Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Protokol Kesehatan Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Protokol Kesehatan Covid-19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru – Masyarakat Indonesia dihimbau untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru agar tetap dapat hidup produktif di tengah pandemic. Penularan virus yang sedang mewabah ini sudah menelan lebih dari 500 ribu korban jiwa. Saat ini, pemerintah Republik Indonesia mengupayakan terus berlangsungnya kehidupan di tengah pandemi, dengan penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru.

Penerapan Kebiasaan Baru sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan aturan baru yang wajib dipatuhi oleh masyarakat jika harus keluar rumah. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah kondisi kesehatan. Pastikan dalam keadaan fit saat hendak keluar rumah. Jika tubuh dalam kondisi yang tidak sehat, lebih baik tetap di rumah dan beristirahat.

Protokol kesehatan covid - 19 merupakan aturan dan ketentuan yang wajib diikuti oleh segala pihak untuk dapat beraktivitas secara aman di masa pandemi ini. Jika masyarakat dapat mematuhi penerapan protokol kesehatan dengan baik, maka penularan akan dapat diminimalisir. Berikut protokol kesehatan yang perlu diketahui dalam menjalani kebiasaan baru:

Protokol kesehatan covid - 19
Protokol kesehatan covid - 19

Hindari Keramaian

Utamanya, memang lebih aman untuk tetap di rumah. Keluar jika memang dalam kondisi benar-benar perlu. Terutama bagi orang yang berisiko tinggi, seperti orang lanjut usia dan yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung, diabetes, paru dan tekanan darah tinggi. Jika memang harus untuk keluar rumah, ada baiknya untuk menghindari keramaian, baik itu di ruang tertutup ataupun terbuka. Hal ini untuk mencegah mudahnya droplet menempel di tubuh kita.

Gunakan Masker

Penggunaan masker wajib dilakukan, dimana saja dan kapan saja, bahkan di dalam ruangan sekalipun. Mikrodoplet dapat mengambang di udara, sehingga penggunaan masker mutlak dilakukan. Dapat ditambah dengan face shield untuk mencegah droplet dalam ukuran besar. Penggunaan masker sesuai protokol kesehatan covid – 19, dirasa menjadi pencegahan penularan yang optimal.

Perhatikan juga dalam penggunaan masker. Gunakan dengan benar, menutupi hidung, mulut dan dagu. Selain itu, perhatikan juga penggantian masker. Masker hanya boleh digunakan satu kali dalam waktu 4 jam pemakaian. Masker kain, digunakan berulang setelah dicuci dengan menggunakan sabun. Namun, untuk masker sekali pakai, buang segera setelah digunakan.

Ruangan dengan Ventilasi Baik

Protokol kesehatan covid - 19 selanjutnya adalah dengan menciptakan ruangan dengan ventilasi yang baik. Seperti membuka jendela untuk penggantian sirkulasi udara. Jaga agar kualitas udara tetap baik dan tergantikan setiap hari. Selain itu, lebih baik untuk menghindari penggunaan kipas angin atau AC yang terlalu lama di dalam ruangan tertutup. Hal ini akan membuat udara di ruangan hanya berputar di ruangan itu saja.

Jaga Kebersihan Tangan

Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Sering mencuci tangan dengan sabun. Pastikan melakukannya dengan tepat, selama minimal 20 detik. Lakukan hal tersbut setiap tiba di rumah atau di tempat tujuan. Saat di luar rumah, cairan pencuci tangan atau hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat menjadi pilihan jika tidak ada air menalir dan sabun.

Sesuai protokol kesehatan covid – 19, hindari untuk menyentuh bagian wajah seperti hidung mata dan mulut, sebelum mencuci tangan. Mata, hidung, dan mulut menjadi pintu masuk virus ke dalam tubuh. Saat menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti pegangan pintu, uang, dan benda di fasilitas umum, bisa saja tangan akan terpapar oleh virus.

Menjaga Jarak

Usahakan untuk selalu menjaga jarak lebih dari 1 meter dari orang-orang saat berada di luar rumah. Jika ada orang yang masih bearada di dekat kita, jangan ragu untuk meminta dengan sopan agar mereka menjaga jarak. Hal ini sebagai upaya menghindari terpaparnya virus yang bisa jadi terbawa oleh seseorang di dekat kita.

Sesampainya di rumah, tetap patuhi protokol kesehatan covid - 19 dengan tidak langsung bersentuhan dengan anggota keluarga di rumah. Segera bersihkan diri dan semua barang yang dipakai dari luar rumah. Selain itu, tetap menjaga imunitas tubuh untuk mencegah tertular virus dengan menerapkan pola hidup sehat.

Post a comment for "6 Protokol Kesehatan Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru"