Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh dan Sebagai Obat Alami

qsehat.com - Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Ramuan tradisional yang terbuat dari kunyit bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Dalam bidang kecantikan pun tak sedikit yang memanfaatkan kunyit untuk mencerahkan wajah.

Jika mayoritas orang mengenal kunyit hanya sebagai bumbu rempah, manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh manusia sudah semakin dirasakan. Banyak diantara mereka yang telah mencoba ramuan kunyit merasa bahwa penyakit yang diderita perlahan mulai berkurang gejalanya.

manfaat kunyit untuk kesehatan
manfaat kunyit untuk kesehatan

Inilah Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

Tidak hanya dikenal sebagai bumbu, kunyit sejak jaman dahulu telah digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh kini bahkan semakin familiar karena lebih banyak orang yang memilih pengobatan herbal yang aman untuk jangka panjang. Penasaran apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Simak di bawah ini:

1. Melawan Infeksi

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat melawan infeksi yang terjadi pada tubuh yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Mulai dari diare, keracunan makanan, sariawan dan infeksi kulit seperti bisul.

Ekstrak kunyit juga memiliki khasiat melawan bakteri penyebab bau mulut dan efeknya hampir setara dengan yang ditunjukkan oleh merek obat kumur terkenal yang ada di pasaran. Khasiat kunyit bagi kesehatan tubuh memang sudah terbukti bahkan sebelum manusia melakukan penelitian yang lebih modern.

2. Mengobati Maag

Kunyit telah lama populer digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami.  Yang paling banyak adalah maag yang menyerang organ lambung. Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan lambung bisa diambil dengan menyeduh secangkir teh kunyit hangat untuk meredakan sakit maag yang muncul.

Kunyit yang mengandung kurkumin dipercaya dapat mengobati peradangan akibat luka. Ramuan kunyit juga membantu mengurangi kambuhnya gejala maag. Hal itu dikarenakan kurkumin dalam kunyit dapat bekerja mengendalikan produksi asam lambung. Itulah khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh yang kedua.

3. Mengurangi Mual

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh wanita juga banyak sekali. Salah satu contohnya adalah untuk mengurangi mual yang kadang terjadi saat haid atau saat sedang sakit. Namun, kunyit tidak bisa dikonsumsi sendirian. 

Agar hasilnya maksimal harus dicampur dengan lada hitam. Piperin yang ada pada lada hitam dapat meningkatkan penyerapan kurkumin lebih cepat ke dalam darah. Khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh yang bercampur dengan lada hitam ini akan bertahan lama dalam darah hingga penyerapannya lebih maksimal.

4. Meredakan Nyeri Haid

Jika Anda wanita dan sedang menderita nyeri haid, maka ramuan jamu yang sering diberikan pastilah jamur kunir asam. Jamu ini memang terkenal dapat membantu meredakan nyeri haid. Manfaat kunyit untuk meredakan haid ini sudah terbukti dan bukan sekedar nasehat ringan dari nenek moyang.

Hingga kini banyak orang yang telah merasakan khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh karena adanya kandungan kurkumin yang berkhasiat sebagai pereda nyeri alami atau analgesic yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram. Manfaatnya semakin diperkuat oleh efek antioksidan tanin dan phlobatannin dari asam jawa yang menenangkan kontraksi rahim.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang alami mulai banyak diperhatikan karena berkhasiat pula untuk menurunkan berat badan. Kurkuminnya dapat menekan respon peradangan pada sel tubuh, termasuk sel lemak dan otot.

Reaksi ini yang dapat membantu untuk mengurangi resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dan gangguan metabolic lainnya yang memicu berat badan berlebih. Dalam jangka waktu yang lama, khasiat kunyit untuk kesehatan tubuh dengan minum jamu kunyit akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil berat badan yang lebih ideal.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi jamu kunyit. Bisa jamu kunyit murni atau mencampurnya dengan asam jawa. Salam sehat.

Post a comment for "5 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh dan Sebagai Obat Alami"