Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Rekomendasi Menu Makan Siang untuk Diet, Mulai Buat Yuk!

qsehat.com - Makan siang untuk diet merupakan hal yang tak kalah penting dari sarapan. Karena pada dasarnya waktu makan siang adalah waktu istirahat bagi tubuh dan otak dari segala macam aktivitas yang dilakukan. Dengan makan siang, seseorang mengisi kembali energi mereka untuk melanjutkan hari. Oleh karena itu, bagi seseorang yang sedang diet pun makan siang merupakan hal yang penting.

Biasanya orang-orang akan merasa bingung dalam menentukan menu makanan untuk diet ketat yang akan dikonsumsinya. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dipaparkan mengenai hal tersebut. 

menu makan siang untuk diet
makan siang sehat

Rekomendasi Menu Makan Siang untuk Diet yang Sehat

Berikut ini macam-macam makanan yang dikonsumsi sebagai menu makan siang ketika sedang diet:

Salad yang berwarna hijau

Menu makan siang untuk diet yang pertama yaitu salad. Salah satu jenis salad yang cocok dikonsumsi saat diet adalah salad hijau agar asupan serat yang dikonsumsi semakin banyak. Anda bisa memilih bahan bakunya seperti daun bayam, selada, timun, alpukat, dan lainnya. Jika anda ingin salad yang ada konsumsi tetap padat gizi dan karbohidrat, Anda bisa menambahkan potongan ayam dan juga kentang.  

Sandwich 

Menu selanjutnya yaitu sandwich atau roti tangkup. Bahan baku menu makanan untuk diet ketat yang satu ini juga sangat mudah untuk dicari dan mudah untuk dibuat. Agar sandwich yang dibuat tetap nikmat dan sehat, Anda bisa memilih roti gandum karena roti gandum memiliki serat yang lebih banyak. Untuk isiannya pilihlah sayuran hijau dan lauk hewani segar dan memasaknya dengan metode  masak minimal, dibakar misalnya. 

Menu makan siang dengan bento khas jepang

Menu makan siang untuk diet yang selanjutnya yaitu bento khas jepang. Anda bisa mengonsumsi menu makan siang ini dengan syarat porsi sayuran yang lebih banyak dibandingkan karbohidratnya. Selain itu, lauk hewani yang pilih pun tida boleh yang dimasak dengan tepung atau digoreng. Pilihlah lauk hewani dengan metode masak yang minimal, dan anda tetap bisa menambahkan saus khas jepang untuk menyempurnakan hidangan tersebut.

Sup Sayuran

Menu makan siang lainnya yaitu sup dengan sayuran. Menu ini sangat cocok sebagai menu makanan untuk diet ketat. Karena dalam setiap sajiannya Sup sayur mengandung kadar lemak yang rendah , hanya sekitar 1,9 gram. Jangan lupa untuk selalu menambahkan brokoli di dalam sayur sup, karena brokoli mengandung serat yang banyak sehingga membuat kenyang lebih lama.

Putih telur

Putih telur biasanya dikonsumsi oleh binaragawan dalam menu dietnya. Hal tersebut karena putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi namun tentu tetap rendah lemak. Itu menjadikan putih telur juga cocok untuk dijadikan menu makan siang untuk diet bagi semua orang. Selain itu menu ini juga tidak memiliki kandungan glikemik karena tidak mengandung karbohidrat, sehingga bisa sangat aman jika dikonsumsi penderita diabetes sekalipun.

Kentang 

Terkadang ketika saat melakukan diet, tubuh kita akan merasa lemas dan juga pusing. Untuk menghindari semua itu, kentang bisa dijadikan salah satu opsi menu makanan untuk diet ketat. Kentang memiliki kandungan kalium yang cukup baik, bahkan jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan buah pisang. Kalium berfungsi dalam menurunkan tekanan darah, serta membantu mengendalikan tekanan darah normal. 

Apel

Apel merupakan salah satu buah yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet. Karena dalam satu buah apel mengandung 12 gram karbohidrat dan 50 kalori. Jadi mengonsumsi apel sebagai menu makan siang untuk diet merupakan pilihan yang tepat.

Itulah beberapa menu makan siang untuk diet sehat yang Anda bisa terapkan dan konsumsi saat di rumah. Menu makanan tersebut sangat mudah untuk didapatkan dan tidak membutuhkan proses yang lama dalam memprosesnya. Segeralah konsumsi menu makanan tersebut agar proses diet Ana berjalan dengan lancar.

Post a comment for "7 Rekomendasi Menu Makan Siang untuk Diet, Mulai Buat Yuk!"