Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Awal Gejala Corona, Simak Apa Saja Itu!

qsehat.com - Mengenal awal gejala corona sangat penting dan secepatnya harus ditangani. Corona yang semakin hari tidak semakin mereda tapi malah semakin menjadi. Bahkan korban meninggal pun akibat wabah corona tidak dapat dianggap sepele. Sensus telah menghitung dan menyatakan bahwa penyakit ini merupakan sebuah tragedi kematian terbesar dari wabah penyakit.

Corona adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, sudah terinfeksi dan menyerang masuk dalam kerja pernapasan manusia. Sehingga apabila awal gejala corona tidak secara cepat tertangani akan menyerang sistem kekebalan tubuh sampai beresiko kematian. Apalagi terkadang tanpa tanda-tanda atau terinfeksi tanpa sebab. Maka dari itu perlu meningkatkan kewaspadaan tanpa gugup menangani penyakit macam ini. 

awal gejala corona
gejala corona

Inilah Beberapa Awal Gejala Corona  

Adapun gejala corona awal bagi penderita terinfeksi adalah:  

1. Demam

Langkah utama mengetahui awal gejala corona adalah dengan cek suhu badan. Apabila diri sudah masuk kategori suhu ≥380 sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ataupun medis terdekat. Penanganan khusus selanjutnya yaitu menambah daya imun dengan banyak mengkonsumsi makanan penuh gizi dan minum air putih sebanyak-banyaknya. 

2. Lemas

Semua macam penyakit pasti disebabkan oleh adanya virus jahat menyerang tubuh. Oleh karenanya  tubuh akan terasa lelah dan lemas jika imun yang digerogoti virus mulai menurun. Untuk menangani hal ini saat anda merasa lemas badan, segera konsumsi makanan dan minuman banyak. Terutama baik yang mengandung protein, karbohidrat, dan vitamin C. Seperti madu dan buah. 

3. Batuk

Batuk adalah penyakit yang ditakuti di musim wabah corono ini. Karena batuk termasuk penyakit yang rentan menular. Oleh karena itu jika anda berada dan bersama orang batuk segeralah menghindar dan menutup mulut, hidung dengan masker. Waspada dan selalu hati-hati, bisa jadi batuk yang anda derita adalah awal gejala corona. Namun ada perbedaan mendasar batuk karena virus corona dengan batuk biasa. 

Yaitu jika anda menderita batuk biasa mungkin selang waktu dua minggu batuk akan sembuh dengan sendirinya. Awal gejala corona bisa ditemui ketika orang merasa sesak nafas dicampur batuk kering tersebut. Dapat dihitung kisaran waktu 14 hari akan semakin jelas gejala yang telah disebutkan akan semakin nampak dan kronis. Khususnya timbul rasa nyeri dada dan kesulitan untuk bernafas. 

4. Nafsu makan berkurang

Setelah terjadi batuk kering sebagai gejala corona yang awal menyerang tubuh. Saat itu juga pasti penderita merasa ada sesuatu yang menyangkut di dalam tenggorokan. Maka dari situlah virus corona mulai bertarung dengan imun tubuh. Apabila imunitas tubuh kalah, maka akan menyebabkan nafsu makan berkurang. Jadi, tubuh akan terasa lemas, dicampur rasa pusing, dan bisa jadi muncul penyakit diare. 

5. Mati rasa

Apa benar ciri-ciri awal gejala corona orang tidak dapat merasakan rasa?. Jawabannya benar, karena orang yang terinfeksi virus, memiliki suhu badan yang menjadi semakin dingin. Jadi, kondisi inilah yang menjadikan kulit mati rasa. Adapun sel lain seperti yang bertanggung jawab dengan bau semakin hari juga tidak dapat merespon dengan baik lagi. Sehingga jika sudah dinyatakan corona menyebar kemana-mana bibir akan terlihat biru dan wajah semakin pucat. 

Itulah tadi beberapa awal gejala corona yang sepantasnya dicurigai. Jadi anda akan selalu berhati-hati dalam berbuat atau bertindak. Oleh karena selalu ikuti protokol kesehatan dari pemerintah untuk menggunakan masker dan mencuci tangan demi kebaikan bersama.

Jangan lalai terhadap gejala awal corona, segera atasi tanda-tanda ketidaksehatan tubuh yang muncul. Anda bisa menguatkan daya tahan tubuh dengan pola makan sehat dan olahraga secara rutin.

Post a comment for " Mengenal Awal Gejala Corona, Simak Apa Saja Itu!"