Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet DEBM Adalah Menyenangkan untuk Dijalani, Ketahui Caranya!

qsehat.com - Diet DEBM adalah Diet yang Enak Bahagia Menyenangkan. Apakah Anda familiar dengan jenis diet tersebut? diet ini berawal dari pengalaman pribadi pencetusnya, Robert Hendrik Limbono. Uniknya, Robert merumuskan diet DEBM berdasarkan pengalaman pribadinya. Keberhasilan Robert menurunkan berat badan setelah mengalami lonjakan cukup drastis melatarbelakangi lahirnya DEBM.

Pada tahun 2017, berat badan Robert naik drastis dari 78 kilogram menuju angka 107 kilogram. Setelah menjalankan pola makan ala diet DEBM secara konsisten, berat badan Robert berhasil kembali ke angka 75 kilogram. Diet DEBM adalah jenis diet yang menitikberatkan pada pemilihan jenis makanan. Ada aturan mengenai kandungan makanan yang harus diperhatikan oleh pelaku diet DEBM.

diet debm adalah
DEBM

Pola Makan Pada Diet DEBM (Diet, Enak, Bahagia dan Menyenangkan)

Sesuai namanya, diet DEBM adalah diet yang dilakukan dengan menyenangkan. Pasalnya, meski Anda malas olahraga Anda tetap boleh makan dan ngemil sebanyak mungkin. Meski begitu, dalam diet DEBM terdapat makanan pantangan yang perlu dihindari. Bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan dengan diet DEBM, perhatikan dulu penjelasan berikut!

1. Hindari makanan tinggi karbohidrat

Karbohidrat dihindari karena dianggap sebagai pemicu terbesar terjadinya kelebihan berat badan. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat menyebabkan penumpukan kalori. Hal itu dikarenakan karbohidrat memberikan sumbangan kalori yang besar. Apalagi jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik atau olahraga teratur, maka bersiaplah mengalami kegemukan hingga obesitas.

Oleh karena itu, kunci pertama dari keberhasilan diet DEBM adalah menghindari makanan berkarbohidrat tinggi. Anda perlu mengubah kebiasaan menempatkan nasi sebagai makanan utama. Pengganti karbohidrat dari nasi bisa berasal dari sayuran hijau, wortel, dan buncis. Mie dan roti juga wajib dihindari.

Selain nasi dan olahan tepung, makanan DEBM tinggi karbo lainnya pantang dikonsumsi. Sayuran tinggi pati seperti ubi, bit, labu, dan kentang harus Anda hindari. Buah yang mengandung karbohidrat tinggi juga masuk dalam daftar pantangan. Buah tersebut di antaranya melon, mangga, semangka, pisang, dan pepaya. Jangan lupakan si manis penghasil karbo, segala bentuk gula dilarang dalam diet DEBM.

2. Konsumsi Protein dan Lemak sebanyak mungkin

Mungkin Anda bertanya-tanya, jika hampir semua jenis karbo tidak diperbolehkan, lalu apa yang harus Anda makan? Jangan khawatir karena makanan utama dalam diet DEBM adalah protein dan lemak. Kebutuhan energi pelaku diet DEBM memang tidak didapat dari karbohidrat melainkan dari protein. Lemak juga termasuk zat yang diizinkan.

Jumlah protein yang dikonsumsi pelaku diet DEBM tidak dibatasi. Ketentuan mengenai sumber protein pun tidak ada. Berikut Makanan DEBM tinggi protein dan lemak yang dianjurkan:

  • Telur
  • Daging unggas maupun sapi
  • Sgala jenis ikan, utamanya tuna dan salmon
  • Susu beserta produk turunannya (keju, krim, yogurt)
  • Buah berlemak tinggi seperti alpukat
  • Santan
  • Agar-agar/ jelly plain

Makanan-makanan yang dianjurkan di atas bisa diolah menggunakan cara apapun. Termasuk digoreng dan ditumis dengan tambahan garam dan penyedap rasa msg. Jam makan dalam diet DEBM adalah cukup fleksibel. Anda sebaiknya segera sarapan setelah bangun tidur dengan menu makanan DEBM tinggi protein yang dianjurkan. 

Wajib diingat karbohidrat hanya boleh dikonsumsi maksimal sampai jam 6 sore. Anda juga masih bisa ngemil asal menggunakan bahan-bahan yang dianjurkan. Agar mudah, Anda sebaiknya merencanakan menu diet DEBM seminggu. Di bawah ini contoh pilihan menunya. 

  • Sup tomat telur orak-arik telur dan buncis    
  • Sate telur puyuh
  • Tumis brokoli telur
  • Sup daging sapi
  • Tumis taoge sapi              
  • Ayam goreng

Masih banyak lagi menu diet DEBM seminggu yang bisa Anda kreasikan. Bagaimana, diet DEBM adalah diet yang sangat menarik, bukan? Semangat menurunkan berat badan dengan menyenangkan.

Post a comment for "Diet DEBM Adalah Menyenangkan untuk Dijalani, Ketahui Caranya!"