Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Diet Alami untuk Ibu Menyusui

Tips Diet Alami untuk Ibu Menyusui. Satu hal yang menjadi prioritas ibu menyusui adalah kualitas suplai ASI yang diberikannya pada si buah hati. Pemenuhan kebutuhan ASI ini tidak harus melimpah ruah, namun tetap harus mempertimbangkan asas kecukupan. Namun, bagaimana dengan busui yang berniat lakukan diet sehat?

Diet untuk busui tidak dilarang. Akan tetapi, ada beberapa aturan yang harus busui pertimbangkan sebelum dan ketika lakukan diet. Pertama dan yang paling utama adalah pastikan si buah hati anda telah berusia 2 bulan. Hal ini karena pada dua bulan pertama setelah kelahirannya, bayi harus dapatkan ASI ekslusif dari ibunya. Sementara itu, pola makan dan gaya hidup busui yang baru selama diet mau tidak mau akan pengaruhi kualitas pemberian air susu.

diet alami untuk ibu menyusui

Tips Diet Alami untuk Ibu Menyusui

Syarat dan aturan di atas harus dipenuhi busui ketika lakukan diet. Lalu, bagaimana cara diet yang aman bagi busui? Berikut ini adalah beberapa tips diet alami untuk ibu menyusui yang aman bagi kesehatan ibu dan bayi.

Dilakukan ketika si buah hati sudah cukup usia

Tips diet yang pertama adalah lakukan diet jika si buah hati telah cukup usia. Ini karena di awal-awal masa pertumbuhannya, sumber nutrisi si buah hati adalah ASI. Melakukan diet pasca kelahiran ini akan membuat anda mengalami penurunan kualitas air susu. Sementara air susu tersebut menjadi bekal utama tumbuh kembangnya. Maka dari itu, lakukan diet sehat ketika si buah hati setidaknya telah berusia 2 hingga 3 bulan dulu.

Tetap cukupi kebutuhan nutrisi harian

Tidak dapat dipungkiri jika tubuh anda memiliki kebutuhan nutrisi harian yang harus anda penuhi. Terlebih di periode menyusui. Makanan-makanan yang anda konsumsi akan pengaruhi kualitas dan gizi ASI yang diberikan pada si bayi. Maka dari itu, meski sedang jalankan diet alami untuk ibu menyusui, bukan halangan bagi anda untuk konsumsi makanan sehat. Sebab prioritas selain turunkan berat badan adalah ketercukupan gizi si buah hati.

Berikan ASI sesering mungkin

Cara diet alami berikutnya adalah dengan sesering mungkin berikan ASI pada si buah hati. Selain sangat mendukung pemberian air susu ekslusif untuk di buah hati, anda pun akan lebih mudah menyusutkan BB anda. Dengan kata lain, terus diproduksinya ASI yang kemudian disalurkan pada si buah hati akan tingkatkan peluang anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Konsumsi makanan 0 kalori

Menyusui seringkali menjadi aktivitas yang membuat busui merasa cepat lapar. Sementara itu, ngemil adalah satu diantara sekian cara yang busui lakukan untuk mengatasinya. Nah, untuk menunjang proses diet alami untuk ibu menyusui yang sedang dijalankan, maka direkomendasikan busui konsumsi makanan 0 kalori saja. Ini karena meskipun rendah kalori, banyak makanan ini tetap padat gizi. Sehingga selain mengenyangkan, makanan seperti apel, wortel, brokoli, dan pir ini memberikan dampak baik untuk ibu menyusui pula.

Lakukan olahraga ringan

Tips diet alami berikutnya adalah dengan lakukan olahraga ringan. Selain dapat menurunkan BB dan membentuk tubuh anda kembali, olahraga yang dilakukan membuat suasana hati menjadi baik. Sehingga busui yang sedang diet akan merasa lebih segar dan terhindar dari tekanan. Dan yang paling penting, busui akan tetap dapatkan manfaat dari olahraga yang dilakukan. Untuk mengencangkan otot perut, lengan , dan paha dengan plank atau jogging, misalnya.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai cara diet alami untuk ibu menyusui. Kunci dari diet bagi busui adalah konsistensi. Maka fokus busui bukanlah seberapa banyak berkurangnya BB maupun berhasilnya busui mengenakan kembali pakaian sebelum hamil. Namun, fokusnya adalah pada penurunan berat badan secara perlahan dan tetap pertimbangkan kesehatan ibu dan si buah hati.

 

Post a comment for "Tips Diet Alami untuk Ibu Menyusui"