Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plant Based Diet Adalah Cara Terbaik untuk Diet Sehat, Coba Yuk!

qsehat.com - Plant based diet adalah sebuah metode diet terbaru yang cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman. Tak jarang, orang menganggap diet ini sama seperti vegetarian, karena lebih memilih tumbuhan daripada produk hewan. Namun, perlu digaris bawahi bahwa keduanya berbeda.

Perbedaan ini terletak pada pemilihan makanan, vegetarian benar-benar tidak mengonsumsi produk hewani. Sementara plant based masih memakannya sesekali, seperti produk susu, ikan, atau daging. Hanya saja, fokus utama dari diet ini adalah makanan nabati.

plan based diet adalah
plan based diet

Plant Based Diet adalah Metode Diet Paling Sehat

Para dokter sepakat, bahwa mengonsumsi menu plant-based diet adalah metode diet yang paling sehat. Sebab, asupan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan utuh bukan produk olahan. Adapun yang dimaksud dengan makanan utuh, yaitu bahan makanan yang semua bagiannya dapat dimakan dan tidak mengalami pembuangan.

Makanan utuh juga tidak ada refining process, yaitu proses pemurnian yang dilakukan dengan cara menghilangkan sebagian dari bahan makanan. Biasanya, hal ini dilakukan karena bagian tersebut dianggap mengganggu proses pengolahan dan mengurangi estetika penyajian. Adapun manfaat plant based diet adalah:

1. Indeks Massa Tubuh Lebih Baik

Indeks massa tubuh yaitu status gizi seseorang yang diukur berdasarkan perbandingan antara tinggi dengan berat badan. Menurut hasil penelitian, orang yang mengonsumsi makan nabati dipercaya memiliki BMI yang lebih baik, dibandingkan pemakan daging.

Hal ini dikarenakan makanan nabati tinggi serat dan karbohidrat kompleks, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan plant based diet adalah cara terbaik, karena dapat mengatur pola makan.

2. Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Keuntungan lain dari mengonsumsi menu plant-based diet adalah dapat mencegah penurunan fungsi kognitif serta Alzheimer. Selain itu, pada manula atau manusia lanjut usia, pola makan tersebut juga dapat menurunkan risiko terkena demensia hingga 20%. Oleh karena itu, plant based juga aman untuk diterapkan oleh para lansia.

3. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Khasiat plant based diet adalah sebagai tindak pencegahan dan pengobatan diabetes. Sebab, diet nabati dapat mengurangi resistensi insulin serta meningkatkan sensivitas insulin, sehingga kadar gula dalam darah dapat terkontrol dengan baik. Konon, metode tersebut dapat mengurangi risiko diabetes hingga 50%. 

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dengan membatasi produk hewani dan memperbanyak makanan nabati, seseorang yang sudah paruh baya memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih rendah. Hasil ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association pada tahun 2019 lalu. Selain itu, risiko penyakit lain yang dapat dicegah dengan plant based diet adalah:

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Stroke
  • Kolesterol tinggi
  • Obesitas
  • Jenis kanker tertentu

Makanan dalam Plant Based Diet

Pada dasarnya, metode diet apapun kuncinya terdapat pada pengaturan pola makan. Jika makannya tidak diatur, maka jangan berharap terlalu banyak berat badan akan turun. Begitu juga metode ini, berikut adalah beberapa jenis menu plant-based diet adalah :

  • Sayuran: kubis, brokoli, bit, asparagus, kembang kol, tomat, wortel, paprika, ubi, kentang, timun jepang
  • Buah: jeruk, apel, pisang, melon, anggur, alpukat, persik, pir, nanas, dan buah berry
  • Biji-bijan: biji bunga matahari, wijen, chia, labu, dan rami
  • Legum: lentil, buncis, kacang merah, kacang polong, kacang hitam
  • Kacang-kacangan: kacang tanah, mete, almond, pecan, pistachio, macadamia
  • Biji-bijian utuh: gandum, beras merah, gandum hitam, barley, quinoa, buckwheat 
  • Lemak sehat: kacang kenari, alpukat, biji chia, minyak canola, minyak zaitun
  • Susu nabati: susu kedelai, susu kelapa, susu gandum, susu almond, susu beras

Berdasarkan ulasan di atas tentu kita tahu bahwa plant based diet adalah cara paling sehat untuk menurunkan berat badan. Meski dianjurkan oleh beberapa dokter, tetapi tetap sesuaikan dengan kondisi tubuh. Pastikan memahami tentang aturan main secara keseluruhan, dan imbangi dengan olahraga serta istirahat yang teratur.

Post a comment for " Plant Based Diet Adalah Cara Terbaik untuk Diet Sehat, Coba Yuk!"