Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Penyebab Dan Langkah Pengobatan Jempol Tangan Sakit Yang Benar

Ini Penyebab Dan Langkah Pengobatan Jempol Tangan Sakit Yang Benar! Jari tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering digunakan saat beraktivitas. Akibatnya, tidak sedikit dari kita yang merasa sakit pada jari setelah beraktivitas. Biasanya bagian jari yang sering sakit adalah jempol.

Menangani jempol tangan yang sakit itu ada banyak cara. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan dengan penyebabnya masing-masing. Dengan begitu, pengobatan bisa tepat sasaran dan tidak membuat sakit pada jempol makin berkepanjangan. Untuk penyebab dan langkah pengobatannya, Anda bisa cek ulasan berikut.

jempol tangan sakit

Ini Penyebab Dan Langkah Mengobati Jempol Tangan Sakit

Jempol tangan yang sakit bisa disebabkan karena banyak hal. Semua ini sesuai dengan bagian jempol mana yang terasa sakit. Misalnya seberapa sering keluhan tersebut muncul dan gejala apa saja yang dirasakan. Berikut deretan kondisi kesehatan yang menyebabkan jempol tangan sakit:

Basal Joint arthritis

BJA ini disebabkan karena tulang rawan antara pergelangan tangan dan pangkal jempol melemah. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena beragam masalah, misalnya peradangan sendi, radang sendi karena penyakit autoimun hingga cidera di ibu jari. Gejala yang sering muncul antara lain nyeri, bengkak dan kaki di bagian sendi ibu jari.

Selain itu, kulit di bagian sendi jempol juga memerah dan lunak ketika disentuh. Terbatasnya ruang gerak jempol juga bisa menjadi gejala penyakit ini. Agar jempol tangan sakit ini tidak makin parah, Anda harus memeriksakannya ke dokter untuk didiagnosa. Selain itu, Anda juga bisa melakukan latihan gerakan jembol tangan supaya gerakan jembol tetap stabil.

Terkilir

Rusaknya bagian ligamen ibu jari bisa memicu terjadinya keseleo. Ligamen menjadi jarngan penghubung tulang satu dengan lainnya. ketika terkilir, Anda bisa menemukan gejala seperti nyeri, bengkak dan memar di bagian jempol tangan. Untuk mengatasu masalah ini, Anda bisa menerapkan prinsip RICE.

Apa itu? R atau rest merupakan mengistirahatkan jempol tangan sementara waktu hingga rasa sakitnya hilang. I atau Ice merupakan menbgusapkan es batu yang sudah dibungkus kain di jari selama 10 menit. C atau compress merupakan pemberian tekanan di jempol tangan sakit dengan perban elastis supaya pembengkakan tidak terjadi. Terakhir adalah Elevate dengan mengangkat tangan supaya posisinya lebih tinggi dibanding jantung.

Tulang patah atau retak

Patah atau retaknya tulang di bagian jempol tangan juga bisa menyebabkan jempol terasa sakit. Rasa sakit ini bahkan bisa menyebar ke lengan bawah hingga pergelangan tangan. Tentu saja ini rasa sakit yang luar biasa sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Supaya posisi tulang tidak bergeser, Anda bisa memakai gips. Namun tindakan tambahan seperti operasi sangat diperlukan jika ada pergeseran karena tulang patah ataupun retak yang sudah serius. Dengan operasi tentunya posisi tulang bisa kembali seperti semula.  Dan akhirnya jempol tangan sakit bisa teratasi.

De Quervains tenosynovitis (DQT)

Penyakit ini kerap menyerang wanita yang berusia 30 hingga 50 tahun. DQT ini disebabkan karena radang yang terjadi di bgaian tendon jempol tangan. Gejala yang paling umum terlihat adalah nyeri di bagian pangkal ibu jari serta pergelangan tangan. Kesulitan untuk mengepalkan tangan hingga sulit untuk menggenggam tangan.

Pengobatan DQT ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid agar bisa meredam nyeri dan radang di bagian tangan tersebut. Jika kondisi jempol tangan sakit cukup parah, dokter dapat memakai bebat untuk mencegah terjadinya gerakan yang terlalu belebihan atau bahkan juga bisa melakukan operasi.

 

Post a comment for "Ini Penyebab Dan Langkah Pengobatan Jempol Tangan Sakit Yang Benar"