Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Diet Alami Sehat Selama Pandemi

Tips Diet Alami Sehat Selama Pandemi - Diet merupakan suatu cara yang sering sekali dilakukan oleh setiap perempuan. Memiliki tubuh proporsional, langsing tanpa lemak mengganggu di lipatan paha dan perut menjadi motivasi terbesar seorang perempuan melakukan diet. Diet pun memiliki banyak jenis, mulai dari diet sehat hingga yang paling ekstrim adalah mengurangi porsi makan menjadi sangat minim.

Kebanyakan perempuan hanya berfokus pada tubuh indah sebagai hasil akhir diet semata, tanpa mempertimbangkan efek samping yang akan terjadi pada tubuh. Jika melakukan diet ketat tanpa anjuran dokter hingga ujung-ujungnya menyiksa diri sendiri, resiko yang paling sering terjadi adalah jatuh sakit. Ini tentu saja membuat proses diet yang selama ini dijalani sia-sia.

Oleh karena itu, ketika menjalani diet, ada baiknya kita memilih jenis diet yang aman untuk dilakukan. Dari sekian banyak diet populer, ada diet alami sehat yang tentunya ampuh namun tidak membahayakan tubuh. Diet sehat terhindar dari efek samping dan tidak perlu mengonsumsi obat apalagi menyiksa diri. Di bawah ini, ada banyak tips sehat menjalani diet selama pandemi corona. Yuk, simak baik-baik!

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Selama Pandemi

Atur pola makan

Dalam masa menjalani diet, cobalah untuk mengurangi porsi makan normal sebanyak 10 hingga 20%. Selain itu, makan dengan perlahan dalam jangka waktu sekitar 20 menit terbukti ampuh untuk menekan nafsu makan, lho. Memakan makanan secara buru-buru akan menimbulkan perasaan lapar lebih lama, sehingga membuatmu lebih cepat makan secara berlebihan.

Selain itu, untuk mengoptimalkan diet alami sehat Anda, mengontrol asupan makan yang dikonsumsi pun perlu dilakukan. Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi, lemak, dan serat. Jangan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Jadikan makanan cepat saji dan minuman tinggi kalori sebagai pilihan terakhir untuk menjadi menu konsumsi Anda.

Rajin berolahraga

Mengatur makan saja kurang maksimal jika tidak dibarengi dengan berolahraga. Optimalkan jumlah kalori dalam tubuh Anda dengan melakukan aktivitas fisik seperti berlari, senam, dan kardio. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit sehari. Olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho, seperti mencegah penyakit, memperbaiki mood, dan memaksimalkan kualitas tidur.

Air putih sebelum makan

Sebelum sarapan, alangkah baiknya Anda minum air putih sebanyak 2 gelas atau 500 mL. Cara diet alami sehat ini ampuh menurunkan berat badan karena Anda akan makan 13% lebih sedikit dibanding tidak minum air putih sebelum makan. Sebuah studi menyebutkan, meminum air putih sejak setengah jam sebelum makan dapat menurunkan berat badan hingga 44% dalam jangka waktu tiga bulan.

Perbanyak sayur dan buah

Rasa kenyang dalam tubuh juga dipengaruhi oleh jumlah konsumsi serat yang masuk setiap hari. Suatu penelitian membuktikan, bukan jumlah makanan, melainkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh memengaruhi lamanya rasa kenyang. Maka dari itu, memperbanyak konsumsi serat dari sayur dan buah dapat menjadi cara untuk menyumbang kalori lebih banyak tanpa menambah porsi makan. Sayur dan buah pun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Hindari hal penghambat diet

Proses diet alami sehat tidak akan berjalan baik jika Anda masih melakukan kebiasaan yang mengganggu proses diet. Hindari makan sambil menonton komputer, karena Anda akan tanpa sadar memakan lebih banyak kalori. Selain itu, jangan merokok setelah makan karena nikotin dapat mengganggu proses pencernaan. Kebiasaan mandi setelah makan juga tidak baik dilakukan karena fungsi pencernaan akan berkurang.

Nah, itu dia tips dan trik menjalani diet alami sehat di rumah. Manfaatkan waktu luang selama pandemi untuk membentuk tubuh yang Anda inginkan dengan tetap menjaga kesehatan. Cara-cara di atas bisa Anda lakukan secara bertahap. Jangan lupa untuk tetap semangat dan termotivasi demi mencapai tubuh impian Anda.

Post a comment for "Tips Diet Alami Sehat Selama Pandemi"