Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Untuk Pekerja Shift

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Untuk Pekerja Shift! Kebanyakan orang yang bekerja shift biasanya sulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Terutama ketika mereka menjalani shift malam, dini hari, atau shift bergilir. Seiring waktu, jadwal ini bisa menyebabkan karyawan mengalami gangguan kerja shift. Ini adalah kondisi yang ditandai dengan gejala insomnia saat mereka mencoba untuk tidur, serta kelelahan yang berlebihan saat mereka bekerja.

Gangguan kerja shift ini tidak hanya menyebabkan gangguan kognitif dan komplikasi fisik. Tetapi, ini juga mempengaruhi kinerja kerja dan membuat pekerja lebih rentan terhadap kesalahan dan kecelakaan. Untuk itu, istirahat malam yang cukup dan perilaku yang waspada saat bangun, sangat penting bagi setiap pekerja shift. Bagi banyak orang, menerapkan jadwal tidur yang konsisten dan menciptakan lingkungan kamar tidur yang kondusif untuk istirahat akan berdampak besar.

cara mengatasi gangguan tidur

Cara Mengatasi Gangguan Tidur dan Mengatur Jadwal Tidur Pekerja Shift

Konsistensi Tidur Meski Tidak bekerja

Banyak karyawan cenderung mengalami gangguan kerja shift karena pola tidur yang sering berubah-ubah. Oleh karena itu cara mengatasi gangguan tidur mereka bisa dengan konsintensi jadwal tidur. Ini adalah kunci bagi banyak karyawan yang bekerja dengan jadwal shift malam. Jadi, katakanlah Anda biasa bangun jam 5 sore untuk shift malam, lalu tidur jam 8 pagi setelah pulang kerja. Maka Anda juga harus menjaga jadwal tidur-bangun ini di hari libur Anda.

Jelas, ini sulit dilakukan. Jadi pastikan anak-anak, teman sekamar, atau siapa pun yang berbagi rumah dengan Anda, memahami pentingnya waktu tidur yang Anda tentukan. Mereka seharusnya tidak membangunkan Anda, kecuali ada keadaan darurat yang benar-benar penting.

Mengurangi Gangguan Suara dan Cahaya Saat Tidur

Paparan cahaya dan kebisingan mungkin menjadi masalah lain untuk tidur Anda di siang hari. Jadi cara mengatasi gangguan tidur ini bisa dengan mengurangi gangguan seminimal mungkin. Cobalah tidur dengan penutup mata jika kamar tidur Anda cenderung terang di siang hari. Sementara itu, cobalah gunakan penyumbat telinga untuk memblokir kebisingan dari luar. Kecuali Anda sedang menelepon, pertimbangkan untuk mematikan ponsel saat Anda tidur.

Tidak Langsung Tidur Setelah Pulang Kerja

Daripada langsung tidur, beberapa pekerja shift lebih memilih untuk begadang selama beberapa jam setelah tiba di rumah. Ini adalah cara sama yang dilakukan seseorang setelah seharian bekerja dengan jadwal normal jam 8-16. Dengan cara ini, para pekerja bisa bangun lebih dekat dengan waktu ketika mereka memulai shift berikutnya. Sebagian pekerja memerlukan tidur siang selama beberapa jam setelah sampai di rumah di pagi hari. Kemudian mereka tidur lebih lama pada jam-jam yang mengarah ke waktu mulai shift berikutnya.

Relaksasi Sebelum Tidur

Sebelum tidur, pertimbangkan mandi air panas, meditasi, atau aktivitas relaksasi lainnya sebagai cara mengatasi gangguan tidur. Melakukan kegiatan relaksasi akan membuat pikiran Anda lebih rileks dan bisa tertidur lebih nyenyak. Sementara itu, hindari mengkonsumsi kafein, alkohol, atau obat penenang lainnya sebelum tidur. Karena ini dapat menyebabkan gangguan tidur, serta berdampak pada ritme bangun-tidur Anda.

Tentukan Durasi Tidur Anda

Menemukan durasi tidur yang tepat untuk Anda mungkin perlu beberapa trial and error. Kuncinya adalah cukup tidur setiap 24 jam. Kebanyakan orang dewasa yang berusia 18-64 tahun, dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari. Sementara untuk orang dewasa berusia 65 tahun ke atas, bisa tidur 7-8 jam sehari. Untuk Anda yang bisa bertahan dengan sedikit waktu tidur, maka jangan tidur kurang dari 5-6 jam sehari. Dan untuk Anda yang membuhkan waktu lebih banyak untuk tidur, maka jangan melebihi 10-11 jam per hari.

Perubahan jam tidur selama bekerja shift akan mengganggu kesehatan Anda. Untuk itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi gangguan tidur ini. Jika Anda bekerja dengan jadwal bergilir dan membuat lelah, maka pertimbangkan untuk berbicara dengan supervisor Anda. Mereka mungkin dapat menyesuaikan shift dan memberikan Anda jadwal lebih baik.


Post a comment for "Cara Mengatasi Gangguan Tidur Untuk Pekerja Shift"