Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Dampak Virus Corona yang Paling Terasa, Harus Tahu!

qsehat.com - Dampak virus corona merupakan fenomena yang saat ini sedang dialami. Tidak ada satu orang pun yang merasa diuntungkan atau senang dengan keberadaan virus ini. Entah tua atau muda, entah miskin atau kaya, semua merasakan hal yang sama. Begitu juga dengan berbagai bidang yang ada di kehidupan. 

Awal tahun 2020, dunia diguncang dengan wabah penyakit yang mematikan. Covid19 atau Corona virus Disease merupakan salah satu jenis virus yang menyerang sistem pernapasan pada manusia. Tak butuh waktu lama, virus tersebut terus tersebar hingga ke mancanegara dan mengubah kehidupan.

dampak virus corona
virus corona

 Inilah Dampak Virus Corona Dalam Kehidupan Manusia

Dunia mengalami jeda, berhenti sesaat untuk berusaha memulihkan diri. Namun, ternyata pandemi ini terus berkepanjangan, tanpa tahu di mana ujungnya. Oleh sebab itu, dampak virus corona terus meluas dan memberikan perubahan cukup signifikan. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Dampak Terhadap Perekonomian

Dampak virus corona terhadap ekonomi merupakan efek yang paling terasa. Banyak negara yang akhirnya mengalami krisis dan resesi. Wajar, mengingat peran perekonomian yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Penurunan konsumsi rumah tangga pun diperparah dengan penurunan yang terjadi di pasar saham internasional.

Indonesia sendiri mengalami penurunan Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG sebesar 24%. Sementara itu, kurs rupiah pun ikut melemah hingga menyentuh angka 5.41%. Jika sampai investor melakukan aksi jual surat berharga secara serentak, maka risiko krisis ekonomi juga akan dihadapi oleh Indonesia.

2. Dampak Terhadap Gaya Hidup

Sadar atau tidak, sejak pandemi ada perubahan yang terjadi pada tatanan dan gaya hidup masyarakat. Jalanan terlihat lebih lengang dari biasanya, aktivitas di luar rumah juga semakin banyak berkurang. Hal ini dikarenakan masyarakat mulai melirik dunia digital yang dianggap lebih aman dan praktis.

Dampak virus corona ini mungkin saja akan menjadi positif, jika penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. Begitu juga dengan pemanfaatan dunia digital yang menyebabkan semua hal serba online. Selain melek dengan perkembangan zaman, perubahan ini juga membuka peluang kerja lainnya.

3. Dampak Terhadap Pendidikan

Dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19, pemerintah menutup semua sekolah sampai batas waktu yang belum ditentukan, tak terkecuali jenjang universitas. Sistem pembelajaran diubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ dan dijalankan dengan sistem daring.

Tidak sedikit orang tua, murid, dan guru yang mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri. Namun, dibalik dilematik yang dirasakan, dampak virus corona terhadap pendidikan ternyata juga memberikan efek positif bagi anak didik. Salah satunya yaitu pembelajaran sistem daring melatih anak untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi dengan benar. 

4. Dampak Terhadap Kehidupan Sosial

Adanya imbauan untuk menjaga jarak atau social distancing membuat masyarakat semakin membatasi diri untuk terlibat dalam kegiatan sosial. Hal ini menyebabkan kemampuan manusia sebagai makhluk sosial pun semakin menurun. Sebab, masyarakat merasa lebih aman untuk berinteraksi dengan dunia maya.

Di sisi lain, masyarakat berusaha untuk saling memahami dan membantu dalam melalui masa-masa sulit. Tingkat kepedulian dan empati masyarakat terhadap orang lain semakin tinggi. Begitu juga dengan solidaritas untuk membantu tim medis dalam yang sedang berjuang untuk negara.

5. Dampak Terhadap Lingkungan 

Salah satu dampak virus corona yang positif adalah perubahan lingkungan. Saat sebagian besar negara memutuskan untuk lockdown, maka bumi berusaha untuk membenahi diri. Peningkatan ini terjadi di beberapa negara, seperti Cina, Afrika, Amerika, dan lainnya.  

Sementara menurut Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, indeks udara di Jakarta mulai membaik. Hal ini dikarenakan lalu lintas kota menjadi lebih sepi dan pabrik banyak yang tidak beroperasi. Dampak positif virus corona ini  pun diikuti dengan peningkatan kualitas perairan, penggunaan kantong plastik, serta penurunan pada emisi. 

Jika mau melihat lebih dekat dan lebih dalam, dampak virus corona bagi kehidupan ternyata ada sisi positifnya. Terutama jika masyarakat terus berusaha untuk menerapkan pola hidup baru. Bukan tidak mungkin, kita akan bangkit dan pulih bersama-sama.

Post a comment for "5 Dampak Virus Corona yang Paling Terasa, Harus Tahu!"