Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Berpikir Positif Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental yang Jarang Disadari

Manfaat Berpikir Positif Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental yang Jarang Disadari. Pernahkah Anda mendengar konsep "the power of positif thinking"? Nah konsep ini menjelaskan bahwa berpikir positif memiliki pengaruh besar dalam hidup manusia. Banyak masalah terjadi disebabkan oleh pikiran, bukan tubuh. Oleh karena itu, tubuh dan mental yang sehat didapatkan dari membiasakan diri berpikir positif. Namun, bisakah manusia melatih diri untuk selalu berpikir positif?

Membiasakan diri untuk selalu berpikir memang tidak mudah. Ketika seseorang tengah berhadapan dengan suatu masalah, pikiran tentu akan sangat berperan. Ketika pikiran negatif yang muncul, maka yang muncul hanyalah kekhawatiran, ketakutan dan keputusan yang tergesa-gesa. Sedangkan jika berpikir secara positif, maka yang muncul adalah solusi dan keputusan bijak karena diambil dengan pikiran yang tenang. Nah, dari permisalan tersebut terlihat betapa pikiran memengaruhi kita, begitupun untuk kesehatan.

manfaat berpikir positif untuk kesehatan

Manfaat Berpikir Positif Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Berpikir Positif Dapat Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Para peneliti meyakini bahwa pikiran memiliki efek yang kuat pada tubuh. Berdasarkan sebuah studi, bahwa aktivasi di area otak yang terkait dengan emosi negatif dapat menyebabkan respons sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah terhadap vaksin flu. Sedangkan orang yang optimis dan bahagia, memiliki daya tahan tubuh lebih kuat. Karena hormon oksitosin atau sering disebut hormon cinta akan bekerja keseluruh tubuh saat seseorang merasa bahagia dan optimis. Jadi, itulah salah satu manfaat berpikir positif untuk kesehatan, yaitu meningkatkan sistem imun tubuh.

Berpikir Positif Dapat Mencegah Dari Penyakit

Orang-orang yang senantiasa berpikir positif hidupnya lebih sehat. Hal ini karena hidupnya penuh semangat dan penuh harapan. The Mayo Clinic mengungkapkan bahwa sejumlah manfaat kesehatan terkait berpikir positif, seperti risiko kematian yang menurun akibat masalah kardiovaskular, berkurangnya risiko depresi dan meningkatnya angka harapan hidup. Beberapa peneliti juga menyebutkan bahwa orang yang berpikir positif dapat menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Selain itu juga, orang yang berpikir positif biasanya dapat mengatasi stres dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan ketenangan hidup.

Berpikir Positif Dapat Mencegah Stroke

Hidup optimis dapat memperlambat munculnya plak pada arteri Anda. Plak inilah penyebab munculnya penyakit stroke. Hasil penelitian dari University of Michigan menemukan bahwa orang yang terbiasa berpikir positif dalam hidup memiliki risiko stroke lebih rendah. Ini salah satu manfaat berpikir positif untuk kesehatan tubuh, yaitu terhindarnya dari penyakit stroke. Selalulah berpikir positif agar sehat selalu.

Meredam Stres Dengan Cara Berpikir Positif

Saat ditimpa masalah, cobalah untuk berpikir positif agar lebih tenang. Memikirkan masalah secara berlarut-larut dapat mengakibatkan pusing dan stres bahkan depresi. Namun, bagi orang yang selalu berpikir positif, baginya setiap masalah ada jalan keluarnya. Di sisi lain, orang pesimis akan menyerah dan menganggap semua di luar kendalinya. Hal inilah yang mengakibatkan stres yang tidak berkesudahan bahkan membuat masalah menjadi tekanan.

Nah, itulah beberapa manfaat berpikir positif untuk kesehatan tubuh dan mental. Yakinlah bahwa berpikir positif dapat membuat hidup Anda lebih baik, tubuh lebih sehat dan mental menjadi lebih kuat dan tenang. Anda bisa mencoba melatih diri untuk berpikir postif dengan mengucap syukur, tertawa atau dengan melakukan hal-hal positif seperti berolahraga. Hal ini akan membuat hidup Anda lebih positif, bahagia dan tentunya lebih sehat. Yuk, mulai berpikir positif saat ini juga.

Post a comment for "Manfaat Berpikir Positif Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental yang Jarang Disadari"