Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui

qsehat.com - Manfaat sereh untuk kesehatan tubuh telah digunakan oleh orang tua-orang tua kita terdahulu. Sereh memang memiliki wangi yang khas dan  menyegarkan. Aroma khasnya mengingatkan akan wangi nasi uduk. Selain sebagai bumbu dapur, sereh juga memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum pernah diketahui oleh banyak orang. 

Manfaat sereh untuk kesehatan tubuh memang tidak perlu diragukan lagi. Kenapa leluhur bangsa ini sangat menyukai sereh? Karena serah selain sangat mudah ditanam, juga punya manfaat yang teramat banyak. Nah artikel ini hanya khusus membahas tentang khasiat sereh bagi kesehatan.

manfaat sereh untuk kesehatan tubuh
manfaat sereh untuk kesehatan tubuh

Kandungan Sereh 

Bumbu dapur yang satu ini memiliki bentuk yang panjang dan keras. Warnanya kuning mudah dan putih. Tumbuh dengan mudah dan dapat dibudidayakan dengan mudah juga. Daun Serai Memiliki kandungan yang berlimpah nutrisi. ini berarti khasiat sereh untuk kesehatan tubuh juga banyak dong.

Kandungan zat-zat pada sereh untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah  Zinc, Kalsium, Kalium, Tembaga, Sodium, Vitamin A, Vitamin C, Protein, Karbohidrat, Kalori, Selenium, Mangan, Magnesium, Besi, Niasin atau Vitamin B3, Riboflavin atau Vitamin B2, Thiamin atau Vitamin B1, dan Asam Folat.
 
Inilah Khasiat Sereh untuk Kesehatan Tubuh yang Membuat Bahagia

Beberapa manfaat luar biasa sereh yang perlu diketahui, simak dalam ulasan berikut ini.

1. Khasiat Sereh Untuk Mengusir Nyamuk

Nyamuk telah mematikan orang jauh lebih banyak dibandingkan hewan-hewan buas lainnya seperti ular kobra, buaya, singa. Nyamuk menyebabkan penyakit yang mematikan massal seperti demam berdarah, malaria. Dengan menggunakan sereh, maka nyamuk tak berani mendekat karena dengan mencium aromanya yang mengandung antidepresan, ternyata juga mematikan indra perangsang nyamuk.

Manfaat sereh untuk kesehatan tubuh dan menghindari gatal-gatal yang dapat menyebabkan bekas luka yang sangat mengganggu. Bagaimana cara mengambil khasiat sereh untuk kesehatan tubuh yang satu ini? Mudah saja kok hanya dengan mengambil sereh dan mengiris-iris kemudian letakan di tempat-tempat yang sekiranya menjadi tempat nyamuk bersarang. dijamin tak akan suka aromanya.

2. Khasiat Sereh untuk Menurunkan resiko terserang penyakit kanker

Sel-sel kanker dapat tumbuh tanpa disadari. Ternyata kandungan sitral pada sereh dapat menjaga kita dari serangan sel-sel mematikan tersebut. Dengan rajin mengkonsumsi sereh maka manfaat sereh untuk kesehatan tubuh dan terhindar dari kanker dapat diperoleh. Caranya simpel sekali, bukup iris sereh dan ditaburkan pada makanan yang dikonsumsi.

3. Manfaat Sereh untuk Menurunkan tekanan darah tinggi

Efek diuretik pada sereh secara nyata dapat mengurangi dan mengeluarkan kandungan air dan garam yang berlebih pada tubuh. Kedua kandungan inin sesungguhnya dapat menyebabkan masalh tekanan darah tinggi. Khasiat sereh untuk kesehatan tubuh bisa didapat dengan cara mengiris kecil-kecil daun sereh dan mencampurnya dalam makanan.

4. Khasiat Sereh Sebagai ramuan anti depresi

Adanya kandungan antidepresan pada tanaman satu ini memang membuatnya menjadi salah satu bumbu dapur yang harus dimiliki ya. Sistem saraf dapat menjadi lebih kendur dan tidak tegang. Sedangkan untuk pikiran, sereh sangat membantu membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan lebih bahagia.

Khasiat sereh untuk kesehatan tubuh ini dapat diperoleh dengan cara meminum teh daun sereh pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Untuk manfaat lainnya dengan merebus serai kemudian diminum setelah airnya hangat. Gunanya untuk meredakan penyakit gula darah dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Multifungsi sekali ya sereh ini.  

5. Manfaat Sereh untuk Mempercantik kulit 

Nah inilah satu khasiat sereh untuk kesehatan tubuh dan kecantikan yaitu dapat menghilangkan jerawat yang membandel. Dunia kosmetik pun menjadikannya sebagai penyegar untuk wajah. Nah para wanita bila sudah mengetahui manfaatnya tentu akan segera memanfaatkannya kan. Minyak sereh juga dapat meredakan nyeri haid lho.

Agar dapat mengambil manfaat sereh untuk kesehatan tubuh maka sebaiknya rutin mengkonsumsinya. Namun ingat agar jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, tidak ada satu obat herbal pun yang bila dikonsumsi berlebihan menjadi baik efeknya.

Post a comment for "5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan Tubuh yang Harus Anda Ketahui"