Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Obat Tradisional Bau Mulut, Mudah Didapat dan Efektif Banget!

qsehat.com - Obat tradisional bau mulut dapat digunakan untuk mengurangi gangguan bau mulut dan nafas. Bau mulut adalah musuh utama dalam pergaulan. Siapapun orangnya pasti akan dijauhi apabila mulutnya mengeluarkan aroma yang membuat orang disekitarnya merasa tidak nyaman.

Untuk itu beragam cara dilakukan untuk menghalaunya. Mulai dari obat-obatan resep dokter hingga cara-cara tradisional yang sudah diwariskan sejak zaman lampau. Tertarik untuk mengetahuinya? Mari simak dalam ulasan berikut ini.

obat tradisional bau mulut
obat tradisional bau mulut
Inilah Ragam Obat Alami Bau Mulut yang Ampuh dan Efektif

Berikut bisa Anda simak beberapa jenis obat tradisional bau mulut yang bisa digunakan setiap hari tanpa kuatir akan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh:

1. Cengkeh

Cengkeh telah sangat terkenal sebagai obat alami bau mulut. Bunga cengkeh mengandung minyak atsiri yang mempunyai banyak kegunaan terutama untuk masalah pencernaan.

Perlu diketahui bahwa pencernaan yang kurang baik dapat memicu timbulnya bau mulut (halitosis). Cengkeh adalah obat alami bau mulut yang paling ampuh karena kandungan minyak asirinya mampu memperbaiki fungsi lambung sehingga pencernaan menjadi lebih baik.

Minyak cengkeh sebagai obat tradisional bau mulut dapat mengurangi peradangan di area tenggorokan dan selaput lendir mulut yang memicu bau mulut.

Cara memanfaatkan cengkeh sebagai obat herbal bau mulut kronis adalah dengan menyeduhnya 5 bunga cengkeh dengan air mendidih. Diamkan selama tiga puluh menit atau sampai air menjadi hangat. Gunakan seduhan ini untuk berkumur terutama setiap selesai menggosok gigi.

2. Sirih

Sama halnya dengan cengkeh, daun sirih sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional bau mulut karena kandungan atsiri di dalamnya. Selain cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih, tanaman ini dipercaya juga dapat menguatkan gigi, menghentikan pendarahan di gusi, dan menyembuhkan luka kecil di mulut. Hal ini karena atsiri yang terkandung di dalamnya mempunyai aktivitas sebagai zat anti bakteri yang cukup kuat.

Agar mendapatkan manfaat daun sirih sebagai obat alami bau mulut, Anda dapat merebus 10-15 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih selama kurang lebih sepuluh menit. Setelah hangat, gunakan air rebusan ini untuk berkumur setiap selesai menggosok gigi.

3. Kayu Manis

Kulit kayu manis sering dimanfaatkan untuk menambah aroma masakan atau kue. Ternyata kayu manis dapat digunakan sebagai tanaman obat bau mulut yang cukup efektif. Obat herbal bau mulut kayu manis selain dapat menyamarkan bau mulut yang tak sedap, tanaman ini juga bersifat anti bakteri yang mampu meredakan aktivitas bakteri di dalam mulut.

Agar mendapat manfaat kayu manis obat tradisional bau mulut dan nafas caranya sangatlah mudah. Anda dapat merebus dua batang kayu manis dengan air. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan gunakan sebagai obat kumur setiap usai menggosok gigi.

4. Minyak Kelapa

Anda yang sering memasak menggunakan minyak kelapa, dapat memanfaatkannya sebagai obat alami bau mulut. Berkumurlah dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 15-20 menit untuk mendapatkan manfaatnya sebagai obat bau mulut alami. Ludahkan kemudian kumur dengan air hangat

Sebagai obat herbal penghilang bau mulut, jahe bersifat anti bakteri yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di area mulut dan tenggorokan. Mengonsumsi perasan jahe yang telah dicampur dengan air hangat sebagai obat alami bau mulut secara teratur sangat dianjurkan. Anda juga dapat menggunakan air rebusan jahe sebagai obat kumur untuk mendapatkan nafas yang segar.

Demikianlah beberapa bahan alami obat tradisional bau mulut yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a comment for "4 Obat Tradisional Bau Mulut, Mudah Didapat dan Efektif Banget!"