Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh, Nomer 2 Harus Tahu!

qsehat.com - Madu adalah salah satu produk alam yang kaya akan manfaat dan khasiat di dalamnya. Manfaat madu untuk kesehatan tubuh memang tidak membawa dampak atau efek negatif untuk manusia. Khasiatnya juga sangat ampuh dan benar-benar terbukti.

Banyak orang yang menganggap bahwa harga madu ini sangat mahal. Untuk masalah ini, Anda harus mengetahui bahwa harga madu yang asli memang seimbang dengan kualitas yang ada didalamnya. Pada artikel di bawah ini akan dijelaskan mengenai Khasiat madu yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

manfaat madu untuk kesehatan
manfaat madu untuk kesehatan

Inilah Khasiat Madu untuk Kesehatan Tubuh


Madu memang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan seseorang. Beberapa penyakit bisa dinetralisir dengan mengkonsumsi madu. Berikut adalah penjelasannya

1. Manfaat Madu untuk Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Khasiat madu untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menjaga dan menyeimbangkan kadar kolesterol. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, madu bisa mengurangi LDL dalam tubuh. LDL ini adalah kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Madu dianggap sangat baik untuk meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan berusaha keras untuk mengurangi LDL (kolesterol jahat). Terdapat sebuah kasus studi terhadap 55 pasien yang membandingkan madu dengan gula (gula pasir). Hasil lab menyebut bahwa madu bisa menurunkan kolesterol jahat sebanyak 5,8% dan meningkatkan kolesterol baik sebanyak 3,3%.

2. Manfaat Madu untuk Mencegah Penyakit Jantung

Madu juga berkhasiat untuk mencegah serangan jantung pada manusia. Ini dikarenakan di dalam madu terdapat senyawa antioksidan dan kandungan fenol. Kandungan tersebut bekerja dalam mengurangi resiko penyakit jantung. 

Menurut penelitian, madu dapat membantu pembesaran bagian arteri pada jantung. Dengan demikian, aliran darah ke jantung akan semakin meningkat. Dari sanalah aliran darah akan lancar tanpa ada gumpalan yang akan menyebabkan serangan jantung secara mendadak.

3. Khasiat Madu untuk Menghilangkan Masalah Ketombe

Berikutnya, manfaat madu untuk kesehatan tubuh adalah menghilangkan masalah ketombe. Ini adalah salah satu permasalahan pada kepala terutama rambut manusia. Ketombe membuat risih dan dapat dianggap sebagai permasalahan yang harus ditangani.

Berdasarkan jurnal eropa pada tahun 2001 menyatakan bahwa madu bisa menghilangkan ketombe pada rambut. Dalam jangka waktu seminggu setelah pemakaian madu yang dioleskan ke area kepala yang bermasalah maka ketombe akan menghilang. Rasa gatal pada rambut juga tidak akan Anda temukan lagi setelah memakai madu.

4. Manfaat Madu sebagai Obat Luka Bakar

Informasi yang harus Anda tahu adalah khasiat madu ini memiliki sifat antibakteri. Selain itu, madu juga bersifat anti-inflamasi. Keduanya memiliki kemampuan memperbaiki jaringan-jaringan yang ada dalam kulit. Kulit yang mengalami masalah seperti terbakar atau luka berarti kulit tersebut pasti ada jaringan yang rusak di dalamnya.

Dengan kedua sifat di dalam madu maka luka ini akan sembuh, kering, dan tergantikan dengan kulit baru dengan jaringan yang sehat. Ini sudah terbukti akan manfaat madu untuk kesehatan luka bakar. Didukung dengan 26 penelitian yang menunjukkan hasil positif untuk madu dijadikan sebagai obat luka bakar.

5. Khasiat Madu untuk Menyembuhkan Batuk

Khasiat Madu juga bisa untuk menyembuhkan batuk. Ini dikarenakan kandungan madu yang bernama antimikroba. Ketika Anda minum madu, maka madu akan membunuh semua kuman yang ada di dalam tubuh. 

Ini sudah terbukti dengan melewatkan banyak penelitian anak-anak yang sedang mengalami batuk. Minum madu sesering mungkin untuk melindungi tubuh dari bakteri atau virus yang akan masuk di dalam tubuh. Madu ini juga bisa memperkuat daya imun yang ada dalam tubuh manusia.

Itulah penjelasan lengkap mengenai manfaat madu untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak lagi khasiat madu untuk tubuh manusia.Anda bisa minum madu setiap harinya dengan meminumnya secara langsung atau menambahkan air putih didalamnya.

Post a comment for "5 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh, Nomer 2 Harus Tahu!"