Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Gejala Sinusitis Agar Tidak Salah dengan Flu Biasa

qsehat.com - Gejala sinusitis hampir sama dengan penyakit flu biasa, tapi sebenarnya kalau diperhatikan lebih lanjut, ada banyak sekali perbedaannya. Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau vinus yang membuat saluran sinus meradang atau bengkak. Sinusitis bisa menjadi kronis, bila gejala berlangsung lebih dari empat minggu dan terjadi lebih dari empat kali setahun. 

Sinusitis kronis biasanya disebabkan oleh atau kondisi terkait dengan polip hidung, alergi, atau infeksi saluran pernapasan. Penyakit ini bisa mempengaruhi pula beberapa kondisi kesehatan tubuh, bahkan bisa membuat Anda terbaring lemas di kamas. Tentunya, Anda tidak mau mengalami kondisi ini bukan? Oleh karena itu, ketahuilah gejala sinusitis agar Anda dapat lebih waspada dan mendapatkan pengobatan sinus sesegera mungkin. 

gejala sinusitis
gejala sinusitis

 Inilah Tanda-tanda Sinusitis yang Perlu Anda Ketahui

Ada beberapa gejala sinusitis yang harus Anda waspadai agar tidak menjadi kronis, diantaranya adalah:

1. Sakit Kepala

Nyeri adalah salah satu tanda sinusitis yang paling umum. Biasanya terjadi di dahi, rahang atas dan gigi, di antara mata, atau di leher Anda. Area kepala yang sakit menandakan pasangan sinus yang terinfeksi. Rasakan letak sakit kepala Anda maka, akan tahu bagian sinus mana yang bermasalah.

Perlu diketahui bahwa Anda memiliki empat pasang sinus, termasuk bagian depan Anda, yang berada di dekat dahi Anda. Sinus rahang atas berada di dekat tulang pipi Anda. Sinus ethmoid Anda ada di antara mata Anda. Sinus sphenoid Anda berada di belakang sinus ethmoid.

2. Sekresi Hidung Tebal Berwarna

Sekresi hidung atau ingus yang kental adalah gejala sinusitis kedua. Sekresi bisa berwarna putih, kehijauan, kekuningan, atau diwarnai dengan darah. Jika sekresi menetes ke bagian belakang tenggorokan, akan sulit untuk membersihkan tenggorokan. Jika mengalami infeksi sinus, Anda cenderung mengalami hidung tersumbat. Wajah Anda mungkin juga terasa penuh.

3. Demam

Gejala sinusitis berikutnya adalah demam sampai 38 derajat celcius bahkan bisa lebih tinggi. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum obat apotek seperti asetaminofen atau ibuprofen. Obat-obat tersebut dapat membantu meredakan nyeri dan demam yang terkait dengan sinusitis, jika diminum sesuai petunjuk. Lebih baik periksakan kondisi Anda kepada dokter dulu sebelum minum obat tersebut. 

4. Kelelahan

Selanjutnya, gejala sinusitis yang perlu Anda ketahui adalah kelelahan berlebih. Saat sinus Anda terinfeksi virus, maka Anda akan mengalami rasa lelah. Kelelahan juga disertai dengan pilek dan alergi. Jadi catat semua tanda-tanda yang Anda alami untuk membantu mengetahui apakah kelelahan Anda bisa disebabkan oleh sinusitis. 

Banyak istirahat dapat membantu Anda merasa lebih baik, terutama jika infeksi sinus Anda disebabkan oleh virus. Hindari meminum antibiotik tanpa resep dokter karena antibiotik tidak dapat mengobati infeksi virus. Oleh karena itu, istirahat dan minum banyak air adalah obat terbaik.

Jika Anda merasakan flu selama berminggu-minggu, ada kemungkinan benar-benar mengalami infeksi sinus. Flu biasa biasanya berlangsung 7 hingga 14 hari. Sedangkan sinusitis akut, dapat berlangsung hingga 4 minggu. Bentuk sinusitis subakut dapat berlangsung selama 4 hingga 12 minggu, dan sinusitis kronis dapat berlangsung selama 12 minggu atau lebih, berlanjut selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun.

Cara Mengatasi Sinusitis

Setelah mengetahui gejala sinusitis dan Anda juga sudah berkonsultasi kepada dokter dan hasilnya memang kondisi itu, selanjutnya obatilah. Anda dapat mengobati diri Anda dengan minum banyak cairan, menggunakan pelembab udara yang bersih, mandi air panas dan menghirup uap. Selain itu, hindari merokok dan asap rokok. 

Memberikan kompres hangat di atas hidung dan dahi juga dapat membantu meredakan tekanan sinus. Pereda nyeri dapat membantu mengurangi pembengkakan di saluran hidung sehingga Anda dapat bernapas dengan lebih mudah.

Temui dokter jika gejala sinusitis Anda berlangsung lebih dari 10 hari. Jangan tunda dan segera periksakan kondisi Anda agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Post a comment for " Ketahui Gejala Sinusitis Agar Tidak Salah dengan Flu Biasa"