Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Mengapa Anda Harus Cukupi Kebutuhan Cairan Harian Tubuh

5 Alasan Mengapa Anda Harus Cukupi Kebutuhan Cairan Harian Tubuh! Bukan rahasia lagi jika air merupakan komponen penting penyusun tubuh. Bahkan, tidak kurang dari 60% tubuh manusia dewasa tersusun oleh air. Air juga bukanlan zat yang dapat terperangkap dalam tubuh. sebaliknya, air akan terus dikeluarkan oleh tubuh melalui urin, keringat, feses, dan insensible water loss. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk mengganti cairan yang hilang.

Lalu, seberapa banyak air yang dibutuhkan setiap harinya? Idealnya, seseorang membutuhkan 2 liter air minum setiap harinya. Meski begitu, kebutuhan air bagi setiap orang tidak bisa diratakan. Sebab ada banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti faktor jenis kelamin, usia, berat bada, aktivitas, dan lain sebagainya. Faktor-faktor tersebut memungkinkan setiap orang miliki kebutuhan air dengan jumlah yang berbeda.

cukupi kebutuhan cairan harian tubuh

5 Alasan Mengapa Anda Harus Cukupi Kebutuhan Cairan Harian Tubuh

Air menjadi kebutuhan vital yang harus Anda penuhi setiap harinya. Walaupun pada kenyataannya, tidak sedikit orang yang masih saja menyepelekan hal ini. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus cukupi kebutuhan cairan harian tubuh.

Melancarkan metabolisme tubuh

Alasan Anda harus mencukupi kebutuhan air tubuh adalah karena air dapat melancarkan metabolisme tubuh. Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa mengonsumsi cukup air akan sehatkan pencernaan. Selain itu, air juga akan menghidrasi tubuh dan hindarkan Anda dari sembelit. Cara kerjanya yakni dengan diserapnya air dari tinja oleh usus besar. Kondisi tersebut memungkinkan pencernaan tidak kekurangan air yang sebabkan sembelit.

Menjaga kesehatan kulit

Manfaat yang bisa Anda dapat dengan cukupi kebutuhan cairan harian tubuh adalah dapat tingkatkan kesehatan kulit. Hal ini karena mengonsumsi cukup air dipercaya dapat memerangi berbagai gangguan kulit seperti psoriasis, keriput, dan ekstrim. Sehingga bagi Anda yang ingin miliki kulit cerah sepanjang hari, jangan lupa penuhi kebutuhan air yaaa.

Detoks atau hilangkan racun dari tubuh

Alasan berikutnya mengapa Anda harus cukupi kebutuhan air putih adalah karena minum air di pagi hari dapat bantu keluarkan racun tubuh. Proses detoksifikasi ini terjadi melalui proses pembuangan urine. Hal ini karena racun tersebut merupakan sisa-sisa racun yang tertingkal dari serangkaian proses penyaringan urine. Nah, untuk itulah, ginjal memerlukan banyak air supaya dapat membuat limbah-limbah ini.

Cegah sakit kepala

Manfaat yang bisa Anda dapat dengan cukupi kebutuhan cairan harian tubuh berikutnya adalah dapat hindarkan Anda dari sakit kepala. Ini karena kekurangan air minum atau dehidrasi dapat menjadi satu di antara berbagai sebab munculnya sakit kepala. Sementara itu, cara mudah dan aman yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Bantu jaga tekanan darah

Manfaat air putih bagi tubuh yang terakhir adalah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Fungsi ini merupakan fungsi darah yang lebih dari 90%-nya tersusun atas air. Karenanya, dengan mencukupi kebutuhan air, maka sirkulasi darah akan lancar dan fungsi ini berjalan dengan baik. Kondisi pun bisa berlaku sebaliknya, yang mana kekurangan air dapat membuatnya mengental dan bahkan hingga menggumpal.

Beberapa hal tersebut sudah menunjukkan betapa pentingnya cukupi kebutuhan cairan harian tubuh, bukan? Meski telah mengetahui fakta ini pun, masih tidak sedikit orang yang mengabaikan kebutuhan ini. Nah, karena menjaga kesehatan adalah kebutuhan masing-masing orang, maka keputusan mengubah gaya hidup sehat pun sepenuhnya ada di tangan Anda.


Post a comment for "5 Alasan Mengapa Anda Harus Cukupi Kebutuhan Cairan Harian Tubuh"

Berlangganan via Email