Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah Menteri Kesehatan Terawan Sampaikan Tak Usah Pakai Masker?

Benarkah Menteri Kesehatan Terawan Sampaikan Tak Usah Pakai Masker? - Seperti kita ketahui,virus covid 19 masih belum berakhir. Beberapa protokol kesehatan masih wajib dilakukan diantaranya menggunakan masker saat bepergian. Orang sehat pun saat ini sangat dianjurkan menggunakan masker. Hal ini sangat bertentangan dengan pernyataan menteri kesehatan tersebut beberapa bulan yang lalu.

Sekitar 7 bulan yang lalu beberapa stasiun televisi, salah satunya KOMPAS TV menanyangkan pernyataan menkes mengenai penggunaan masker. Saat itu, media gencar memberitakan mengenai pernyataan menkes yang cukup fenomenal bahwa orang sehat tidak usah pakai masker. Pernyataan tersebut kontras dengan kondisi saat ini yaitu semua orang dihimbau mengenakan masker terutama saat bepergian.

menteri kesehatan Terawan

Tentunya masih teringat dalam benak kita bahwa masker sempat menjadi barang langka yang diperebutkan. Orang berbondong-bondong membeli masker karena takut kehabisan amunisi untuk pertahanan diri. Hal ini menyebabkan stok masker menipis dan harganya pun naik berkali lipat. Akhirnya, orang yang benar-benar sakit bahkan tenaga medis banyak yang tidak kebagian masker. Inilah mungkin yang menyebabkan menteri kesehatan Terawan mengumumkan orang sehat tidak usah pake masker.

Atas pernyataan yang fenomenal tersebut, MENKES sembat dibuli warga net. Terlebih selang satu bulan pasca pernyataan itu beliau mulai sering terlihat mengenakan masker. Salah satu momennya yang paling disoroti adalah ketika beliau mengenakan masker dan sarung tangan saat mendampingi menhan Prabowo menerima alat kesehatan dari Cina. Padahal sebelumnya beliau menegaskan bahwa hanya orang sakit yang memerlukan masker dan orang sehat hanya perlu meningkatkan daya imun.

Menkes Terawan Mengatakan Orang Sehat Pun Wajib Pakai Masker

Menurut menteri kesehatan Terawan Agus Putranto, saat ini semua orang dianggap positif corona meski tidak dalam kondisi sakit sehingga harus ikhlas mengenakan masker. Banyak yang menilai pernyataan tersebut akan menjadi bumerang bagi sebagian orang, karena bisa menjadikan orang ketakutan sehingga daya tahan tubuhnya menurun. Di sisi lain, sebagian beropini bahwa pernyataan itu justru ditujukan agar masyarakat semakin peduli untuk menjaga dirinya masing-masing.

Hingga 27 September 2020, kurva covid 19 semakin meningkat yaitu tercatat 275.213 namun angka kesembuhan pun juga meningkat sebanyak 3.611. Inilah yang mendasari kontranya pernyataan Pak Terawan antara dulu dan sekarang. Sekitar awal tahun 2020, pemerintah Indonesia masih optimis bahwa virus covid tidak akan masuk negara Indonesia. Faktanya, sejak bulan Maret angka penyebaran virus corona semakin hari terus meningkat hingga pemerintah mengadakan rumah sakit darurat.

Pro Kontra Pernyataan Menteri Kesehatan Terawan

Menurut Ibu Nihayatul Wafiroh, Wakil Ketua Komisi 9 DPR Fraksi PKB, wajar jika dulu menteri kesehatan Terawan menyampaikan tidak usah pakai masker karena di Indonesia kasus positifnya masih sedikit. Pesan yang disampaikan tersebut bertujuan rakyat punya kewaspadaan yang tinggi untuk menggunakan masker setiap hari bukan untuk menakut-nakuti.

Sedangkan menurut Pandu Riono, Epidemiolog UI mengatakan bahwa Pak Menkes terlambat menyampaikan setiap orang punya potensi menularkan. Padahal di bulan Maret saat kasus positif pertama terdeteksi maka terbukti sudah ada local transmition. Seharusnya dari dulu dikampanyekan dengan gencar tentang pengenaan masker dibanding hanya memikirkan vaksin penangkal terbaik.

Beliau juga menambahkan, menteri kesehatan Terawan seharusnya menggunakan istilah tidak bergejala agar masyarakat tidak bingung dengan istilah semua orang positif corona. Jika pernyataan ini disampaikan dari dulu dan 85% masyarakat mematuhi protokol kesehatan, maka beliau yakin bahwa angka covid cepat menurun.

Hal penting yang harus diperhatikan menurut menteri kesehatan Terawan adalah bukan hanya pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak. Setiap orang harus hidup sehat secara keseluruhan yaitu meningkatkan daya imun dengan cara olahraga dan makan nutrisi yang cukup. Jadi perhatikan betul ya.


Post a comment for "Benarkah Menteri Kesehatan Terawan Sampaikan Tak Usah Pakai Masker?"