Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baikkah Minyak Goreng untuk Diet? Simak Penjelasannya!

qsehat.com - Minyak goreng untuk diet kini sudah mulai dipilih oleh sebagian orang yang menjalankan diet. Menjalani pola hidup sehat tentunya menjadi pilihan terbaik untuk memperoleh kesehatan yang baik. Misalnya dengan rajin berolahraga, mengurangi makanan berlemak, hingga memilih penggunaan minyak goreng.

Hal tersebut dilakukan bukan karena ingin memiliki bentuk tubuh yang indah semata. Namun juga kualitas tubuh yang baik untuk mendapatkan kehidupan yang sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai hidup sehat dengan memilih minyak goreng untuk diet terbaik.

minyak goreng untuk diet
minyak dan diet

Bolehkah Minyak Goreng untuk Diet?

Salah satu cara memulai diet sehat adalah dengan mulai mengurangi makanan berminyak terutama yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh dapat menyumbat arteri yang mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah sehingga munculah risiko penyakit jantung.

Biasanya, lemak jenuh terdapat pada beberapa jenis minyak seperti minyak kelapa sawit, mentega, dan lemak daging. Oleh karena itu, sebaiknya mulai mencari jenis minyak yang bagus untuk diet. Minyak goreng yang mengandung lemak tak jenuh ganda atau lebih baik lagi jika lemaknya berupa tak jenuh tunggal.

Pilihan Minyak Goreng untuk Diet

Penggunaan minyak goreng yang lebih sehat juga cocok digunakan oleh orang yang sedang berdiet, karena lebih cepat menurunkan berat badan. Lalu, apa saja pilihan minyak goreng untuk diet terbaik yang mengandung lemak tak jenuh? Berikut beberapa pilihannya.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang mengandung lemak tak jenuh tunggal. Banyak dipilih oleh orang-orang yang sedang menjalani diet. Namun, minyak zaitun mempunyai beberapa jenis, jenis yang cocok digunakan sebagai minyak untuk diet adalah Virgin Olive Oil. Minyak ini mengandung ekstrak zaitun murni tanpa campuran apapun, dengan warna minyak lebih hijau dan kental.

Minyak zaitun cocok digunakan untuk menggoreng dan menumis masakan. Selain itu, minyak ini juga kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya mencegah penyakit jantung koroner. Minyak ini banyak dipilih sebagai minyak goreng untuk diet terbaik, menjadi komponen utama dalam diet sehat.

Minyak Biji Anggur

Pilihan selanjutnya adalah minyak biji anggur. Minyak yang dikenal dengan grapeseed oil ini mengandung 73% lemak tak jenuh ganda. Selain itu mampu memproduksi jumlah senyawa aldehida yang lebih rendah dibandingkan dengan mentega dan lemak daging. Sehingga cocok menjadi pilihan minyak goreng untuk diet.

Minyak Kedelai

Jenis minyak selanjutnya yang dapat menjadi pilihan untuk diet sehat adalah minyak kedelai. Minyak nabati ini mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Kacang ini kaya akan asam lemak, omega-3, vitamin dan antioksidan. Menjadi pilihan terbaik untuk dikonsumsi dalam menu diet.

Minyak kedelai memiliki manfaat seperti mengendalikan kadar kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan tulang serta membantu melawan penyakit Alzheimer. Namun, minyak kedelai dapat mengeluarkan rasa pahit jika dipanaskan. Oleh karena itu, minyak ini lebih cocok digunakan sebagai dressing pada salad. 

Minyak Canola

Minyak canola berasal dari bunga canola yang mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal serta asam alfa-linoleat. Kandungan tersebut baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Minyak ini dapat menjadi pilihan sebagai minyak goreng untuk diet yang terbukti rendah kandungan asam lemak yang menyebabkan penyakit jantung.

Minyak Jagung

Pilihan terakhir minyak goreng untuk diet terbaik adalah minyak jagung yang memiliki kandungan asam lemak jenuh yang rendah. Selain itu juga mengandung asam oleat, asam linoleat, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menyehatkan tubuh. Mengonsumsi minyak jagung secara rutin juga dapat menyehatkan kulit. Kandungannya mampu untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati dan menutrisi kulit.

Beberapa jenis minyak goreng untuk diet diatas dapat dikonsumsi sehari-hari. Pemilihan minyak goreng yang tepat akan mempengaruhi hasil makanan yang dikonsumsi. Makanan akan lebih sehat karena minyak yang digunakan juga mengandung kandungan yang baik bagi tubuh.

Post a comment for "Baikkah Minyak Goreng untuk Diet? Simak Penjelasannya!"