Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Lambung dan Sebagainya

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Lambung dan Sebagainya. Jahe adalah salah satu bumbu yang bisa menambahkan rasa istimewa pada makanan atau minuman. Umumnya Anda akan merasakan kombinasi rasa manis dan pedas yang enak di lidah ketika mengkonsumsi jahe. Tapi, apakah sesuatu yang istimewa ini harus digunakan secukupnya saja? Tidak, mengkonsumsi jahe setiap hari dapat menawarkan Anda segala macam manfaat kesehatan. Bahkan jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda mungkin harus mulai mencobanya.

manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

1.    Mengatasi refluks asam lambung

Refluks asam, atau yang dikenal sebagai mulas, adalah kondisi yang menyakitkan yang mungkin membuat Anda mencari obat bebas untuk meredakannya. Lain kali, jika Anda mengalami gejala tersebut, segeralah pergi ke dapur untuk mencari jahe. Faktanya, beberapa zat aktif dalam jahe digunakan dalam obat sakit maag karena memiliki kemampuan anti-inflamasi dan anti-mual. Jadi mengonsumsi jahe saat Anda mengalami refluks asam akan mengatasi gejalanya. Bahkan bukti lain menunjukkan jika konsumsi jahe secara teratur dapat menghilangkan gejalanya sama sekali.

2.    Sifat anti-inflamasi

Bukan rahasia lagi jika manfaat jahe untuk kesehatan karena sifat anti inflamasi-nya. Efek anti-inflamasi jahe dapat membantu ketidaknyamanan yang berkaitan dengan persendian. Sendi yang bengkak dapat membatasi rentang gerak dan menyebabkan nyeri kronis yang hebat. Sementara jahe mungkin bisa mengurangi peradangan, karena mengandung zat seperti gingerol. Beberapa penelitian menunjukkan jika manfaat jahe ini sama efektifnya dengan ibuprofen dalam mengurangi nyeri sendi. Bahkan, salep atau krim yang megandung jahe juga sering direkomendasikan untuk meredakan nyeri topikal pada penderita osteoartritis.

3.    Memperbaiki kulit

Jahe juga bagus untuk kulit, tetapi tidak harus dioleskan langsung untuk melihat hasilnya. Fakta bahwa jahe baik untuk pencernaan telah membuktikan jika ini memiliki efek pada kulit. Makanan yang ada di sistem pencernaan terlalu lama akan menciptakan produk sampingan beracun, yang menyebabkan masalah psoriasis, eksim, dan jerawat. Untuk itu, mengkonsumsi jahe tidak hanya melancarkan pencernaan Anda. Namun juga berkontribusi pada kulit yang bersih dan halus, saat keluar dari tubuh Anda melalui keringat. Sementara itu, jahe juga dapat berfungsi sebagai antiseptik untuk luka kecil atau lecet.

4.    Mengalahkan peluang kanker

Beberapa penelitian telah melaporkan jika jahe adalah senjata yang ampuh untuk melawan sel kanker. Namun ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Sementara itu, Anda tidak perlu menunggu sampai Anda menderita kanker guna membuktikan manfaat jahe untuk kesehatan. Sebagai informasi, jahe dapat mengurangi peradangan usus besar. Dengan demikian ini mungkin dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker pencernaan.

5.    Memperbaiki pencernaan

Jahe membantu meningkatkan pencernaan dengan beberapa cara. Ini bagus untuk meredakan sakit perut, itulah sebabnya banyak wanita hamil menggunakannya untuk memerangi mual di pagi hari. Jahe juga membantu mengendurkan usus yang kram, sangat baik untuk penderita IBS. Itu juga menghilangkan gas yang memalukan dari sistem pencernaan. Alasan lain yang bisa membuat Anda mengkonsumsi jahe yakni bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Yang pada akhirnya ini mengarah pada kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

6.    Membantu penurunan berat badan

Menambahkan jahe ke dalam asupan makanan harian juga dapat mempermudah Anda menurunkan berat badan. Jahe dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori dan mendorong metabolisme tubuh, sehingga makanan yang Anda makan akan dicerna sepenuhnya. Manfaat jahe untuk kesehatan lainnya yaitu membantu pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan sekresi insulin. Jahe juga dapat membantu Anda kenyang lebih lama sehingga Anda terbebas dari keinginan ngemil.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan yang bisa kami rangkumkan. Tentunya manfaat jahe tidak berhenti di situ saja, jadi cobalah untuk mencari referensi lainnya. Sementara itu, Anda bisa mencampurkan jahe ke dalam bumbu masak, minuman teh, atau sebagainya. Itu tidak akan mengurangi manfaatnya.

Post a comment for "Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Lambung dan Sebagainya"