Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan 5 Cara Asyik Menikmati Chia Seed untuk Diet

qsehat.com - Tak hanya bagus bagi kesehatan, ternyata chia seed untuk diet juga. Chia seed merupakan sejenis biji-bijian yang termasuk ke dalam jenis tanaman Salvia Hispanica L. Konon, tanaman ini tumbuh subur di negara Meksiko serta Amerika Selatan. Bagi para pecinta makanan organik, biji mungil ini cukup tenar.

Hal ini dikarenakan chia seed mengandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, omega3, omega6, air, vitamin, dan berbagai macam mineral lainnya. Selain itu, chia seed juga mengandung beberapa zat antioksidan, seperti asam caffeic, klorogenik, kaempferol, dan quercetin. Lengkap dan super komplit.

chia seed untuk diet
chia seed

Cara Mengonsumsi Chia Seed untuk Diet

Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa pakar kesehatan, diketahui bahwa ada segudang manfaat chia seed untuk diet sehat. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Pasalnya, chia seed merupakan bahan pangan yang tinggi serat dan protein, tetapi rendah kalori. 

Jadi, jangan meremehkan makanan mungil yang satu ini. Meskipun bentuknya yang mini, chia seed dapat mengembang setelah diolah dan akan semakin mengembang di dalam perut. Oleh karena itu, wajar jika chia seed untuk diet ini menjadi sangat tenar akhir-akhir ini. Berikut adalah cara penyajian chia seed yang asyik untuk program diet:

1. Smooties 

Cara pertama menikmati chia seed untuk diet adalah dengan membuat smoothie. Smoothie adalah sejenis minuman yang berbahan dasar buah atau sayuran segar yang dimix bersama bahan campuran lainnya. Jika ingin menggunakan chia seed, maka cukup jadikan sebagai garnish atau taburan.

2. Mix Salad

Cara nikmat menjadikan chia seed untuk diet adalah dengan mencampurkannya dengan salad. Cukup campurkan chia seed ke dalam saus mayonaise atau ditaburkan pada sesi akhir sebelum salad disajikan. Hidangan ini memiliki double manfaat, karena baik salad maupun chia seed-nya sama-sama memiliki kandungan nutrisi yang baik.  

3. Oatmeal 

Menu chia seed untuk diet selanjutnya adalah oatmeal. Menambahkan chia seed ke dalam semangkuk oatmeal mampu menambah ragam nutrisi. Caranya, campurkan oatmeal, susu rendah lemak, air, dan buah menjadi satu. Lalu, taburkan chia seed ke atas mangkuk oatmeal sebagai pelengkap.

4. Pudding 

Tidak ada orang yang mampu menolak puding sebagai makanan penutup atau dessert. Jika tetap ingin menikmati dessert enak tanpa bikin gemuk, maka patut mencoba puding rendah lemak. Kuncinya ada pada bahan tambahan, yaitu chia seed. Tinggal padukan dengan susu non-dairy, sirup maple, bubuk kakao, dan sedikit garam.  

5. Muffin

Cara kelima menikmati chia seed untuk diet sehat yaitu dengan mengolahnya menjadi muffin. Di Indonesia, makanan ini hanya berupa camilan saja, yaitu sebagai pelengkap teh atau kopi. Agar acara nyemilnya tetap sehat, maka tidak ada salahnya mencoba resep muffin chia seed. Carilah resep yang lebih lengkap untuk mendapatkan rasa nikmat. 

Manfaat Lain Chia Seed 

Melihat lima resep di atas, rasa hati semakin menggebu untuk segera praktik. Tenang, mengonsumsi chia seed termasuk aman untuk semua orang, tanpa batasan usia dan jenis kelamin. Agar semakin yakin, berikut adalah beragam manfaat chia seed untuk kesehatan:

  • Baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, karena tinggi kalsium
  • Melindungi jantung dari pengerasan pembuluh darah sertai gangguan jantung lainnya
  • Menjaga kestabilan kadar gula di dalam darah bagi penderita diabetes
  • Meringankan gejala divertikulitis dan mencegah sembelit

Demikian lima cara asyik dalam menikmati chia seed untuk diet. Berat badan ideal, kesehatan pun semakin terjaga. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi kaum hawa yang ingin melakukan program diet. Jangan memberhentikan makan, tetapi atur polanya.

Post a comment for " Manfaat dan 5 Cara Asyik Menikmati Chia Seed untuk Diet"

Berlangganan via Email