Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 RSUD yang ditunjuk Menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jakarta Selatan

4 RSUD yang ditunjuk Menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jakarta Selatan. Semenjak wabah corona muncul di Indonesia dan berkembang cepat, membuat pemerintah kota Jakarta Selatan terus meningkat ketersediaan layanan kesehatan. Hal ini tentu saja merujuk pada jumlah peningkatan pasien  corona, sehingga berpengaruh pada tersedianya rumah sakit rujukan di Jakarta Selatan. Di mana wilayah tersebut merupakan salah satu area dengan pasien positif covid-19 terbanyak  se-DKI Jakarta.

Hal ini menindaklanjuti kekhawatiran gubernur DKI Jakarta, bapak Anis Baswedan, akan kapasitas fasilitas kesehatan di Jakarta Selatan. Apalagi jika laju pasien positif corona tidak ditekan dan protokol kesehatan pun diabaikan, tidak menutup kemungkinan kurangnya fasilitas kesehatan.  Untuk itu suku dinas kesehatan menunjuk 4 RSUD (rumah sakit umum daerah), tentunya dengan seizin dari bapak gubernur DKI Jakarta.

rumah sakit rujukan covid-19

4 RSUD Menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

Meningkatkannya pasien terpapar covid-19 di Jakarta Selatan, membuat gubernur DKI Jakarta, bapak Anies Baswedan pun menghawatirkan kurangnya kapasitas fasilitas kesehatan. Untuk itu Sudinkes Jakarta Selatan menunjuk 4 RSUD sebagai rumah sakit rujukan covid-19, sesuai arahan bapak gubernur. Lalu RSUD mana saja yang ditunjuk sebagai rujukan covid-19, simak yuk di bawah ini :

RSUD Pasar Minggu

Rumah sakit rujukan covid-19 ini merupakan rumah sakit dengan tipe B, di mana telah memenuhi standar pelayanan corona. RSUD ini juga mendapatkan tambahan tenaga medis sebanyak 40 orang dan tambahan kapasitas kamar tidur bagi pasien positif covid-19. RSUD Pasar Minggu mendapat penambahan 53 tempat tidur yang terdiri dari 45 untuk isolasi dan 8 lagi untuk ruang ICU.

RSUD Jati Padang

RSUD yang berlokasi di Jati Padang, pasar Minggu ini merupakan rumah sakit rujukan covid-19 kelas D, yang punya slogan melayani dengan hati. Sebagai rumah sakit yang ditunjuk menjadi rujukan covid-19, tentunya ada alasan tersendiri, mengapa Pemkot Jakarta Selatan menunjuknya? Hal ini karena RSUD Jati Padang sudah mempunyai fasilitas kesehatan yang tidak kalah dengan rumah sakit swasta.

RSUD Kebayoran Lama

RSUD Kebayoran Lama beroperasi menjadi rumah sakit rujukan mulai Oktober 2020. Sebelumnya  Dinkes DKI meminta agar RSUD Kebayoran Lama menyiapkan 46 tempat tidur perawatan pasien covid-19. Terdiri atas 44 tempat tidur rawat dewasa dan anak-anak serta dua tempat tidur ICU.

Rumah sakit rujukan covid-19 ini tipe D yang berdiri sejak 2 tahun lalu ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas kesehatan yang dimilikinya, antara lain mencakup peralatan, tenaga medis, dan juga pengaturan ruangan. RSUD Kebayoran lama dalam memenuhi kebutuhan kamar juga  harus mempersiapkan sekat khusus dan memberi jarak antara tempat tidur pasien.

RSUD Kebayoran Baru

Sejak Maret 2020 sampai dengan Agustus 2020 RSUD Kebayoran baru sudah melayani sekitar 268 pasien positif Covid-19. Jumlah tersebut, 55 di antaranya terpaksa dirujuk karena kritis, 89 orang dirawat dan ada sekitar tujuh pasien meninggal dunia.

Sebagai rumah sakit rujukan covid-19 tipe D, RSUD Kebayoran Baru sadar bagaimana harus melayani sekaligus memutus rantai penularan Covid-19 di masyarakat. Untuk itu RSUD ini terus meningkat pelayanan kesehatan dan melakukan perbaikan fasilitas kesehatan. Tidak hanya itu tenaga medis pun diharapkan siap untuk melayani masyarakat yang terpapar covid-19 dengan pelayanan yang terbaik.

Harapannya dengan menunjuk RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) dapat mempersiapkan segala kemungkinan terburuk di kota Jakarta Selatan. Demikian ulasan singkat mengenai 4 RSUD yang menjadi rumah sakit rujukan covid-19 di Jakarta Selatan. Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga Jakarta Selatan tidak perlu lagi menambah rumah sakit rujukan.


Post a comment for "4 RSUD yang ditunjuk Menjadi Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jakarta Selatan"