Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Manfaat Buah Tomat yang Gak Bisa Disepelekan

Ragam Manfaat Buah Tomat yang Gak Bisa Disepelekan. Sudah mulai diketahui oleh masyarakat. Hasil penelitian dari para ahli menunjukkan buah tomat memiliki banyak kandungan vitamin dan zat mineral yang sangat baik bagi tubuh di antaranya vitamin C, K, K1, B, B9 (folat), dan kalium. Buah tomat memiliki senyawa antioksidan yang sangat penting seperti beta karoten, likopen, klorofil, asam klorogenik, dan karotenoid. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dikandung, berikut manfaat tomat untuk kesehatan tubuh:

manfaat buah tomat

Ragam Manfaat Buah Tomat

Sebagai Pengendali Tekanan Darah

Rajin mengonsumsi buah tomat dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah tomat mengandung kalium (potassium) yang cukup tinggi. Kalium ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar sehingga tekanan darah akan terjaga. Meskipun anda rajin mengonsumsi buah tomat, jangan kesampingkan aturan makan sebagai pencegah tekanan darah tinggi. Gunakan garam dan natrium secara bijak untuk mengontrol tekanan darah agar tetap di batas normal.

Untuk Mengatasi Sembelit

Buah tomat mengandung air hingga 95 persen, dan sisanya adalah karbohidrat dan serat tidak larut air. Kandungan air dan serat ini dapat memberikan manfaat buah tomat sebagai pelancar saluran pencernaan dan mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah tomat secara rutin dapat memperlancar buang air besar. Namun perlu diperhatikan, beberapa orang tidak tahan akan kandungan zat berasa masam di dalam buah tomat sehingga dapat menyebabkan diare bila mengonsumsinya.

Untuk Merawat Kulit

Buah tomat banyak mengandung vitamin C, A, K, kalium, likopen, dan folat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin dan zat-zat penting di atas merupakan antioksidan yang dapat mencegah kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Mengonsumsi buah tomat secara teratur dapat mencegah kulit mengalami penuaan dini seperti flek hitam di wajah dan keriput.

Agar mendapatkan manfaat buah tomat bagi kesehatan wajah, anda dapat mengaplikasikannya sebagai masker. Beri campuran susu atau madu untuk menambah khasiatnya. Lakukan secara teratur pada kulit wajah dan leher yang telah dibersihkan untuk mendapat manfaat yang optimal. Buah tomat juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo. Kandungan vitamin C yang tinggi dari buah tomat akan merangsang pembentukan kolagen yang sangat penting bagi kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat.

Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil dan janin yang dikandungnya sangat membutuhkan asupan folat. Folat dapat mencegah bayi lahir dalam kondisi cacat. Buah tomat sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin karena merupakan sumber folat alami. Ibu hamil dapat mengonsumsi buah tomat segar maupun dalam bentuk jus untuk memenuhi kebutuhan folat.

Bila kuatir akan residu pestisida yang menempel di kulit buah, maka untuk memperoleh manfaat buah tomat, ibu hamil bisa mengonsumsinya setelah dikukus. Mengukus buah tomat juga dapat membunuh bakteri dan kuman yang mungkin mengontaminasi. Ibu hamil dapat mengombinasi tomat kukus dengan kentang dan susu untuk mendapatkan manfaat lebih. Beberapa ibu hamil sensitif dengan kandungan zat yang terlalu asam dan mengalami diare. Bila ini terjadi maka berhentilah mengonsumsi buah tomat, karena diare yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan membahayakan keselamatan ibu dan janin.

Demikianlah beberapa manfaat buah tomat yang bisa dijelaskan. Meskipun buah ini sangat bermanfaat tapi saat mengonsumsinya harus memperhatikan kondisi badan. Jangan terus mengonsumsi jika timbul gejala diare. Penderita gangguan ginjal dan pasien yang sedang mengonsumsi obat beta-blocker harus mendapat ijin dari dokter sebelum mulai makan buah tomat.

Post a comment for "Ragam Manfaat Buah Tomat yang Gak Bisa Disepelekan"