Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Alami Sehat yang Aman untuk Dijalankan di Masa Remaja

Diet Alami Sehat yang Aman untuk Dijalankan di Masa Remaja - Sekarang ini program diet sangat umum dilakukan oleh siapapun, termasuk remaja. Pola diet ini biasanya bertujuan supaya badan menjadi lebih ideal dan dan meningkatkan rasa percaya diri. Namun perlu diingat, bahwa diet yang dilakukan seorang remaja haruslah sehat dan menggunakan bahan atau cara alami.

Karena remaja masih dalam masa-masa pertumbuhan, sehingga kekurangan gizi tidak boleh sampai terjadi. Tubuh remaja membutuhkan banyak asupan nutrisi, sehingga dilarang keras untuk menerapkan diet ketat. Kecukupan nutrisi ini juga penting dalam menunjang aktivitas sehari-harinya supaya tetap berenergi. Saat ini ada banyak cara atau metode alami untuk menjalankan diet sehat bagi seorang remaja. Ini caranya.

diet alami sehat

Diet Alami Sehat bagi Remaja

1. Memilih makanan sehat

Pola makan saat diet alami sehat, harus benar-benar diperhatikan seorang remaja setiap harinya. Remaja diharuskan memenuhi kebutuhan makanannya dengan gizi seimbang. Jika perlu, sarankan anak untuk selalu makan di rumah supaya nutrisi bisa dikontrol secara penuh.

2. Mengontrol kebiasaan

Remaja harus memiliki kebiasaan yang terkontrol, termasuk menghindari kebiasaan buruk yang menyebabkan kegemukan. Kebiasaan ini bisa mengganggu metabolisme dan pertumbuhan, misalnya melewatkan jam makan, konsumsi minuman berkalori tinggi, diet ketat, dsb.

3. Hindari jajan kemasan

Remaja dapat mengontrol asupan kalori saat diet alami sehat dengan menghindarkan diri dari makanan atau jajan dalam kemasan. Jika terpaksa membeli jajan di luar, pastikan untuk membaca komposisi makanan pada label makanan di kemasan.

4. Hindari minuman kalori tinggi

Selanjutnya, hindarilah konsumsi minuman yang mengandung kalori tinggi seperti jus, susu, atau yogurt dengan perisa. Kalori tinggi biasanya terdapat pada minuman kemasan yang di dalamnya terkandung pemanis buatan.

5. Komsumsi nutrisi tinggi protein

Protein lebih penting untuk tubuh saat diet alami sehat, terutama bagi remaja putri yang tengah mengalami fase pertumbuhan. Protein bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme, mendorong tubuh untuk mengurangi berat, serta membuatnya tetap stabil.

6. Menghindari makan malam menjelang tidur

Menghindari jam makan terlalu malam, menjadi cara yang cukup efektif untuk penurunan berat badan. Karena proses metabolisme tubuh akan menjadi lebih lambat, sehingga ada baiknya batasi jam makan malam anda. Usahakan jarak makan malam kurang lebih 2 - 3 jam menjelang tidur dan tidak berbaring segera setelah makan.

7.  Konsumsi air mineral secukupnya

Remaja harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh selama menjalani diet alami sehat. Konsumsi air putih dalam jumlah cukup mampu membuang zat sisa atau racun di tubuh, meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak.

8. Mengontrol porsi makan

Tak kalah pentingnya, remaja juga diharuskan agar senantiasa mengontrol porsi makannya sehari-hari. Remaja harus memiliki kebiasaan makanan dan pola makan yang sehat dengan mengontrol pola makan.

9. Hindari makanan tidak sehat

Program diet alami sehat yang dijalankan remaja, seringkali terganggu akibat terlalu banyak jajan atau ngemil saat di luar rumah. Hal ini beresiko meningkatkan kegemukan, karena asupan kalori yang dikonsumsi semakin banyak. Terutama pada makanan yang mengandung tinggi lemak jahat, gula, minyak, dan makanan tak sehat lain.

10. Olahraga rutin

Aktivitas fisik atau olahraga sangat baik bagi kesehatan dan harus dilakukan oleh semua usia, baik muda maupun tua. Olahraga harus disesuaikan dengan kemampuan dan dilakukan secara rutin minimal 30 menit setiap hari.

Cara melakukan diet alami sehat bagi para remaja tersebut bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mendapatkan bentuk tubuh ideal. Dengan begitu, remaja akan menjadi lebih percaya diri dan kondisi tubuh pun semakin sehat. 

Post a comment for " Diet Alami Sehat yang Aman untuk Dijalankan di Masa Remaja"