Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona di Jawa Barat, Khusus Ciayumajakuning

Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona di Jawa Barat, Khusus Ciayumajakuning - Virus corona yang menjadi pandemi masyarakat dunia, mengharuskan pemerintah di suatu negara menyediakan tempat khusus bagi pasien yang terdampak corona. Indonesia sendiri telah menyulap wisma atlet sebagai salah satu rumah sakit rujukan terbesar untuk pasien corona. Untuk kali ini akan dibahas beberapa daftar rumah sakit rujukan di Jawa Barat.

rumah sakit rujukan corona

Rumah Sakit Rujukan Corona di Jawa Barat

Selain Jabodetabek, di Jawa Barat juga ada 4 kota yang biasa disingkat menjadi satu karena letaknya yang berdekatan. Nama kota-kota tersebut adalah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan yang terkenal dengan singkatan Ciayumajakuning. Keempat wilayah tersebut, dua diantaranya masih berstatus zona merah corona yaitu Cirebon dan Kuningan. Nah, jika Anda berada di salah satu wilayah tersebut, berikut daftar rumah sakit rujukannya.

Rumah Sakit Rujukan Corona di Cirebon

Cirebon sebagai kota yang dikenal dengan sebutan kota udang ini, memiliki sekitar 20 rumah sakit yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan corona di Cirebon adalah RSUD Gunung Jati yang bertempat di Jalan Kesambi Raya No. 56, Kec. Drajat, Kesambi, Cirebon.

Rumah sakit ini telah memiliki  ruang isolasi yang terdiri dari empat tempat tidur untuk perawatan biasa dan dua tempat tidur untuk perawatan intensif. Selain itu ada juga ruang isolasi baru yang telah memiliki kapasitas 29 tempat tidur. Jika, Anda atau orang di sekitar Anda ada yang merasakan gejala covid-19, Anda bisa segera menghubungi nomor telepon RSUD Gunung Jati berikut (0231) 202441 atau (0231) 206330.

Rumah Sakit Rujukan Corona di Indramayu

Berawal dari kata Darma Ayu yang lama kelamaan berubah menjadi Dermayu atau In Darmayu, kota ini akhirnya bernama Indramayu. Memiliki kurang lebih 20 rumah sakit pemerintah daerah maupun swasta, rumah sakit rujukan corona di kota ini adalah RSUD Indramayu. Rumah Sakit ini berada di Jl. Murahnara No. 7, Kec. Sindang, Kab. Indramayu, rumah sakit ini punya 2 ruang isolasi.

Ruang isolasi tersebut diberi nama ruang cengkir 1 dan ruang cengkir 2, masing-masing ruang tersebut memiliki sekitar 22 dan 23 tempat tidur untuk merawat pasien positif Covid-19. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi RSUD Indramayu di nomor (0234) 272655.

Rumah Sakit Rujukan Corona di Majalengka

Berdasarkan sejarahnya Kota Majalengka dahulu memiliki buah Maja, namun buah tersebut akhirnya menjadi buah langka dan hilang dari peredaran. Kota yang memiliki luas wilayah 1204 km2 ini, punya 11 rumah sakit, baik itu rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Adapun untuk penanganan pasien Covid-19, rumah sakit rujukan corona di kota ini adalah RSUD Cideres.

Bertempat di  Jalan Raya Barat Cideres Nomor 180, Bojongcideres, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45453, rumah sakit ini memiliki 12 ruang isolasi untuk merawat pasien Covid-19. Untuk menghubungi rumah sakit ini, Anda cukup menelepon ke nomor (0233) 661003

Kuningan

Memiliki setidaknya 12 rumah sakit, baik itu milik pemerintah daerah maupun swasta, kota Kuningan saat ini sedang masuk ke dalam zona merah Covid-19. Berdasarkan data terbaru bahwa perubahan zona yang cukup signifikan di kabupaten Kuningan dikarenakan munculnya klaster pesantren. Untuk menangani hal tersebut bupati Kuningan telah siap dengan mengoptimalkan rumah sakit rujukan corona yaitu eks gedung RS Citra Ibu.

Rumah Sakit ini berada di Jalan Ciharendong Nomor 9, Cigugur, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45511. Dengan 28 ruang perawatan untuk tempat isolasi khusus pasien Covid-19, rumah sakit ini bisa Anda hubungi melalui nomor telepon (0232) 871222.

Demikian daftar rumah sakit rujukan corona di Jawa Barat, khususnya Ciayumajakuning yang bisa Anda akses dengan cepat, manakala ada keluarga atau teman yang terindikasi Covid-19. Tetap pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan ya, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.


Post a comment for "Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona di Jawa Barat, Khusus Ciayumajakuning"