Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Vagina

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Vagina. Menjaga dan merawat kesehatan vagina sangat penting untuk dilakukan oleh wanita. Sifatnya yang sensitif membuat setiap wanita wajib memiliki pengetahuan tentang itu. Apalagi hormon dan menstruasi setiap wanita itu berbeda. Sehingga, perlu untuk mempelajari kesehatan vagina sendiri.

Sebenarnya vagina memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan cairan vagina. Kita biasanya mengenalnya dengan keputihan. Jadi, keputihan adalah hal yang lumrah dialami asalkan cairannya tidak bau, warnanya bening, tidak gatal, dan tidak nyeri. Namun, tetap diperlukan perawatan yang baik dan benar. Berikut tips dan trik agar vagina tetap terjaga.

menjaga kesehatan vagina

Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Membasuh Vagina Secara Rutin

Setelah selesai buang air kecil dan buang besar maka basuhlah vagina dengan air bersih. Cara membersihkannya harus benar yakni, dari vagina ke anus. Jangan sebaliknya karena dapat menimbulkan infeksi pada vagina. Cara sederhana ini dapat menjaga kesehatan vagina agar tidak mengganggu kesuburan wanita. Kemudian, keringkan vagina menggunakan handuk yang lembut atau dengan tisu toilet.

Menjaga Keseimbangan pH Alami Vagina

Sebelum menjaga keseimbangan Ph, kamu harus tahu bahwa pH vagina yang normal adalah 3,8 – 4,5. Dokter tidak menyarankan kamu untuk membersihkan vagina menggunakan sabun pewangi, gel, atau antiseptik. Hal itu malah akan membunuh bakteri baik pada vagina. Baik produk yang digunakan untuk di luar dan di dalam (douching) juga tidak disarankan. Karena pH normal vagina bisa terganggu.

Jika harus menggunakan larutan pembersih khusus vagina. Gunakanlah produk yang mengandung povidine iodine dengan pH 3,5 – 4,5. Namun, kamu tetap tidak boleh memakainya secara rutin. Karena bisa menimbulkan iritasi dan infeksi pada vagina. Menjaga kesehatan vagina bisa dengan cara yang sederhana, girls.

Bersihkan Vagina Saat Menstruasi

Saat tidak menstruasi mungkin kamu akan membersihkan saat mandi, buang air kecil, dan buang air besar saja. Namun, saat menstruasi kamu harus lebih sering membersihkannya. Seperti ganti pembalut minimal 3 kali sehari dan ganti pembalut sebelum tidur. Bersihkan dengan lembut vagina dan bagian di sekitarnya. Bisa gunakan sabun yang lembut non-alkohol.

Gunakan Pakaian Dalam yang Tepat

Bahan katun tepat untuk di pilih. Bahan katun memiliki sirkulasi udara yang baik dan dapat menyerap keringat. Upaya menjaga kesehatan vagina lebih mudah karena bahan katun dapat menjaga kelembapan alami vagina. Ganti celana dalam jika sudah terasa lembab atau basah. Cuci celana dalam dengan sabun yang sedikit mengandung deterjen. Jangan gunakan pelembut pakaian pada celana dalam.

Mencukur Bulu Kemaluan

Mencukur bulu kemaluan (bulu pubis) secara rutin dapat menjaga kebersihan vagina. Meski begitu, cukurlah bulu kemaluan seperlunya saja. Sebab bulu kemaluan berfungsi untuk melindungi vagina dari bakteri. Jika diperlukan gunakan gel atau krim khusus saat mencukur agar tidak membuat vagina lecet.

Melakukan Seks yang Aman dan Sehat

Mempraktikkan seks yang aman dan sehat termasuk upaya untuk menjaga kesehatan vagina. Tidak bergonta-ganti pasangan, memakai alat kontrasepsi sesuai anjuran dokter misalnya. Hal ini tentu dapat menghindarkan kamu dari penyakit menular seksual.

Selain hal-hal di atas kamu perlu tahu bahwa vagina juga dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikologis. Membuat kondisi vagina akan selau berubah-ubah. Kamu tidak perlu khawatir, selama tidak menimbulkan gatal, nyeri, radang, dan bau menyengat. Maka kondisi vagina kamu baik-baik saja.

Periksakan kondisi vagina kamu secara rutin ke dokter kandungan. Tindakan ini penting untuk mengetahui tips dan trik sehat menjaga kesehatan vagina yang selalu berubah-ubah.

Post a comment for "Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Vagina"