Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penanganan Pasien Anak Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Corona

Cara Penanganan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Corona – Covid-19 dapat menyerang anak-anak meskipun risiko terpapar lebih rendah. Akan tetapi, tetap harus waspada dengan virus yang berbahaya ini. jangan sampai anak-anak tertular atau terpapar Covid-19. Sehingga, diperlukan pemahamanagar anak-anak menyadari akan pentingna menjaga kesehtan, terutama menjaga kebersihan.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk terhindar Covid-19 adalah dengan menghindari faktor-faktor penyebabnya. Adapun faktor untuk menghindari virus Covid-19, yaitu menerapkan pola hidup sehat supaya daya tahan tubuh kuat dan tetap di rumah saja . Patuhi juga protokol kesehatan, jika akan beraktivitas di luar rumah.

 

Apabila anak terpapar virus Corona, kemudian harus dibaawa ke rumah sakit rujukan Corona tentu memakai prosedur yang sudah ditetapkan. Ada perbedaan penangan antara pasien anak dan dewasa yang terkena virus Corona ketika berada di rumah sakit. Perbedaan diterapkan agar anak tidak merasa takut.


rumah sakit rujukan Corona

Ciri-Ciri dan Gejala Virus Corona Pada Anak Sebelum Dibawa Ke Rumah Sakit Rujukan Corona

 

Menjaga imunitas tubuh dengan cara pola hidup sehat sangat penting diterampkan. Melalui makanan sehat, vitamin, dan asupan gizi yang cukup baik akan membantu tubuh untuk tetap terjaga kesehatannya. Sehingga, bisa terhindar dari virus. Begitu juga dengan anak-anak untuk diperhatikan gizi dan imun tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus. Tidak lupa untuk mengingatkan dan mengajarkan hidup bersih serta menjaga kebersihan.

 

Apabila menunjukkan gejala dan ciri Covid-19 harus ke rumah sakit rujukan Corona. Gejala virus Corona yang terjadi pada anak meliputi gejala sistemik (demam, malaise, fatigue, nyeri kepala, dan malgia). Kemudian, gejala yang ditimbulkan pada saluran pernapasan (batuk, pilek, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, dan sesak napas). Sedangkan, gejala lain bisa diare, muntah, dan mual.

 

Disebutkan Malaise merupakan adanya perasaan tidak nyaman, pegal-pegal, dan lelah tanpa ada kejelasan yang pasti. Fatigue merupakan kelelahan disertai letih dan lemah yang dampaknya akan mempengaruhi aktivitas dan produktivitas sehari-hari. sedangkan, pada anak dan bayi, gejala dan ciri virus Corona disebut myalgia yaitu istilah medis nyeri otot. Keadaan nyeri otot dapat terjadi di seluruh tubuh yang menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman.

 

Adapun faktor risiko dari virus Corona dapat timbul sebab kontak erat dengan PDP, dan kasus terkontaminasi Covid-19. Lalu, bepergian dan tinggal di negara atau wilayah/area yang terjangkit Covid-19. Sehingga, diperlukan kewaspadaan ketika terpaksa harus ke luar rumah atau bepergian. Tidak lupa periksa jika telah pergi jauh ke rumah sakit rujukan Corona.

 

Cara Penanganan Pasien Anak Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Covid-19

 

Anak terpapar virus Corona jika tidak diperbolehkan penanganan di rumah harus dibawa ke rumah sakit. Hal itu, apabila sudah timbul gejala dan ciri dari virus Corona. Dengan penanganan yang maksimal dan cepat tentu semakin baik, karena mengingat berbahayanya penularan virus Corona.

 

Cara penanganan pasien anak yang terkena virus Corona di rumah sakit rujukan Corona, yaitu isolasi. Namun, masa isolasi anak didampingi oleh Ayah/Ibu/kerabat. Sehingga, tidak sendirian. Pendamping selalu menggunakan protokol kesehatan, seperti APD sesuai standar Covid-19 dan tidak boleh keluar ruangan selama isolasi. Kemudian, pengobatan sesuai keluahan pasien, sebab beluam ada obat dan vaksin untuk Covid-19.

 

Apabila datang ke rumah sakit mengeluh gejala pneumonia (infeksi paru-paru). Maka, diobati sesuai pengobatan pneumonia. Lalu, mengusahakan untuk istirahat cukup. Untuk pakaian tidak boleh dicampur dengan pendamping maupun keluarga. Ajak anak untuk bersemangat dan nergembira agak pemulihan kondisi lebih cepat, serta hindari trauma psikis.

 

Pencegahan penyebaran virus Corona supaya tidak semakin menyebar dengan mematuhi protokol kesehatan. Jika anak terpapar virus Corona sebaiknya dilakukan isolasi baik di rumah sakit rujukan Corona maupun isolasi mandiri di rumah. Dengan memperhatikan, menjalankan, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat akan meminimalisir terpapar Covid-19.


Post a comment for "Cara Penanganan Pasien Anak Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Corona"

Berlangganan via Email