Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Senyum yang Wajib Diketahui

Manfaat Senyum yang Wajib Diketahui. Senyum adalah ibadah. Sering mendengar itu, kan? Ternyata kalimat itu memang ajaib. Senyum memberikan efek luar biasa pada psikologis maupun kesehatan tubuh. Tak hanya diri sendiri, senyum juga bermanfaat bagi orang lain. Berikut adalah beberapa manfaat dari tersenyum yang wajib Anda ketahui.

manfaat senyum

Manfaat Senyum yang Wajib Diketahui

1.    Memperbaiki suasana hati

Emang bisa? Tersenyum dapat ‘menipu’ tubuh untuk meningkatkan suasana hati, karena tindakan tersebut mengaktifkan pesan saraf di otak. Penelitian menunjukkan bahwa senyum dapat menjelma menjadi depresan alami. Hal tersebut disebabkan karena senyum dapat merangsang tubuh menghasilkan neurotransmitter, dua senyawa kebahagiaan (senyawa dopamine dan senyawa serotonin).

2.    Meredakan stres

Saat hati merasa senang atau bahagia, Anda pasti cenderung tersenyum. Senyum dan kebahagiaan memiliki hubungan timbal balik. Selain membuat raut muka Anda menjadi lebih cerah, senyum juga bermanfaat untuk meredakan stres. Tak hanya itu, manfaat senyum juga membantu pelepasan senyawa endorphin (senyawa pereda alami di tubuh) sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks.

3.    Meningkatkan imun tubuh

Senyum meningkatkan daya imun tubuh karena membantu kita untuk lebih tenang dan rileks, sebagai efek dari dilepaskannya netrotransmitter di otak. Senyuman yang tulus bisa membantu sistem kekebalan tubuh manusia untuk lebih efektif. Tapi jangan hanya modal senyum untuk meningkatkan imun tubuh. Senyum cuma salah satu.

4.    Membuat lebih menarik dan muda

Bonus manfaat senyum adalah memperbaiki penampilan diri, terlebih menarik, dan atraktif. Saat cemberut, terdapat 43 otot yang bekerja pada wajah Anda, sedangkan saat tersenyum hanya membutuhkan 17 otot. Anda pasti merasa lebih nyaman ketika berdekatan dengan orang tersenyum. Selain itu, otot yang kita gunakan untuk tersenyum membantu mengangkat wajah sehingga terlihat lebih muda.

5.    Meningkatkan rasa percaya diri

Beberapa penelitian ilmiah menjelaskan bahwa orang yang sering tersenyum terlihat lebih percaya diri sehingga berujung pada kesuksesan dalam pekerjaan. Tersenyum membuat Anda dipandang pribadi yang handal, tulus, dan santai. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk tersenyum pada kolega, klien, pelanggan, rekan kerja, teman, hingga atasan, yang mungkin memberikan respon positif dari mereka untuk Anda.

6.    Menjaga kesehatan mental

Manfaat senyum juga membuat otak dan seluruh tubuh akan menerima pesan seolah hal-hal baik terjadi pada diri kita ketika gembira atau senang. Orang yang mudah tersenyum cenderung dapat menetralkan segala bentuk emosi negatif yang muncul, sehingga orang tersebut lebih bisa mengimbangi dan mengelola stress dengan lebih baik serta terhindar dari kesepian.

7.    Menyehatkan paru-paru dan jantung

Ketika tersenyum hingga tertawa, paru-paru akan mengembang dan terisi oksigen lebih banyak. Kondisi tersebut membuat paru-paru Anda memompa darah yang kaya akan oksigen, sehingga paru-paru lebih bersih dan sehat. Selain itu, sebuah penelitian menjelaskan bahwa saat tertawa produksi oksigen dalam peredaran darah akan meningkat.

8.    Menurunkan tekanan darah

Jika Anda memiliki masalah tekanan darah atau hipertensi, sering-seringlah untuk tersenyum. Manfaat senyum yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Menurut penelitian, tertawa memicu periode relaksasi otot dan penurunan denyut jantung serta tekanan darah, sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kronis.

9.    Menularkan aura positif

Senyum itu menular. Lebih tepatnya menularkan aura positif pada orang-orang sekitar. Apakah Anda pernah melihat orang tersenyum, lalu Anda juga ikut tersenyum? Ya. Penelitian menunjukkan bahwa dengan melihat orang tersenyum dapat meningkatkan area otak yang mengontrol gerakan wajah dan akhirnya membuat orang lain ikut tersenyum.

Memang kita tidak bisa tersenyum setiap waktu. Tidak apa-apa. Karena hidup juga tidak selamanya menyenangkan, banyak rintangan yang tak jarang memaksa air mata untuk keluar. Jangan khawatir, sedih juga tak selamanya betah di hidup kita. Setelah itu, senyum pasti akan terbit kembali. Tetap semangat. Semoga beberapa manfaat senyum di atas dapat menjadi alasan untuk Anda untuk lebih sering tersenyum.

Post a comment for "Manfaat Senyum yang Wajib Diketahui"