Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Maksud dari Protokol KesehatanCovid?

Apa Maksud dari Protokol Kesehatan Covid Semenjak wabah Corona merebak di Wuhan, China, Indonesia pun terus mengampanyekan 3M sebagai langkah awal melakukan protokol kesehatan. Memang pada awalnya masih banyak yang abai pada aturan baru ini, sehingga tak dipungkiri semakin hari, semakin banyak yang terinfeksi corona virus. Namun berkat kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat Indonesia, maka program tersebut dapat dimaksimalkan.

Hal tersebut mungkin terjadi karena minimnya informasi yang mengedukasi aturan yang baru diberlakukan tersebut, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Banyaknya masyarakat yang tidak atau belum memahami apa maksud dari protokol kesehatan inilah yang menjadi PR besar bagi kita semua, khususnya pemerintah daerah. Lalu bagaimana langkah yang harus ditempuh oleh pemerintah pusat maupun daerah berkaitan dengan hal tersebut, dapatkah program ini efektif di masyarakat?

protokol kesehatan covid

Program 3M Dan Tujuan Dari Protokol Kesehatan Covid

Maksud dari program protokol kesehatan covid adalah aturan dan ketentuan yang harus diikuti oleh semua pihak untuk tetap dapat beraktivitas normal di masa pandemi Covid-19. Adapun program yang sudah diterapkan adalah 3M, yaitu menjaga jarak aman, memakai masker dan mencuci tangan baik itu mengunakan air dan sabun, maupun handsanitizer. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk mencegah penyebaran corona virus yang penyebarannya meningkat secara signifikan, adapun 3M yang harus diperhatikan:

Menjaga Jarak

Seperti himbauan dari pemerintah, menjaga jarak aman ini wajib diperhatikan, untuk menekan laju penyebaran corona virus, terlebih di tempat-tempat umum, seperti mall, pasar dan sebagainya. Lalu berapa jarak aman yang dianjurkan oleh pemerintah, untuk mencegah penularan virus tersebut? Jarak yang dianjurkan adalah 1 meter baik dalam posisi duduk maupun berdiri, baik di rumah ataupun di luar rumah.

Memakai Masker

Dalam memutus rantai penyebaran corona virus pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan covid dengan memakai masker. Masker seperti apa yang dianjurkan, tentunya yang memenuhi standar kesehatan, karena hal ini dapat membantu menekan laju penyebaran virus. Adapun masker yang dianjurkan, di antaranya :

Masker Bedah

Masker ini sekali pakai ini mudah dijumpai dan cukup efektif digunakan untuk mencegah penyebaran corona virus. Masker bedah ini memiliki 3 lapisan, 3 lapisan  masker bedah tersebut terdiri dari lapisan luar (anti air), lapisan tengah (filter), dan lapisan dalam (menyerap cairan yang keluar dari mulut).

Masker N95

Masker ini dianjurkan pada protokol kesehatan covid untuk mencegah virus, karena didesain secara pas menutup hidung dan mulut orang dewasa. Namun sayangnya masker N95 ini mahal dan tidak dianjurkan dipakai sehari-hari. Karena akan kesulitan bernapas, gerah, dan tidak nyaman dalam jangka waktu lama.

Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan yang langkahnya mudah dan aman untuk dilakukan sebagai perlindungan diri dari virus. Jika dalam kondisi tertentu, tidak ada air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah gunakan hand sanitizer.  Namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar, adapun langkah-langkah dalam mencuci tangan yang benar, adalah sebagai berikut :

·         Basahi tangan dengan air dan tuang sabun secukupnya.

·         Gosok telapak tangan, punggung tangan, sela jari, dan punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan.

·         Genggam dan basuh ibu jari memutar, lalu gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun.

·         Bilas dengan air mengalir dan kemudian keringkan tangan dengan lap sekali pakai.

 

Demikianlah apa maksud dari protokol kesehatan Covid yang sudah diterapkan di Indonesia dan juga seluruh dunia. Jika masyarakat dapat mematuhi segala aturan yang tertera di dalam protokol kesehatan, maka tidak menutup kemungkinan penularan covid dapat diminimalisir. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu bacaan yang sangat direkomendasikan.


 

Post a comment for "Apa Maksud dari Protokol KesehatanCovid?"