Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Aneka Olahan Kentang Untuk Diet Sehat, Harus Dicoba!

qsehat.com - Pilihan menu olahan kentang untuk diet merupakan pilihan yang cukup bijaksana. Dalam program diet dibutuhkan karbohidrat untuk menambah tenaga. Kentang merupakan makanan yang sering dijadikan pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat dalam program diet. Nilai gizinya tinggi, berkalori rendah, serta memiliki kandungan vitamin B6, C, serta kandungan potasium yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu olahan kentang untuk diet yang enak juga cukup banyak macamnya. Dari mulai olahan kentang yang direbus, dikukus, dipanggang, sampai dibuat salad, Bahkan dibuat keripik pun, bila diolah dengan cara yang benar maka dapat menjadi makanan sehat untuk para pelaku diet.

olahan kentang untuk diet
olahan kentang

Aneka Olahan Kentang untuk Diet


Selama ini orang banyak tergoda dengan kentang yang diolah dengan cara digoreng karena rasanya memang sangat nikmat. Tidak sedikit yang gagal diet karena tidak tahan dengan godaan rasa kentang goreng. Namun sesungguhnya ada lho olahan kentang yang tidak kalah nikmat dari kentang goreng. Berikut merupakan olahan kentang untuk diet yang perlu dicoba:

Keripik kentang homemade 

Sayangnya keripik kentang yang selama ini beredar memang kurang baik untuk kesehatan karena proses pengolahannya yang digoreng. Namun jangan salah, dengan olahan kentang untuk diet sehat ala homemade berikut, program diet tetap dapat terlaksana. Bagaimana cara membuat keripik kentang yang rendah lemak dan kalori?

Masak olahan kentang untuk diet selama 5 menit dalam air mendidih kemudian tiriskan. Setelah dilumuri dengan sedikit minyak, kentang dicelupkan dalam putih telur yang sudah dikocok. Lalu panggang selama 35 menit saja. Untuk menambah rasa yang dapat memanjakan lidah, dapat ditambahkan garam, lada, serta rempah lainnya. Selain sehat, rasanya juga sedap sekali.

Kentang panggang

Olahan kentang panggang untuk diet berikut dapat dilakukan dengan memanggang utuh tanpa dikupas kulitnya. Ternyata terdapat kandungan serat dan kalium cukup tinggi dalam kulit kentang. Sayang kan kalau dibuang. Pastikan dicuci sebersih mungkin sebelum diolah. Setelah dipanggang, dapat ditambahkan krim asam, taburan rempah, yogurt tanpa rasa, brokoli atau sayur lainnya.

Casserole kentang

Olahan kentang untuk diet kali ini sangat layak dicoba lho. Kentang diiris tipis tanpa dikupas kulitnya. Tambahkan 1 cangkir irisan keju rendah lemak dan bawang merah ½ cangkir kaldu ayam, 1½ sendok teh dijon mustard, serta bawang putih ½ sendok teh dan garam secukupnya. Siapkan wadah anti panas dan olesi dengan minyak zaitun.

Masukan ⅓ bagian kentang iris dan keju. Juga ½ bagian bawang dan bumbu masakan italy. Lakukan lapisan ini dan lanjutkan sisa olahannya sampai selesai dan pada lapisan terakhir adalah taburan keju. Kemudian tutup dengan aluminium foil dan panggang selama 20 menit dengan temperatur tinggi.

Sup kentang

Selanjutnya adalah olahan kentang rebus untuk diet. Resep ini sangat cocok dibuat ketika musim hujan melanda. Dengan kuahnya yang dapat menambah sedapnya sajian, juga menghangatkan badan saat dingin. Cara membuatnya sama dengan sup pada umumnya. Namun sebelum direbus bersama sayuran lain dalam kuah sayur sup, rebus dahulu kentang secara terpisah lalu potong sesuai selera.

Setelah kentang matang dan dipotong-potong barulah direbus kembali bersama sayuran lain seperti brokoli, wortel, daun bawang, seledri, dan kaldu ayam. Untuk memperlengkap kandungan proteinnya dapat ditambahkan potongan daging tanpa lemak. Selain sedap dan mudah, sup ini sehat sekali karena lengkap sekali kandungan gizi dan serat dari sayuran lain.

Nah itulah tadi aniki olahan kentang untuk diet. Selain sehat tentu saja rasanya nikmat. Jadi jangan tergoda lagi dengan kentang goreng yang digoreng dalam minyak yang melimpah karena rasanya mengelabui manfaatnya yang kurang baik. So, selamat mencoba resep di atas dan semoga berhasil dengan program dietnya.

Post a comment for " 4 Aneka Olahan Kentang Untuk Diet Sehat, Harus Dicoba!"