk kesehatan mental. Sehingga dengan rajin beolahraga, seorang tersebut juga telah mengusahakan peningkatan kualitas hidupnya.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk berolahraga? Sebanarnya tidak ada kewajiban untuk Anda memanfaatkan waktu-waktu tertentu. Hanya saja, olahraga yang Anda lakukan ketika hari sedang terik maupun hari sedang dingin-dinginnya justru dapat timbulkan bahaya. Karenanya, pagi atau sore hari menjadi waktu yang paling efektif dan disarankan untuk Anda berolahraga.

manfaat olahraga

5 Manfaat Olahraga Rutin yang Bisa Anda Dapatkan

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Mulai olahraga di dalam ruangan seperti yoga dan squat maupun olahraga di luar ruangan seperti jogging maupun bersepeda. Dan yang paling penting, berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga yang bisa Anda dapat dengan rutin melakukannya.

Bantu jaga berat badan

Ada banyak faktor yang sebabkan kegemukan, salah satunya adalah tidak terkontrolnya kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori-kalori yang tidak dibutuhkan oleh tubuh ini akan disimpan sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Karena inilah, menjadi kewajiban orang yang lakukan diet sehat untuk mengontrol asupan kalorinya. Nah, olahraga yang Anda lakukan teratur akan bantu proses pembakaran kalori sehingga dapat mengontrol berat badan Anda.

Bantu kesehatan tulang

Manfaat olahraga rutin berikutnya adalah dapat memperkuat kesehatan tulang dan otot. Ini karena olahraga seperti jalan sehat, jogging, skipping, dan lain-lain merupakan olahraga yang bantu tingkatkan kepadatan tulang. Sehingga bisa dikatakan, jika dengan melakukan beberapa olahraga tersebut, Anda akan kurangi risiko osteoporosis di masa mendatang.

Kurangi risiko penyakit jantung

Selain kurangi risiko ostoeporosis, olahraga yang Anda lakukan juga dapat mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung maupun stroke. Ini karena di antara efek yang muncul ketika olahraga adalah meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL). Sebaliknya, kadar kolestrol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) akan menurun. Dengan rutin berolahraga pula, jantung dapat mengalirkan darah dengan lancar, sehingga risiko serangan stroke akan menurun.

Tingkatkan kualitas tidur

Manfaat olahraga secara rurin berikutnya adalah dapat memperbaiki suasana hati. Kondisi ini bisa Anda dapat karena ketika berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorphin. Hormon ini merupakan hormon yang fungsinya adalah untuk kekebalan tubuh. Dengan hormon yang satu ini, Anda akan merasa rileks dan dapat lebih mudah mengontrol emosi. Selain itu, endorphin yang diproduksi alami oleh tubuh ini juga dapat tingkatkan kualitas tidur Anda.

Kurangi stres

Stressor atau penyebab stress umumnya adalah permasalahan yang kompleks. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab Anda bisa mengatasinya sendiri. Anda hanya perlukan waktu yang berkualitas untuk Anda sendiri. Dibanding dengan merenung dan mengurung diri, Anda bisa lakukan kegiatan yang lebih banyak manfaatnya, dengan olahraga misalnya. Sebab manfaat endorfin yang dihasilkan tubuh adalah dapat hilangkan stress yang Anda alami.

Mengingat banyaknya manfaat olahraga, maka sudah sepatutkan Anda memiliki jadwal khusus untuk melakukannya. Nah, jika kendalanya adalah kesibukan, maka Anda pun bisa melakukan olahraga ringan, seperti push up, sit up, plank, dan lain sebagainya. Manfaat olahraga ringan yang bahkan bisa Anda lakukan di rumah atau di kantor tersebut adalah membuat Anda tampilkan aura segar setiap harinya.


Post a comment for "Jangan Sepelekan, Ini 5 Manfaat Olahraga Rutin yang Bisa Kamu Dapatkan"