Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahuilah Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa Anda

qsehat.com - Manfaat saffron untuk kesehatan tubuh saat ini memang telah banyak diketahui. Terbukti dengan meningkatnya penjualan saffron di lapak-lapak online. Linimasa medsos dan beberapa marketplace terlihat ramai penjualannya. Harganya ya terbilang cukup mahal juga memang. 

Namun karena manfaatnya yang hebat, maka pembeli pun tak merasa rugi merogoh kocek lebih dalam. Manfaat saffron untuk kesehatan tubuh tak dapat dipungkiri memang cukup banyak. Saffron sebenarnya adalah rempah yang bentuknya laksana benang halus yang berwarna merah dan tipis. Awalnya digunakan sebagai bumbu masak lho.

manfaat saffron untuk kesehatan
manfaat saffron untuk kesehatan

Inilah Khasiat Saffron Untuk Kesehatan Tubuh Yang Luar Biasa

Salah satu rempah yang harganya paling mahal di dunia ini rupanya sedang booming di tanah air. Berikut beberapa manfaat saffron untuk kesehatan tubuh:

1. Khasiat saffron untuk mengontrol berat badan agar lebih ideal

Telah dilakukan penelitian pada sejumlah wanita, hasilnya yang mengkonsumsi saffron selama 8 minggu turun nafsu makan serta berat badannya. Bukan itu saja lingkar perut juga dapat menyusut lho. Nah ternyata manfaat saffron untuk kesehatan tubuh dan diet cukup signifikan ya.

2. Manfaat saffron untuk membantu mengurangi stress

Khasiat saffron untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah membantu menurunkan kadar stress. Efek yang diperoleh ketika tingkat stress menurun adalah membantu proses penyembuhan pada orang-orang yang mengalami depresi. Selain itu berdasarkan penelitian saffron juga berefek melindungi kondisi saraf atau neuroproteksi.

3. Khasiat saffron untuk menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada saffron berhubungan dengan penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir semua orang yaitu kanker dan penyakit jantung. Konsumsi saffron  ternyata dapat mengurangi efek karena terpapar radikal bebas. Manfaat saffron untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit  dapat dirasakan karena kulit mudah rusak oleh pengaruh radikal bebas.

4. Manfaat saffron untuk mengurangi gejala PMS (premenstrual syndrome) pada wanita

Banyak wanita yang merasa sangat tidak nyaman jelang menstruasi. Perkara itu disebabkan oleh tidak seimbangnya hormon dalam tubuh. Konsumsi sebanyak 30 gram bunga saffron atau dengan cara menghirupnya tak kurang dari 20 menit akn dapat meredakan gejala PMS. Khasiat saffron untuk kesehatan tubuh wanita karena bisa menurunkan kadar hormon stres kortisol.

5. Khasiat saffron Meningkatkan kadar LDL dalam darah 

Konsumsi saffron menurut penelitian dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan sebaliknya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (high-density lipoprotein) dalam darah. itulah manfaat saffron untuk kesehatan tubuh dan jantung yang bisa dicoba. Meskipun perlu lanjutan penelitian ini, namun sampai saat ini memang telah terlihat.

6. Manfaat saffron untuk membantu meringankan penyakit diabetes

Saffron mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Setelah adanya penelitian dengan tikus sebagai sampelnya didapatkan hasil tersebut. Menurut penelitian tersebut konsumsi sebanyak 30 gram saja setiap harinya sudah mampu memberikan khasiat saffron untuk kesehatan tubuh. Saffron dapat dikonsumsi dengan diseduh atau dalam kapsul.

7. Khasiat saffron untuk membantu meningkatkan daya penglihatan mata

Saffron mengandung beta carotene yang besar manfaatnya bagi kesehatan mata. Dengan degenerasi makula yang disebabkan oleh bertambahnya usia, rupanya penglihatan orang dewasa dapat ditingkatkan. Karena itulah dianjurkan untuk meminum rempah ini agar dapat menerima manfaat saffron bagi mata.

8. Manfaat saffron untuk membantu menjaga daya ingat

Ternyata dengan mengkonsumsi saffron sebanyak 15 mg saja sebanyak 2x sehari dapat secara nyata dan meyakinkan meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Khasiat saffron bagi kesehatan tubuh ini rasanya sangat perlu dicoba terutama bagi mereka yang berusia lanjut yang mengalami gangguan Alzheimer.

Tuh kan banyak manfaat saffron untuk kesehatan tubuh. Sebenarnya masih banyak lagi manfaatnya namun hal itu akan dibahas di artikel lain ya. Namun tetap berhati-hati ya karena bila berlebihan dapat membawa efek yang kurang baik bagi tubuh. Meskipun mahal bila manfaatnya memang benar dapat dirasakan, why not?

Post a comment for "Ketahuilah Manfaat Saffron Untuk Kesehatan Tubuh dan Jiwa Anda"

Berlangganan via Email