Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin A

Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin A – Vitamin-A adalah bentuk salah satu vitamin yang mempunyai fungsi untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh. Utamanya mata, organ yang lain adalah kulit, sistem kekebalan tubuh dan organ reproduksi. Selain berfungsi dalam menjaga kesehatan mata dan dalam proses penglihatan, Vitamin-A juga diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai macam mikroorganisme asing dan patogen penyebab penyakit. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut mengandung antioksidan.

Vitamin A

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Terkenal dengan kemampuan memelihara kesehatan mata, vitamin ini juga sangat baik bagi sistem imun tubuh, komunikasi antar sel dan reproduksi. Manfaat lainnya adalah untuk menunjang pembelahan dan pertumbuhan sel, menjaga fungsi ginjal, jantung dan paru-paru.  Tida hanya baik untuk mata saja, vitamin ini pun memiliki manfaat lain yang bagus untuk tubuh. Berikut akan diulas tentang berbagai manfaatnya;

Memperlambat dan Mencegah Munculnya Rabun Senja

Vitamin A diperlukan dalam mengubah cahaya yang masuk ke mata dan menjadi sinyal saraf yang kemudian akan dikirim ke otak. Vitamin ini mengandung beta karoten yang mampu memperlambat terjadinya degenerasi mata dan mencegah rabun senja dengan cara memelihara fungsi pigmen rhodopsin di dalam retina. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya rabun jauh banyak dari mereka yang mengkonsumsi wortel karena kandungan vitaminnya yang bagus.

Membantu Dalam Perawatan Kulit

Manfaat lain dari vitamin ini yang dapat dirasakan adalah membantu dan memelihara kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, dapat membantu menjaga kelembapan kulit serta membantu produksi minyak. Retinoid yang terkandung dalam vitamin ini biasanya diresepkan dokter untuk mengatasi berbagai macam permasalahan kulit seperti jerawat. Caranya cukup dioleskan langsung ke kulit yang bermasalah. Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini juga akan sangat membantu.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Pada dasarnya secara alami tubuh memiliki sistem imunitas yang berfungsi untuk melawan berbagai serangan penyakit yang datang. Vitamin A inilah yang mampu merangsang respon sistem imun dan membantu dalam pembentukan sel-sel imun. Salah satu yang penting adalah sel T dan B yang mempunyai peran dalam melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme yang menyebabkan berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, vitamin ini berperan penting dalam produksi dan fungsi sel darah putih. Sel darah ini yang membantu melawan patogen penyakit di dalam darah. Oleh karena itu, apabila kekurangan vitamin-A tubuh akan rentan dari penyakit dan apabila sakit proses penyembuhannya akan lama. Begitu pentingnya manfaat vitamin ini, bahkan anjuran konsumsinya selalu gencar digalakkan agar tidak kekurangan vitamin dalam tubuh.

Menunjang Perkembangan Janin

Para Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin ini karena manfaatnya yang sangat besar untuk memperkuat berbagai jaringan tubuh pada janin seperti otot, otak, jantung dan yang lainnya. Utamanya di trimester pertama dimana jaringan dalam janin mulai terbentuk. Oleh sebab itu, pada saat tersebut Ibu hamil disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A sehingga janin bisa tumbuh sempurna semua organ tubuhnya.

Makanan yang Mengandung Vitamin-A

Sumber vitamin ini bisa ditemukan pada berbagai produk hewani, diantaranya adalah susu, keju, ikan salmon, makarel, daging, kuning telur, minyak ikan kod. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin ini adalah buah-buahan yang berwarna orange tua seperti apel, pisang dan mangga. Sayur-sayuran contohnya wortel, paprika, bayam, kangkung dan kacang-kacangan. Mengkonsumsinya setiap hari akan sangat bagus untuk tubuh.

Bulan Agustus ini adalah bulan dimana biasanya vitamin A diberikan sebagai tambahan asupan bagi tubuh agar terlindungi dari berbagai macam penyakit. Vitamin yang mempunyai peran penting dalam kesehatan tubuh amat mudah ditemukan diberbagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi kini tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi vitamin ini. Jika ingin punya tubuh yang sehat, maka perbanyaklah makan makanan yang mengandung berbagai vitamin.

Post a comment for "Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin A"